Juni 16, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Polandia menandatangani “Tusk Act” atas pengaruh Rusia yang tidak semestinya

Presiden Polandia menandatangani “Tusk Act” atas pengaruh Rusia yang tidak semestinya

WARSAW (Reuters) – Presiden Polandia mengatakan pada Senin bahwa dia akan menandatangani undang-undang untuk mengizinkan komisi menyelidiki apakah partai oposisi Civic Platform telah membiarkan negara itu terlalu dipengaruhi oleh Rusia dan akibatnya terlalu bergantung pada negaranya. bahan bakar saat dia berkuasa.

Partai Buruh Liberal, yang memerintah dari 2007 hingga 2015, menolak tuduhan tersebut dan mengatakan undang-undang tersebut dirancang untuk menghancurkan dukungan bagi pemimpinnya dan mantan perdana menteri Donald Tusk menjelang pemilihan yang dijadwalkan pada bulan Oktober atau November.

Presiden Andrzej Duda mengatakan dia akan menandatangani undang-undang tersebut karena dia yakin undang-undang itu “harus mulai berlaku” tetapi juga mengatakan dia akan meminta Mahkamah Konstitusi untuk memeriksa kritik bahwa undang-undang tersebut tidak konstitusional.

RUU tersebut mengatur pembentukan komite investigasi yang dapat menyerahkan laporan awal pada bulan September. Tokoh oposisi menyebutnya lex tusk, menggunakan kata Latin untuk hukum.

“Di negara demokrasi yang normal, seseorang di kepala negara ini tidak akan menandatangani undang-undang seperti Stalin,” kata anggota parlemen Marcin Kerwinsky kepada stasiun TV swasta TVN 24.

Ketakutan

Asosiasi Hakim Polandia Iustitia mengatakan undang-undang tersebut melanggar nilai-nilai UE dan dapat mendorong lebih banyak tindakan hukuman di UE atas kemunduran demokrasi Polandia. Duta Besar AS untuk Polandia, Mark Brzezinski, juga mengungkapkan keprihatinannya.

“Pemerintah AS berbagi keprihatinannya tentang undang-undang yang seolah-olah dapat mengurangi kemampuan pemilih untuk memilih siapa yang ingin mereka pilih, di luar proses yang ditentukan dengan jelas di pengadilan independen,” katanya kepada TVN24 BiS TVN24 BiS.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa Hukum dan Keadilan masih mendapat dukungan tertinggi di antara partai politik – lebih dari 30% – tetapi mungkin tidak memenangkan cukup suara untuk memimpin mayoritas di parlemen.

READ  Zelensky mengibarkan bendera setelah tuduhan korupsi

Komite parlemen akan menyelidiki pada 2007-2022 dan memiliki kekuatan untuk mencegah orang-orang yang ditemukan telah bertindak di bawah pengaruh Rusia untuk mendapatkan izin keamanan atau melayani dalam peran di mana mereka akan bertanggung jawab atas dana publik selama 10 tahun, yang secara efektif mendiskualifikasi mereka dari jabatan publik.

Ketergantungan Polandia pada energi Rusia secara bertahap menurun, bahkan sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Pembangunan terminal impor LNG, yang memungkinkan impor gas non-Rusia, dimulai saat Tusk berkuasa.

Juga selama masa jabatan Tusk, Polandia menandatangani kesepakatan dengan Gazprom Rusia pada tahun 2010, yang disebutkan dalam pembenaran resmi untuk RUU tersebut.

PKN Orlen, kilang terbesar yang dikendalikan negara, mengatakan bulan lalu bahwa mereka telah mengakhiri kontraknya dengan Tatneft Rusia setelah pasokan dihentikan pada Februari, tetapi masih menggunakan bahan bakar Rusia di kilangnya di Ceko.

(Laporan oleh Alan Sharlich, Anna Wlodarzak-Simczuk, Anna Cooper dan Marek Strzelecki); Diedit oleh Robert Purcell, Barbara Lewis dan Gareth Jones

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.