Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Proyek Bank Dunia Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Indonesia

Proyek Bank Dunia Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Indonesia

Tujuan dari skema ini adalah untuk memperkuat layanan pemerintah

WASHINGTON, 27 Oktober 2023 – Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia pada tanggal 29 September 2023 menyetujui rencana untuk mendukung Pemerintah Indonesia.

“Bank Dunia memuji upaya pemerintah dalam melakukan reformasi ambisius terhadap sistem keuangan antar pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memperkuat kualitas belanja pemerintah daerah.” kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kakonen. “Kami akan terus mendukung pemerintah untuk memperkuat penyediaan layanan dan mengurangi kesenjangan antar kabupaten dalam akses terhadap sanitasi, jalan dan air agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, anak-anak dan perempuan yang paling tidak beruntung di Indonesia.”

Proyek SINERGIS (Penguatan Transfer Antar Pemerintah dan Pendanaan Daerah untuk Penyediaan Layanan di Indonesia) akan mendukung upaya pemerintah untuk mengalokasikan dana alokasi publik (DAU) secara lebih adil dan efisien. Hal ini akan memperkuat penargetan dan efektivitas Dana Alokasi Khusus Modal (DAK Fisik) dengan tujuan menutup kesenjangan infrastruktur daerah, yang menunjukkan kualitas infrastruktur yang perlu ditingkatkan di sektor kesehatan, jalan dan air. Rencana tersebut bertujuan untuk memperkuat pemantauan dan evaluasi guna meningkatkan kualitas belanja daerah dan menyinkronkannya dengan belanja pemerintah pusat.

“Penting untuk memperkuat koordinasi kebijakan fiskal antara pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas belanja daerah,” kata Sri Muliani Indravati, Menteri Keuangan Republik Indonesia. “Koordinasi kebijakan fiskal nasional adalah kunci untuk mencapai keadilan ekonomi dan sosial bagi masyarakat Indonesia, melalui desentralisasi fiskal berbasis kinerja dan asimetris, untuk menciptakan belanja pemerintah pusat dan daerah yang lebih baik.”

Bank Dunia dan Pemerintah Indonesia telah sepakat untuk mendukung proyek tersebut melalui pinjaman proyek sebesar USD 400 juta untuk periode 2024-2029. Alat pendanaan ini akan menyediakan platform untuk melacak dan memantau hasil SINERGIS dan memfasilitasi kolaborasi yang lebih erat di antara seluruh pemangku kepentingan. Rencana tersebut selaras dengan tujuan Kerangka Kerja Negara Indonesia 2021-2025 Bank Dunia untuk meningkatkan efisiensi, pemerataan dan efektivitas belanja publik. Hal ini juga akan berkontribusi pada tujuan CPF untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berjangka panjang.

READ  Menavigasi Badai Ekonomi Sempurna | The Japan Times

/rilis publik. Konten ini, yang disediakan oleh organisasi/penulis asal, mungkin memiliki jangka waktu tertentu dan diedit untuk kejelasan, gaya, dan panjangnya. Mirage.News tidak mengambil posisi atau pihak perusahaan, dan semua opini, posisi, dan kesimpulan yang diungkapkan di sini semata-mata merupakan pandangan penulis. Tonton selengkapnya di sini.