Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pertempuran meletus di sepanjang perbatasan wilayah Tigray utara Ethiopia

Pertempuran meletus di sepanjang perbatasan wilayah Tigray utara Ethiopia

NAIROBI (Reuters) – Pertempuran antara pasukan dari wilayah pemberontak Ethiopia utara Tigray dan pasukan pemerintah pusat telah meletus di sekitar kota Kobo, mengakhiri gencatan senjata selama berbulan-bulan, penduduk dan dua pihak mengatakan pada Rabu.

Pertempuran itu merupakan pukulan besar bagi harapan untuk pembicaraan damai antara pemerintah Perdana Menteri Abiy Ahmed dan Front Pembebasan Rakyat Tigray, partai yang mengendalikan Tigray.

Kedua belah pihak saling menyalahkan atas pecahnya pertempuran.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Pada pukul 5 pagi hari ini, TPLF menyerang front timur dari arah Bisober, Zobel dan Tekulci. Dengan melakukan tindakan ini, secara efektif melanggar gencatan senjata,” kata dinas komunikasi negara dalam sebuah pernyataan.

Sehari sebelumnya, ketika tuduhan gerakan pasukan dipicu oleh media sosial, tentara mengeluarkan pernyataan yang menuduh pihak Tigrayan bersiap untuk menyerang dan menutupi jejak mereka dengan menyebarkan berita palsu tentang gerakan militer.

“Sudah menjadi rahasia bahwa mereka (TPLF) melakukan kampanye untuk mengkriminalisasi tentara kami,” kata pernyataan itu, menuduh TPLF mengobarkan “propaganda pra-konflik.”

Sebaliknya, pimpinan militer pasukan Tigray menuduh pemerintah melanggar gencatan senjata, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka yakin serangan di dekat Kobo, selatan Tigray, adalah pengalihan dan pasukannya memperkirakan serangan besar dari barat.

Pernyataan Tigrayan mengidentifikasi unit-unit yang katanya telah dikirim ke garis depan dan mengatakan pemerintah telah memposisikan kembali pasukannya selama lima hari terakhir.

Tiga warga melaporkan mendengar senjata berat sejak dini hari. Mereka juga mengatakan bahwa telah terjadi pergerakan tentara Ethiopia, pasukan khusus Amhara dan relawan milisi Fano dalam dua hari terakhir.

Mereka mengatakan mereka tidak tahu siapa yang memulai perkelahian. Reuters tidak segera dapat memperoleh informasi tentang pergerakan pasukan Tigrayan. Komunikasi telepon dalam Tigray telah terganggu selama lebih dari satu tahun.

READ  Walikota Ottawa dan "Freedom Caravan" setuju untuk memindahkan truk dari daerah pemukiman

Radwan Hussein, penasihat keamanan nasional perdana menteri, mengatakan tentara Ethiopia telah menembak jatuh sebuah pesawat yang membawa senjata ke Tigray yang memasuki wilayah udara Ethiopia dari negara tetangganya, Sudan. Dia tidak mengatakan di mana pesawat itu ditembak jatuh.

Getachew Reda, juru bicara TPLF, mengatakan pernyataan itu adalah “kebohongan terang-terangan” dalam sebuah tweet. Seorang juru bicara militer Sudan tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pertempuran di negara terpadat kedua di Afrika telah membuat jutaan orang mengungsi, mendorong sebagian Tigray menjadi kelaparan, dan membunuh ribuan warga sipil.

perang panjang

Perang pecah di Tigray pada November 2020 dan menyebar ke wilayah tetangga Afar dan Amhara setahun yang lalu. November lalu, pasukan Tigrayan berpacu menuju Addis Ababa, tetapi didorong kembali oleh serangan pemerintah bulan itu.

Gencatan senjata diumumkan pada bulan Maret setelah kedua belah pihak mengalami kebuntuan berdarah dan pemerintah mengumumkan gencatan senjata kemanusiaan, yang memungkinkan bantuan makanan yang sangat dibutuhkan untuk memasuki wilayah tersebut.

Pada bulan Juni, pemerintah Abiy membentuk komite negosiasi dengan Front Pembebasan Tigray, dan awal bulan ini pemerintah mengatakan ingin pembicaraan “tanpa prasyarat”. Pemerintah Tigray telah menyerukan pemulihan layanan kepada warga sipil sebelum pembicaraan dimulai. Baca lebih banyak

Tigray tidak memiliki perbankan dan komunikasi sejak tentara mundur pada akhir Juni. Impor bahan bakar dibatasi, membatasi distribusi bantuan.

Program Pangan Dunia mengatakan dalam sebuah laporan pekan lalu bahwa sejak 1 April, hanya 20% dari bahan bakar yang dibutuhkan untuk mendistribusikan pasokan kemanusiaan telah memasuki Tigray. Baca lebih banyak

Hampir 90% penduduk kawasan itu membutuhkan bantuan, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa, memperingatkan bahwa tingkat kekurangan gizi “telah meningkat secara dramatis” dan situasinya diperkirakan akan memburuk hingga musim Oktober.

READ  Warga London didesak untuk tidak bepergian saat gelombang panas melanda Eropa

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres pada hari Rabu menyerukan gencatan senjata, pembicaraan damai, akses kemanusiaan penuh dan pembentukan kembali layanan publik di Tigray.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan prihatin dengan laporan permusuhan baru dan meminta pemerintah Ethiopia dan Front Pembebasan Rakyat Tigray untuk melipatgandakan upaya untuk memajukan pembicaraan untuk mencapai gencatan senjata permanen.

“Kembali ke konflik aktif akan menyebabkan penderitaan yang meluas, peningkatan pelanggaran hak asasi manusia, menciptakan lebih banyak kesulitan ekonomi, dan akan bermanfaat bagi mereka yang berusaha merusak perdamaian dan keamanan di Ethiopia,” kata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vidant Patel kepada wartawan selama briefing telepon. .

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Melaporkan dari ruang redaksi di Nairobi; Pelaporan tambahan oleh Daphne Psalidakis di Washington. Diedit oleh Nick McPhee, Frank Jack Daniel dan Leslie Adler

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.