Juli 4, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pintarnya membangun aplikasi super untuk pekerja kerah biru di Indonesia – TechCrunch

60 juta pekerja kerah biru Indonesia menyumbang 20% ​​dari PDB, tetapi mereka menghadapi banyak ketidakpastian. Banyak yang terpaksa berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya, beberapa menjadi korban penipuan lowongan pekerjaan dan para pendiri mengklaim bahwa tanpa riwayat pekerjaan yang konsisten, seseorang tidak dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan keuangan. pinternya. Itu sebabnya mereka mengembangkan prosesor, yang mencakup layanan keuangan seperti lowongan pekerjaan terverifikasi dan pinjaman untuk pekerja kerah biru. Perusahaan rintisan yang diumumkan hari ini, dipimpin oleh Sequoia Capital India dan General Catalyst, telah mengumpulkan dana awal sebesar $6,3 juta. Pendanaan termasuk hibah $ 100.000 dari Sequoia Spark, sebuah proyek untuk pendiri wanita di mana salah satu pendiri Nellie Noormalasari berpartisipasi.

Pintarnya diluncurkan Mei ini di kota-kota besar Indonesia oleh Noormalasari, Henry Hendravan dan Kris Pokardas. Noormalasari dan Hendravan sebelumnya adalah eksekutif senior di Lifestyle Super dari Unicorn Travelogue, sementara Pokardas adalah eksekutif KKR yang bekerja dengan perusahaan portofolio di layanan keuangan.

Dalam email, salah satu pendiri mengatakan kepada TechCrunch bahwa Noormalasari memiliki salon tata rambut dan, sebagai pemilik UKM, mengalami kesulitan dalam mencoba merekrut, menyaring, dan memverifikasi pelamar untuk pekerjaan kerah biru. Dia juga menemukan bahwa mereka merasa sulit untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan tradisional karena kurangnya riwayat pekerjaan dan pendapatan yang dapat diverifikasi.

“Masalahnya menjadi jelas ketika dia membocorkan perjuangan karyawannya karena tantangan ini akan mempengaruhi kinerja staf,” kata mereka. “Ini memperkuat visi platform digital satu tingkat yang akan membantu mengatasi tantangan ini, menciptakan lebih banyak lapangan kerja, dan mengakses produk layanan keuangan.”

Pintarnya fokus pada sektor makanan dan minuman, hotel dan retail, dan kini dibuka kembali setelah lockdown COVID, dan logistik. Ini juga berencana untuk memperluas ke sektor lain dan bermitra dengan pengusaha dari industri lain.

READ  Energi, Iklim Australia-Indonesia | Penduduk pulau

Saat pencari kerja mendaftar dan membuat profil, Pintarnya menggunakan informasi tersebut untuk menyarankan pekerjaan berdasarkan kebutuhan, lokasi, keterampilan, dan data lainnya. Kriteria utama termasuk jarak antara pekerjaan dan rumah mereka, profil dan riwayat pekerjaan mereka, dan keterampilan menentukan nasib mereka sendiri. Panel mencatat bahwa mekanisme rekomendasi Pintarnya akan berubah menjadi lebih baik ketika “pencari kerja berhasil diintegrasikan dan catatan pencapaian pemberi kerja dibuat dengan memahami ciri-ciri lain dari pencari kerja yang paling mungkin mengubah resume mereka menjadi tawaran pekerjaan yang sukses.” Variabel yang perlu dipertimbangkan adalah gaji saat ini dan ketersediaan pencari kerja, apakah mereka memiliki foto di CV mereka atau tidak, dan jangka waktu bagi mereka untuk berganti pekerjaan.

Pintarnya bekerja sama dengan perusahaan untuk menyaring dan merekrut karyawan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk pengujian online. Ini memeriksa keandalan daftar pekerjaan untuk menghindari penipuan dan menyoroti posting pekerjaan yang diverifikasi menggunakan penanda perisai hijau. Verifikasi termasuk memeriksa daftar pekerjaan dari pemberi kerja yang sebenarnya dan melacaknya berdasarkan posisi baru, pekerjaan yang dekat dengan pencari kerja, pekerjaan untuk orang yang tidak berpengalaman, informasi gaji, dan faktor lain yang mungkin diperiksa oleh situs.

“Teknologi telah mengubah pekerjaan yang diciptakan di Indonesia, tetapi proses perekrutan, terutama di segmen kerah biru, terus gagal,” kata Managing Director Sequoia India Abik Anand dalam sebuah pernyataan. “Tim pendiri Pintarnya memiliki pengalaman luar biasa selama bertahun-tahun dalam memecahkan masalah ini dan menyediakan produk teknologi dan keuangan, dan kami senang dapat bermitra dengan mereka dalam perjalanan mereka untuk membantu jutaan orang Indonesia mewujudkan potensi ekonomi mereka sepenuhnya.”

READ  Harimau Sumatera Langka Ditemukan Mati di Jebakan Hewan di Indonesia