Februari 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Perang Ukraina: Kepala Wagner menghancurkan klaim Rusia atas hilangnya nyawa orang Ukraina

Perang Ukraina: Kepala Wagner menghancurkan klaim Rusia atas hilangnya nyawa orang Ukraina

sumber gambar, Layanan Pers Kerukunan

Keretakan baru pecah antara Grup Wagner dan militer Rusia, karena ketegangan yang sedang berlangsung antara kedua kelompok tersebut mengancam akan meluas.

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin membantah klaim Rusia bahwa Rusia telah menimbulkan kerugian besar pada Ukraina di Donbass ketika Kiev mencoba mengambil tindakan ofensif.

Prigozhin mengatakan tuduhan itu “hanya fiksi ilmiah yang liar dan tidak masuk akal”.

Tetapi Kementerian Pertahanan Rusia menggandakan tuduhan pada hari Selasa, mengatakan Ukraina telah menderita lebih dari 3.700 korban.

Rusia mengatakan serangan itu adalah bagian dari serangan Ukraina yang “sudah lama ditunggu” di wilayah Donetsk, yang berlangsung pada Minggu dan Senin.

Militer Ukraina mengatakan pada hari Senin bahwa mereka tidak memiliki informasi tentang serangan besar di daerah tersebut, dan tidak akan mengomentari tuduhan yang disebutnya “palsu”.

Berbicara kepada media pemerintah, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu bersikeras bahwa pasukannya menyebabkan lebih dari 3.715 korban jiwa di Ukraina selama serangan itu dan menghancurkan puluhan peralatan militer.

“Upaya untuk menyerang gagal. Musuh dihentikan. Tentara dan perwira Rusia menunjukkan keberanian dan kepahlawanan dalam pertempuran,” kata Shoigu, seraya menambahkan bahwa 71 tentara Rusia tewas dalam pertempuran itu.

Namun, Prigozhin dengan cepat menanggapi tuduhan Kementerian Pertahanan Senin malam, dengan mengatakan bahwa tuduhan keberhasilan besar akan menjadi “pembantaian”.

“Jadi, menurut saya ini hanyalah beberapa fantasi liar,” tulisnya di Telegram. Dia juga menuduh pasukan Rusia melakukan penarikan “lambat” dari desa Berkhivka di pinggiran Bakhmut, menggambarkannya sebagai “aib”.

Pejabat Ukraina telah mengakui beralih ke “tindakan ofensif” di beberapa bagian negara.

Wakil Menteri Pertahanan Kyiv Hanna Malyar mengatakan pada hari Senin bahwa beberapa operasi ofensif telah dimulai di sekitar kota timur Bakhmut, yang dia gambarkan sebagai “pusat pertempuran”.

Presiden Volodymyr Zelensky, dalam pidato video pada Senin malam, berterima kasih kepada militan Ukraina karena menyampaikan “berita yang kami harapkan” di wilayah Bakhmut.

Bakhmut telah menjadi pusat pertempuran sengit selama berbulan-bulan. Ini memiliki nilai strategis yang kecil – tetapi secara simbolis penting bagi Kiev dan Moskow.

Pejuang Prigozhin sangat terlibat dalam Pertempuran Bakhmut, dan dia secara teratur mengkritik pejabat Rusia karena apa yang dia katakan sebagai kurangnya dukungan garis depan. Tetapi dia mengatakan pada akhir Mei bahwa pasukannya ditarik dari kota untuk mengalihkan kendali ke tentara Rusia.

Dia diyakini memiliki ambisi politiknya sendiri, dan tujuan pasukannya tidak selalu selaras dengan tujuan tentara, yang menyebabkan ketegangan antar faksi.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh kelompok tersebut, petugas tersebut mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi saat dia sedang mabuk, dan bahwa dia melepaskan tembakan karena kebenciannya terhadap Wagner.