April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pesawat luar angkasa Juno bersiap untuk melihat lebih dekat bulan Jupiter yang tersiksa

Pesawat luar angkasa Juno bersiap untuk melihat lebih dekat bulan Jupiter yang tersiksa

Jupiter Curiosity Probe milik NASA menjadi lebih bersahabat dengan bulan paling bergejolak di planet ini, Io. Pesawat ruang angkasa Juno akan melakukan pertemuan terdekat dengan bulan vulkanik yang pernah dilakukan misi mana pun dalam lebih dari 20 tahun, mengumpulkan petunjuk berharga tentang aktivitas misteriusnya.

Juno akan terbang melewati Io pada hari Sabtu, 30 Desember, pada jarak 930 mil (1.500 kilometer) dari permukaan bulan Jovian yang mengerikan, menurut NASA. Pesawat ruang angkasa tersebut mengamati Io selama penerbangan sebelumnya pada bulan Mei dan Juli dari jarak mulai dari 6.830 mil (11.000 kilometer) hingga lebih dari 62.100 mil (100.000 kilometer). Lintasan yang akan datang ini adalah kesempatan langka untuk melihat lebih dekat dan pribadi dengan Io, benda vulkanik paling aktif di tata surya.

“Dengan menggabungkan data dari penerbangan lintas ini dengan pengamatan kami sebelumnya, tim sains Juno mempelajari perbedaan gunung berapi Io,” Scott Bolton, peneliti utama Juno, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Kami mengamati seberapa sering mereka meletus, seberapa terang dan panasnya, bagaimana bentuk aliran lava berubah, dan bagaimana aktivitas Io berhubungan dengan aliran partikel bermuatan di magnetosfer Jupiter.”

Sebagai bulan-bulan besar Jupiter yang terdalam, Io terjepit di antara tarikan gravitasi Jupiter yang sangat besar, serta tarikan gravitasi bulan kembarnya, Europa dan Ganymede. Akibatnya, Bulan terus mengalami ekspansi dan kompresi, yang berkontribusi terhadap aktivitas vulkaniknya. Bulan Jovian memiliki ratusan gunung berapi dan danau lava silikat cair di permukaannya.

Pesawat ruang angkasa Juno milik NASA telah mempelajari sistem Jovian sejak tahun 2016, dan telah menangkap beberapa gambar luar biasa dari Jupiter serta bulan-bulan esnya Ganymede dan Europa. Pada bulan Oktober, Juno menangkap pemandangan Io yang tidak menyenangkan, memperlihatkan permukaannya yang hangus di langit Pemandangan bulan terdekat Dimensi ini. Juno juga Saya mengambil foto keluarga Jupiter dan Io yang nyaman Pada bulan September, raksasa gas dan bulannya terlihat berdampingan.

READ  Helikopter yang cerdik menuju delta Sungai Mars pada penerbangan ke-31

Selama terbang melintasi Io berikutnya, pesawat ruang angkasa akan memfokuskan ketiga kameranya ke bulan muda. Jovian Inframerah Auroral Mapper (JIRAM), yang menangkap gambar inframerah, akan mengumpulkan tanda-tanda termal yang berasal dari gunung berapi di permukaan Bulan, sementara modul referensi bintang pesawat ruang angkasa (kamera bintang navigasi) akan menangkap gambar permukaan Io dengan resolusi tertinggi yang pernah ada. diambil. Pencitra JunoCam akan mengambil gambar berwarna dari cahaya tampak bulan.

Juno dijadwalkan untuk melakukan penerbangan jarak dekat kedua di Io pada tanggal 3 Februari 2024, ketika pesawat ruang angkasa tersebut akan berada dalam jarak sekitar 930 mil (1.500 kilometer) dari permukaan bulan. Selama penerbangan lintas yang akan datang, para ilmuwan akan memiliki kesempatan untuk mengumpulkan data gabungan yang disediakan oleh Juno Pengamatan jarak jauh dengan teleskop luar angkasa Hubble dan Webb.

“Melalui penerbangan lintas kami pada bulan Desember dan Februari, Juno akan menyelidiki sumber aktivitas vulkanik besar-besaran di Io, apakah terdapat lautan magma di bawah keraknya, dan pentingnya gaya pasang surut dari Jupiter, yang tanpa henti menekan bulan yang tersiksa ini.” kata Bolton.

Untuk lebih banyak perjalanan luar angkasa dalam hidup Anda, ikuti kami X (sebelumnya Twitter) dan bookmark khusus Gizmodo Halaman penerbangan luar angkasa.