Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Tiongkok menjanjikan hubungan yang lebih erat dengan Vietnam pada kunjungan kenegaraannya

Presiden Tiongkok menjanjikan hubungan yang lebih erat dengan Vietnam pada kunjungan kenegaraannya
  • Xi memulai perjalanan pertamanya ke Vietnam dalam enam tahun
  • Tiongkok ingin Hanoi berkomitmen pada ‘masa depan bersama’
  • Potensi kesepakatan di bidang perkeretaapian, infrastruktur digital, dan tanah jarang

HANOI (Reuters) – Presiden Tiongkok Xi Jinping memulai kunjungan dua hari ke Vietnam pada Selasa untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara komunis tersebut, tiga bulan setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi Hanoi ketika negara-negara besar bersaing untuk mendapatkan pengaruh di tenggara negara itu. bangsa Asia.

Meskipun memiliki hubungan dekat dalam bidang ekonomi, kedua negara bertetangga ini berselisih mengenai perbatasan di Laut Cina Selatan, dan memiliki sejarah konflik yang panjang.

Dalam kunjungan pertamanya ke Vietnam dalam enam tahun, Xi mengatakan kedua negara akan membangun komunitas dengan “masa depan bersama” dalam pertemuan dengan pemimpin Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong, demikian yang dilaporkan China Central Broadcasting Corporation (CCTV).

Para pejabat dan diplomat mengatakan para diplomat dari kedua negara membahas istilah tersebut selama beberapa bulan, setelah Hanoi awalnya ragu untuk menggunakannya.

Frasa dalam bahasa Mandarin secara harfiah berarti “takdir bersama”, namun terjemahannya dalam bahasa Inggris dan Vietnam adalah “masa depan bersama”, yang mungkin dianggap tidak terlalu menuntut dan diperkirakan akan muncul dalam pernyataan bersama yang akan diadopsi selama kunjungan Xi.

Mengomentari penafsiran istilah tersebut, seorang diplomat yang berbasis di ibu kota Vietnam mengatakan, “Satu deklarasi, banyak terjemahan.”

Vietnam mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua belah pihak “akan menetapkan arahan, tugas dan langkah-langkah untuk memperkuat dan mengembangkan lebih lanjut kemitraan strategis komprehensif antara Vietnam dan Tiongkok.”

Le Hong Hiep, pakar isu strategis dan politik Vietnam di Isaias-Yusof Ishak Institute di Singapura, mengatakan peningkatan hubungan hanya bersifat simbolis.

READ  Pejabat militer mengatakan sebuah kapal perang China lewat "dengan cara yang tidak aman" di dekat kapal perusak AS di Selat Taiwan

“Ketidakpercayaan Vietnam terhadap Tiongkok semakin dalam, dan dari sudut pandang masyarakat Vietnam, tidak ada ‘nasib bersama’ antara kedua negara selama Tiongkok terus mengklaim sebagian besar Laut Cina Selatan,” katanya.

Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri pertemuan para pemimpin pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco, California, AS pada 17 November 2023. REUTERS/Carlos Barria/File Foto Memperoleh hak lisensi

“Puluhan” kesepakatan

Surat kabar pemerintah Vietnam Tuy Tre mengutip Duta Besar Tiongkok Xiong Bo yang mengatakan sebelum kunjungan Xi bahwa selain meningkatkan hubungan ke tingkat yang mungkin dianggap lebih tinggi oleh Beijing dibandingkan dengan Amerika Serikat, peningkatan status akan dilakukan dengan penandatanganan “puluhan Perjanjian dokumen kerjasama.” .

Kesepakatan tersebut diharapkan mencakup investasi Tiongkok untuk mengembangkan jalur kereta api antar negara tetangga, yang mungkin termasuk hibah, meskipun besaran dan jangka waktu pinjaman potensial tidak jelas.

Memperkuat jaringan transportasi akan memungkinkan Vietnam mengekspor lebih banyak ke Tiongkok, terutama produk pertanian, sementara Beijing ingin lebih mengintegrasikan jaringan rantai pasokan di wilayah utara dan selatan.

Perusahaan-perusahaan Tiongkok memindahkan sebagian operasi mereka ke Vietnam tahun ini lebih cepat dibandingkan sebelum pandemi Covid-19, dengan tujuan untuk lebih dekat dengan pelanggan Barat di sana, mengurangi risiko ketegangan perdagangan AS-Tiongkok, dan mengurangi paparan terhadap lemahnya perekonomian Tiongkok.

Jaringan kereta api yang lebih kuat akan mempercepat impor komponen dari Tiongkok untuk perakitan di Vietnam, sehingga secara efektif memperluas Inisiatif Sabuk dan Jalan Tiongkok.

Xi menyerukan kerja sama yang lebih cepat dalam pembangunan infrastruktur, dalam sebuah artikel opini yang diterbitkan oleh surat kabar Partai Komunis Vietnam sebelum kunjungannya.

Tiongkok telah mendorong agar Vietnam dimasukkan dalam Jalur Sutra Digital, yang dapat mencakup investasi pada kabel serat optik bawah laut baru, 5G, dan infrastruktur komunikasi lainnya.

READ  Wartawan Rusia yang lolos dari tahanan rumah mengatakan dia tidak bersalah

Meskipun Hanoi Metro adalah satu-satunya proyek di Vietnam yang menerima pinjaman BRI, namun proyek tersebut belum diberi label demikian di negara yang sentimen anti-Tiongkoknya masih cukup luas sehingga tindakan tersebut dapat dilihat sebagai… Sangat dekat dengan Beijing.

Xi mendesak kerja sama yang lebih luas di bidang keamanan, komunikasi, energi ramah lingkungan, dan mineral-mineral penting, mengacu pada logam tanah jarang (rare earth) yang mana Tiongkok adalah penyulingan terbesar di dunia, sementara Vietnam diperkirakan memiliki cadangan terbesar kedua setelah tetangganya.

Dilaporkan oleh Francesco Guarascio @fraguarascio; (Laporan tambahan oleh Khanh Vu dan Phuong Nguyen di Hanoi – Dipersiapkan oleh Muhammad untuk Buletin Arab) Penyuntingan oleh Lincoln Feast dan Clarence Fernandez

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Francesco memimpin tim reporter di Vietnam yang meliput berita keuangan dan politik paling penting di negara Asia Tenggara yang berkembang pesat dengan fokus pada rantai pasokan dan investasi industri di beberapa sektor, termasuk elektronik, semikonduktor, otomotif, dan energi terbarukan. Sebelum Hanoi, Francesco bekerja di Brussel untuk urusan Uni Eropa. Ia juga merupakan bagian dari tim inti global Reuters yang meliput pandemi COVID-19 dan berpartisipasi dalam penyelidikan pencucian uang dan korupsi di Eropa. Dia adalah seorang yang rajin bepergian, dan selalu membawa ransel untuk menjelajahi tempat-tempat baru.