Oktober 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perjanjian Perdagangan UEA-Indonesia untuk Meningkatkan Ekonomi Halal

Uni Emirat Arab dan Indonesia telah menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang akan meningkatkan perdagangan bilateral menjadi $10 miliar selama lima tahun ke depan. Ini adalah perjanjian ketiga yang telah kami tandatangani dengan India dan Israel, tetapi janji pertama untuk membuka potensi ekonomi halal yang belum dimanfaatkan.

Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Bersamaan dengan CEPA yang telah kami tandatangani dengan India – mayoritas penduduknya adalah Muslim – dan kesepakatan perdagangan yang kami harapkan akan segera ditandatangani dengan Turki, ini akan membuka lebih dari 1,7 miliar pasar konsumen bagi kami. Negara-negara ini mengalami pertumbuhan populasi yang kuat dan kelas menengah yang berkembang. Masing-masing unik dalam hal pilihan dan kemungkinan, tetapi tidak ada yang mencontohkan peluang sosial dan ekonomi lebih dari ekonomi halal.

Ekonomi halal berada di jalur untuk menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan akan bernilai $3,2 triliun pada tahun 2024. Ini akan didorong oleh pertumbuhan populasi Muslim yang akan mencapai 2,6 miliar orang dan mewakili hampir 30 persen dari populasi dunia. Pada pertengahan abad. Seiring dengan meluasnya jaringan konsumen berpotensi tinggi ini, persaingan untuk menyediakan barang dan jasa yang mereka cari akan meningkat.

Perjanjian kami dengan Indonesia memberi kami keunggulan. Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua belah pihak akan mengembangkan sektor ekonomi halal yang ada dan yang akan datang. Kami akan melakukannya dengan memfasilitasi investasi dan pembiayaan perdagangan barang dan jasa yang berkontribusi pada pertumbuhan pasar yang berpotensi tinggi ini.

UEA adalah penerima utama investasi asing langsung di dunia Muslim tahun lalu. Beberapa negara mayoritas Muslim menghasilkan lebih banyak arus masuk modal positif daripada yang kami lakukan pada tahun 2021. Dunia melihat kami sebagai bisnis yang stabil, andal, dan menarik.

Infrastruktur dan konektivitas kami ke pasar global melalui jalan darat, laut, dan udara menyediakan pintu gerbang bagi produk-produk Indonesia untuk menjangkau jutaan orang baru. Eksportir di sini akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan produktivitas dan efisiensi saat kami memisahkan rantai pasokan dan menciptakan jaringan baru untuk produk – dari layanan keuangan yang sesuai dengan Syariah hingga yang terbaru dengan mode moderat – pindah ke pasar Asia.

Kesempatan ini adalah salah satu dari banyak alasan yang menyatukan kami untuk memulai pembicaraan tentang kesepakatan ini di Jakarta tahun lalu. Seperti halnya kebijakan perdagangan bangsa kita sampai saat ini, apa yang telah kita capai sungguh luar biasa. Pekan lalu, Presiden Sheikh Mohammed dan Presiden Joko Widodo menyaksikan penandatanganan perjanjian di Abu Dhabi.

Kesepakatan dengan Indonesia menciptakan landasan yang kuat bagi kerja sama ekonomi. Perdagangan nonmigas tumbuh sebesar 44 persen pada kuartal pertama 2022, dan kita mungkin melampaui angka pra-pandemi tahun ini. Pada akhir 2019, Indonesia telah menginvestasikan lebih dari $10 juta dalam perekonomian kita. Investasi asing langsung kami di Indonesia akan melebihi $176 juta pada tahun 2020. Ini akan mempercepat proyek investasi Emirat senilai lebih dari $10 miliar di sektor prioritas seperti pertanian, energi, infrastruktur, dan logistik. Ini akan mempromosikan kerjasama masa depan dalam pariwisata, kewirausahaan, kesehatan dan teknologi bersih dan terbarukan.

Kami dapat bekerja sama dengan Indonesia untuk memberikan kemajuan teknologi yang cepat sambil membangun ekonomi digital dengan membangun kota pintar, merangkul blockchain, meluncurkan layanan 5G, dan lebih menekankan pada Revolusi Industri Keempat. Industri pergudangan dan logistiknya khususnya mendapat manfaat dari layanan digitalisasi yang dapat disediakan oleh perusahaan kami. Otomatisasi, kecerdasan buatan, komputasi awan, dan pencetakan 3D juga dapat bermanfaat. Inovasi di bidang ini dan lainnya akan dilindungi oleh kerangka kerja yang kuat untuk melindungi hak kekayaan intelektual. Langkah-langkah ini melampaui dan melampaui Perjanjian WTO tentang Aspek Terkait Perdagangan dari Hak Kekayaan Intelektual dalam banyak hal dan harus mempercepat transfer pengetahuan dan transfer teknologi.

READ  Grup GoTo Indonesia mengumpulkan $ 1,3 miliar menjelang rencana IPO

Kami juga optimis tentang manfaat potensial dari proyek bersama untuk membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di dunia, berbagi pengetahuan di antara produsen aluminium kami, serta berbagai inisiatif di bidang energi, infrastruktur, jasa keuangan, pariwisata, dll. Pendidikan dan Pertanian.

Sebagai negara mayoritas Muslim dengan populasi muda, multi-etnis, multi-agama dan sejarah perdagangan yang kuat, CEPA di persimpangan regional ini mencerminkan kepentingan, nilai, dan ambisi kita bersama. Ini menggarisbawahi persahabatan kami, yang telah tumbuh jauh dalam hubungan diplomatik yang mencakup lebih dari empat dekade. Sebagai pengakuan atas hal ini, kami telah mengganti nama jalan satu demi satu. Pada tahun 2020, Jalan Al Marit di Abu Dhabi menjadi Jalan Presiden Joko Widodo dan tol layang Jakarta-Sigambek 2 diubah namanya menjadi Jalan Tol Elevated Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Setelah setahun.

Sekarang perjanjian telah ditandatangani, kami akan mencoba untuk mengimplementasikannya sesegera mungkin. Kami akan terus memobilisasi sektor swasta untuk memastikan bahwa pabrikan, pedagang, pembangun, dan pemilik bisnis kami siap dan siap untuk melakukannya.

Tapi kami tidak berhenti di situ. Kami bergerak lebih jauh untuk memperkuat posisi kami sebagai pintu gerbang global untuk barang dan jasa. Berlokasi strategis di antara Timur dan Barat, kami dapat terus menjadi jembatan yang menghubungkan Afrika, Asia, dan Eropa dan mendorong ekonomi Halal ke depan, mewujudkan efisiensi dan menciptakan nilai dengan memanfaatkan teknologi generasi mendatang.

Membuka Koridor Perdagangan Selatan-Selatan dan menciptakan rute perdagangan baru yang lebih digital akan mempermudah importir dan eksportir untuk melakukan bisnis dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara saat kita memasuki babak berikutnya dari pertumbuhan global.

READ  Bluebird Nordic Holding akan mendirikan maskapai kargo Indonesia | berita

Diposting: 06 Juli 2022, 8:00 pagi