Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pew Research Center berbagi wawasan baru mengenai kondisi agama Kristen di Indonesia

Pew Research Center berbagi wawasan baru mengenai kondisi agama Kristen di Indonesia

4/4/2024 Indonesia (Kepedulian Kristen Internasional) – Dengan sekitar 242 penduduk Muslim, Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Meskipun negara ini mendukung kebebasan beragama, negara ini mengontrol dengan ketat kebebasan di kalangan agama minoritas karena negara tersebut mempromosikan Islam.

Pew Research Center mencatat beberapa pembatasan ini dan membagikan statistik baru yang menyoroti pluralisme agama di Indonesia. Laporan baru Dirilis pada kesempatan terpilihnya kembali Presiden Indonesia Prabowo Subianto baru-baru ini. Angka tersebut berdasarkan data Kementerian Agama RI.

Contohnya terdapat dalam pembukaan konstitusinya, yang memuat filosofi negara Panchaseelam. Filosofinya menonjolkan lima prinsip negara Indonesia, dan sila pertama adalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” mengacu pada Islam.

Selain itu, sering kali terdapat laporan mengenai penutupan atau pembongkaran gereja-gereja Kristen dalam beberapa tahun terakhir, dan Mahkamah Agung Indonesia menguatkan preseden tahun 1974 yang melarang pernikahan beda agama. Penggunaan undang-undang anti-penodaan agama terhadap penganut agama minoritas juga meningkat.

Pada bulan Desember 2023, staf International Christian Concern bertemu dengan Apollinaris Dharmawan, seorang tahanan yang ditahan karena melanggar undang-undang anti-penodaan agama di Indonesia.

Laporan ini juga mencakup statistik berikut.

  • Sekitar 29 juta umat Kristen tinggal di Indonesia, atau sekitar 11% dari populasi.
  • Hampir 15% umat Kristen di Indonesia tinggal di kepulauan Papua Barat.
  • Pada tahun 2023, sekitar 15% perwakilan politik Indonesia adalah umat Kristen.
  • Dua pertiga dari 242 juta penduduk Muslim di Indonesia percaya bahwa hukum Syariah Islam harus menjadi hukum resmi yang mengatur seluruh aspek kehidupan dan masyarakat Indonesia.

Untuk wawancara, silakan kirim email[email protected].