April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pilot tertidur dan keluar jalur selama penerbangan Batik Air di Indonesia

Dua pilot dari satu pesawat membawa 157 pesawat lainnya Berdasarkan laporan awal Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Indonesia, pesawat tersebut tertidur di udara dan menyimpang dari rute yang ditentukan.

Januari. Pada tanggal 25, kedua pilot yang mengemudikan penerbangan Batik Air tidur sekitar 28 menit dalam waktu yang bersamaan. Laporan itu mengatakan. Pesawat yang membawa 153 penumpang dan empat awak itu lepas landas dari Kendari, tenggara Pulau Sulawesi, dalam penerbangan dua jam 35 menit menuju Jakarta.

Laporan tersebut tidak mengidentifikasi pilotnya, hanya menggambarkan pilot tersebut sebagai warga negara Indonesia berusia 32 tahun dan orang kedua yang memegang komando sebagai warga negara Indonesia berusia 28 tahun. Keduanya dinyatakan layak untuk terbang, lulus pemeriksaan kesehatan dan hasil tes alkohol negatif, kata laporan itu.

Ketika pesawat mencapai ketinggian 36.000 kaki sekitar 30 menit setelah lepas landas, pilot meminta izin istirahat kepada co-pilot, dan dikabulkan. Pilot komandan tertidur dan bangun dalam waktu satu jam.

Kepala pilot bertanya kepada rekannya di kokpit apakah dia ingin tidur, namun komandan kedua menolak, dan pilot pertama terus tidur sementara rekannya mengendalikan pesawat, menurut laporan tersebut.

Pilot kedua “secara tidak sengaja tertidur” setelah menghubungi pusat kendali wilayah Jakarta, kata laporan itu, dan mencatat bahwa ketika pusat kendali mencoba menghubungi pilot kemudian, tidak ada tanggapan.

Beberapa upaya untuk menghubungi BTK6723 dilakukan oleh ACC Jakarta, meminta pilot lain untuk menelepon BTK6723, kata pernyataan itu. “Tidak ada panggilan yang dijawab oleh pilot BTK6723.”

Dua puluh delapan menit setelah transmisi terakhir tercatat dari pilot kedua, pilot pertama terbangun “sadar bahwa pesawat tidak berada pada jalur penerbangan yang benar,” kata laporan itu. Pilot mengembalikan pesawat ke jalurnya dan pesawat mendarat di Jakarta, kata laporan itu.

READ  1.314 Rig Bitcoin Disita dalam Perang Melawan Pencurian Listrik di Indonesia

Penumpang dan awak pesawat tidak terluka dan tidak ada kerusakan pada pesawat, kata laporan itu.

Menurut laporan tersebut, pilot kedua sedang merawat anak kembarnya yang berusia 1 bulan di rumah, mengalami kesulitan tidur dan berpindah tempat tinggal sehari sebelum penerbangan.

Direktur Penerbangan Sipil Indonesia, Maria Christie Enda Murni, mengatakan Kementerian Perhubungan “mengutuk keras” Batik Air atas insiden tersebut. Agence France-Presse.

“Kami akan menyelidiki dan mengkaji operasional penerbangan malam di Indonesia terkait manajemen risiko kelelahan bagi Batik Air dan seluruh operator penerbangan,” ujarnya dalam keterangannya.

Kedua pilot tersebut telah “diberhentikan sementara,” lapor AFP, mengutip pernyataan Batik Air. Batik Air tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Minggu.

Di seluruh dunia, industri penerbangan telah lama bergelut dengan masalah kelelahan di kalangan karyawan, terutama pilot dan awak kabin.

A Sensus Survei pada bulan Juli terhadap 6.893 pilot di Eropa yang dilakukan oleh konsultan keselamatan penerbangan Asosiasi Kokpit Eropa menemukan bahwa 3 dari 4 pilot tertidur saat terbang pada bulan sebelum survei.

Pada tahun 2022, kepala eksekutif Wizz Air menghadapi reaksi keras dari serikat pekerja dan perwakilan pilot setelah dia mendesak staf yang kelelahan untuk bekerja “ekstra” di tengah kekurangan pasokan, Sky News melaporkan. dilaporkan.

Pada bulan Agustus, The Washington Post melaporkan bahwa otoritas federal AS sedang menyelidiki hampir 5.000 pilot yang diduga memalsukan catatan medis mereka untuk menyembunyikan manfaat gangguan mental dan kondisi serius lainnya yang membuat mereka tidak layak untuk terbang.

5.000 pilot diduga menyembunyikan masalah kesehatan utama. Sebagian besar masih terbang.