Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Polisi anti huru hara Rusia bentrok dengan pengunjuk rasa setelah aktivis Phil Alsinov dijatuhi hukuman

Polisi anti huru hara Rusia bentrok dengan pengunjuk rasa setelah aktivis Phil Alsinov dijatuhi hukuman

Berita Ross/Reuters

Para pengunjuk rasa mendukung aktivis Phil Alsinoff setelah dia dihukum karena menghasut kebencian rasial, 17 Januari 2024.



CNN

Polisi antihuru-hara menembakkan gas air mata, granat dan menggunakan pentungan untuk membubarkan para demonstran Rusia Wilayah Bashkortostan setelah seorang aktivis lokal dijatuhi hukuman empat tahun penjara pada hari Rabu.

Video menunjukkan pendukung Phil Alsenov bentrok dengan polisi di dekat pengadilan tempat dia dihukum karena menghasut kebencian rasial, menurut media pemerintah Rusia RIA Novosti.

Kementerian Dalam Negeri Bashkortostan menggambarkan demonstrasi tersebut sebagai “pertemuan tidak sah” dan mengatakan bahwa polisi telah mulai menyelidiki “gangguan massal,” dalam sebuah postingan di aplikasi Telegram.

Polisi menangkap sekitar 20 orang, menurut OVD-Info, sebuah kelompok pemantau protes independen Rusia. CNN tidak dapat memverifikasi jumlah ini secara independen, namun Rusia secara rutin melakukan penangkapan massal selama protes.

Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di luar gedung publik di kota terpencil Baymak, dan beberapa mengibarkan bendera biru, putih dan hijau wilayah Bashkortostan, yang bertetangga dengan Kazakhstan.

Berita Ross/Reuters

Para pengunjuk rasa terdengar berteriak “malu” kepada petugas polisi ketika mereka mencoba membubarkan massa dengan gas air mata.

Para pengunjuk rasa terdengar meneriakkan “kebebasan” dalam video yang diposting di saluran Telegram publik dan dibagikan oleh OVD-Info. Dalam klip lainnya, para pengunjuk rasa terlihat melemparkan bola salju ke arah polisi yang membawa tameng anti huru hara. Teriakan “malu” terdengar setelah polisi menembakkan gas air mata.

Beberapa akun media sosial memberitakan bahwa akses internet dibatasi di area berkumpul.

Alsenov berbicara pada rapat umum pada musim semi tahun 2023 menentang penambangan di gunung yang dianggap suci bagi masyarakat Bashkir, kelompok etnis Turki yang berpusat di Bashkortostan dan terkait erat dengan Tatar.

READ  Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa mendukung upaya perdamaian Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam langkah pertamanya

Protes di Bashkortostan menjadi salah satu protes paling penting di Rusia sejak saat itu Invasi besar-besaran ke Ukraina Hampir dua tahun lalu.

OVD-Info mengatakan Alsenov “mengancam hukuman empat tahun penjara karena berbicara menentang invasi Kremlin ke Ukraina.”