April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Prabowo Subianto melihat transisi yang mulus ke kursi kepresidenan tetapi menyebut demokrasi 'berantakan' – BenarNews

Prabowo Subianto melihat transisi yang mulus ke kursi kepresidenan tetapi menyebut demokrasi 'berantakan' – BenarNews

Presiden terpilih Indonesia berikutnya, Prabowo Subianto, mengatakan pada hari Selasa bahwa ia akan melakukan serah terima kekuasaan secara lancar dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada akhir tahun ini.

Prabowo, mantan jenderal angkatan darat dengan masa lalu militer yang kontroversial sejak era otoriter negara, juga Demokrasi disebut terlalu berantakan dan mahal, namun masyarakat Indonesia harus bangga dengan antusiasme mereka untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi.

Prabowo, yang sebelumnya dua kali mencalonkan diri sebagai presiden dan kalah, beruntung untuk ketiga kalinya. Pemilihan presiden pada tanggal 14 Februari merupakan kemenangan telak, menurut penghitungan suara tidak resmi. Dia dilantik pada tanggal 20 Oktober, memberi jalan kepada Jokowi setelah satu dekade menjabat sebagai presiden.

“[I] Saya kira transisinya akan sangat lancar karena lho, dari ketiga kandidat, tim saya sangat terbuka, kami bilang kami di tim Jokowi,” ujarnya dalam pidato berbahasa Inggris di forum investasi.

“Di militer, jika azimut Anda membawa Anda semakin dekat ke tujuan saat Anda bergerak melalui medan yang sulit, mengapa mengambil risiko untuk berubah,” tambahnya.

Prabowo telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan Jokowi jauh sebelum kemenangannya, dan dia mengulangi janji itu pada hari Selasa ketika dia memuji presiden yang akan keluar dari jabatannya, dengan mengatakan bahwa dia telah membantu masyarakat miskin dan mengendalikan inflasi.

Keduanya pernah menjadi rival sengit. Prabowo kalah pada Pilpres 2019 dan 2014 dari Jokowi.

Perlombaan itu berakhir setelah Jokowi mengundang Prabowo untuk bergabung dalam pemerintahannya sebagai menteri pertahanan pada tahun 2019.

Putra sulung Prabowo-Jokowi, Gibran Rakabuming, memilih Raqqa sebagai cawapresnya tahun lalu. Hal ini hanya mungkin terjadi setelah keputusan Mahkamah Konstitusi pada bulan Oktober membuka jalan bagi Widodo untuk menentang suksesi tersebut.

READ  Orang Terkaya Indonesia (22 Agustus 2023)

Putusan tersebut memicu tuduhan keras adanya nepotisme dan manipulasi politik, karena pengadilan tersebut saat itu dipimpin oleh saudara ipar Jokowi.

Bagi para kritikus yang menuduh Jokowi memimpin kemunduran demokrasi, perkembangan tersebut merupakan bukti lebih lanjut bahwa mereka benar.

Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menyelenggarakan pemilu keenam (sejak 1999) yang damai dan kompetitif pada bulan Februari 2024, menandai keberhasilan transisi dari otoritarianisme ke demokrasi di bawah mantan diktator Suharto, yang digulingkan pada tahun 1998.

Namun, terlepas dari semua kewenangan tegas yang diambil Prabowo dari putusan Mahkamah Konstitusi, pemilu ini bukannya tanpa kontroversi.

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo (kiri) berjalan bersama penggantinya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, usai upacara pembukaan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara di Jakarta pada 19 Februari 2024. [Via Instagram/@prabowo]

Saingan Prabowo yang kalah, mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo, menentang hasil pemilu tersebut, dengan mengatakan mereka akan bekerja sama dalam penyelidikan parlemen, dengan alasan penyalahgunaan sumber daya negara untuk mempengaruhi pemilu, intimidasi, dan jual beli suara.

Dua kelompok pemantau baru-baru ini menyebut pemilu bulan lalu sebagai pemilu terburuk sejak transisi demokrasi di negara tersebut pada tahun 1998. Anies dan Ganjar menambahkan tuduhan pilih kasih, kurangnya transparansi dalam pendanaan kampanye, dan penipuan.

Menurut Wasisto Rahardjo Djati, analis politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRIN), keberhasilan kepresidenan Prabowo bergantung pada hubungan antara Prabowo dan Jokowi.

“Jika Prabowo berkomitmen melanjutkan rencana Jokowi, maka transisi akan berjalan lancar,” kata Wasisto.

Namun, ia memperingatkan bahwa penolakan terhadap komitmen tersebut akan menimbulkan perpecahan antara putra mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos, Ferdinand Marcos Jr. dan putri mantan Presiden Rodrigo Duterte, Sara Duterte.

Marcos Jr. mendampingi Sarah Duterte dalam upayanya yang sukses untuk menjadi presiden tahun 2022. Namun, aliansi antara kedua keluarga tersebut segera retak karena Marcos Jr. menyimpang dari beberapa kebijakan Duterte, termasuk sikap mantan pemimpin tersebut terhadap Tiongkok.

READ  Tahun ini beliau menjabat sebagai Amirul Haji Indonesia

'Kita perlu membersihkan tindakan kita'

Dominic Niki Fahrizal, peneliti di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), menyoroti pentingnya mengelola penunjukan menteri-menteri penting untuk memastikan kesinambungan.

“Jika menteri-menteri penting dari pemerintahan saat ini bergabung dengan kabinet Prabowo, program transformasi Jokowi dapat dilaksanakan secara efektif,” katanya kepada BenarNews.

Prabowo mengakui dalam pidatonya pada hari Selasa bahwa demokrasi Indonesia memiliki “banyak ruang untuk perbaikan” namun mengatakan bahwa demokrasi Indonesia adalah demokrasi yang dinamis dan tangguh.

“Saya bersaksi bahwa demokrasi memang sangat-sangat lelah; Demokrasi sangatlah kacau; “Demokrasi itu sangat mahal dan kita masih belum puas dengan demokrasi kita,” ujarnya di forum investasi.

Indonesia, negara kepulauan yang luas dengan populasi lebih dari 270 juta orang, adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi terbesar ketiga.

Kembali ke topik perekonomian dalam pidatonya pada hari Selasa, Prabowo mengaku optimistis Indonesia dapat mencapai pertumbuhan sebesar 8% dalam empat hingga lima tahun ke depan, lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan sebesar 5% dalam satu dekade terakhir.

Meskipun ia menyatakan komitmennya untuk meningkatkan investasi asing dan dalam negeri, ia mengakui bahwa beberapa praktik perlu diubah agar investasi di Indonesia menjadi tawaran yang menarik.

“Saya berpendapat bahwa kita perlu membersihkan tindakan kita untuk meningkatkan efisiensi dan jika mungkin mengurangi dan menghilangkan, tapi setidaknya mengurangi praktik korupsi, menegakkan hukum dan memastikan perlindungan yang lebih baik bagi semua investor asing dan dalam negeri serta perlakuan yang lebih baik berdasarkan hukum. ,” dia berkata.