Mei 23, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pengkampanye menentang perdagangan daging anjing sedang merebut satu kota di Indonesia

  • Diperkirakan 7% dari 270 juta penduduk Indonesia makan daging anjing, praktik yang dikaitkan dengan penyebaran rabies oleh Organisasi Kesehatan Dunia.
  • Dog Meat Free Indonesia, sebuah kelompok advokasi, berkampanye sebagai kota urban agar pihak berwenang menekan perdagangan, menarik kesejahteraan hewan, kesehatan masyarakat, dan sentimen keagamaan.
  • Pihak berwenang di tingkat nasional dan sub-nasional telah merespons dalam beberapa tahun terakhir dengan mengeluarkan peraturan yang melarang penjualan daging anjing untuk konsumsi manusia.

Malang, Indonesia – Suatu hari di bulan Januari di Malang, di pulau Jawa, petugas restoran Bobby terkejut menemukan petugas ketertiban umum kota di depan pintu rumahnya.

Mereka datang untuk mengatakan bahwa restoran seperti dia tidak bisa lagi menyajikan makanan populer. rintek wukBiasanya disebut sebagai “RW” – rebusan daging anjing.

“Saya tidak akan menjualnya lagi,” kata Bobby yang sudah 10 tahun menjabat RW. “Semua orang harus mengikuti aturan.”

Malang adalah yurisdiksi terbaru yang melarang penjualan daging anjing untuk dikonsumsi di Indonesia, mengikuti perintah federal pada tahun 2018 yang meminta pemerintah daerah untuk melakukannya.

Pihak berwenang di kota, yang terletak di dataran tinggi di provinsi Jawa Timur, mulai mencari restoran seperti Babis, di mana Walikota Sudiaji, yang menggunakan nama yang sama dengan banyak orang Indonesia, menandatangani larangan tersebut pada 17 Januari.

“Kami akan memperingatkan mereka terlebih dahulu,” kata Rahmat Hidayat, kepala biro Washington The Christian Science Monitor. “Jika mereka terus menjualnya, mereka pasti akan ditangani.”

“RW” – daging anjing – pada menu di Restoran Malang. Perdagangan dan konsumsi daging anjing dilarang di kota. Gambar Eko Widianto / Mongabay Indonesia.

Sepintas, Indonesia sepertinya bukan pusat hidangan daging anjing. Delapan puluh tujuh persen dari 270 juta penduduk negara itu adalah pemeluk Islam, yang mereka anggap anjing. Haram, Atau dilarang karena dianggap tidak sehat. Kebanyakan Muslim tidak menyentuh anjing dan makan sangat sedikit.

Tetapi kepulauan ini adalah rumah bagi banyak kepercayaan dan agama, beberapa di antaranya menganggap daging anjing sebagai makanan tradisional yang lezat atau memiliki manfaat kesehatan.

READ  Indonesia Music Festival We The Fest akan kembali pada September 2022

Menurut Dog Meat Free Indonesia (DMFI) 7% orang Indonesia makan anjing, sebuah kelompok yang berusaha menghentikan perdagangan daging anjing karena kekejaman terhadap hewan dan risiko kesehatan masyarakat. Organisasi Kesehatan Dunia, salah satunya, mengaitkan perdagangan dengan penyebaran rabies di Indonesia.

Anjing bersiap untuk disembelih di Solo, Jawa Tengah. Gambar oleh Tommy Apriando / Mongabay Indonesia.

Selama bertahun-tahun sekarang kampanye tersebut mulai membuahkan hasil. Pada tahun 2018, setelah DMFI bertemu dengan pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Pertanian mengeluarkan surat edaran yang menyatakan bahwa berdasarkan UU 2012, daging anjing bukan makanan, sehingga pemerintah daerah harus mengambil tindakan untuk melarang perdagangan.

Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah mengeluarkan larangan resmi pada 2019. Kabupaten tetangga Sukoharjo dan kota Saladika masing-masing mengikuti pada tahun 2020 dan 2021. Baru-baru ini, Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, mengeluarkan aturan larangan daging anjing pada Januari lalu.

Beberapa hari setelah walikota bertemu dengan DMFI, Malang mengumumkan larangannya sendiri, juru kampanye mempresentasikan hasil penyelidikan, yang mengirim sejumlah besar anjing ke kota dari tempat-tempat seperti Jawa Barat, yang masih dinyatakan bebas rabies. . .

“Kalau tidak ada larangan, itu berbahaya – Jawa Timur bisa kehilangan reputasinya sebagai provinsi bebas rabies,” kata penyidik ​​DMFI Mustika Mongabe kepada PTI. “Hanya delapan provinsi [of 34] Tidak ada penyakit rabies di Indonesia.

Pulau Jawa adalah rumah bagi lebih dari setengah dari 270 juta penduduk Indonesia.

Mengkaji bisnis

Banyak dari mereka yang bekerja untuk menghentikan bisnis daging anjing didorong oleh kekhawatiran tentang kekejaman terhadap hewan.

Misalnya, di sebuah rumah jagal di Jawa Tengah, DMFI menemukan bahwa anjing biasanya dibunuh dengan salah satu dari tiga cara: dengan meninju kepala, memaksa mereka minum, atau mengusir mereka.

“Anjing itu tidak boleh berdarah,” kata Mustika. “Kalau berdarah, dagingnya tidak enak.”

Menurut Mustika, anjing kecil, anjing hamil, anjing tidak sehat dan kurang gizi – semuanya ditebang. Semua bagian kecuali tulang digunakan. Kulit ini digunakan untuk membuat proyektil berbentuk kerucut, kok, yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis yang populer di Indonesia.

READ  Pemberontak telah membunuh warga sipil lainnya di provinsi Papua, Indonesia

Menurut Doc Lovers and Rescue, sebuah kelompok yang berbasis di Malaka, anjing peliharaan diketahui diselundupkan ke dalam perdagangan untuk makanan.

Freddie, salah satu anggota Malang Gate Lovers, kelompok lain di kota itu, mengatakan bahwa ketika permintaan daging anjing meningkat, beberapa tukang daging mencampurnya dengan daging kucing. “Anjing dicampur dengan daging karena kucing memiliki anatomi yang sama,” katanya.

Menurut DMFI, sekitar 12.700 anjing dikirim dari Jawa Barat ke Jawa Tengah setiap bulannya. Sebuah truk besar dapat membawa hingga 250 anjing; Cocok untuk pickup kecil 130. Dalam seminggu, sebuah truk dapat melakukan dua pengiriman.

Petugas Ketertiban Umum Kota Malang Rahmat mengatakan, perdagangan juga dilakukan melalui aplikasi pengiriman online.

Koordinator DMFI Malang Nico menjelaskan, anjing tersebut dipotong, dikuliti dan disimpan dalam freezer daging. Rata-rata restoran restoran menyajikan satu hingga dua anjing dewasa setiap hari. Anjing hidup dijual seharga 35.000 rupee ($2,50) per kilo, katanya.

Pemerintah yang ingin mengekang praktik ini sekarang mendekatinya dengan sedikit sentuhan. Di Karanganjar, Bupati mengumumkan kompensasi 5 juta rupee ($ 350) kepada pedagang yang mengubah ternak yang diizinkan secara hukum.

Aparat Ketertiban Malang menggerebek sebuah rumah makan yang menyajikan daging anjing. Gambar Eko Widianto / Mongabay Indonesia.

Beberapa orang ingin melanjutkan bisnis daging anjing. Warga Malang yang mengidentifikasi dirinya sebagai George S., berpendapat bahwa tidak hanya anjing tetapi semua hewan membawa penyakit.

“Ini masalah bagaimana Anda membesarkan mereka,” katanya, seraya menambahkan bahwa surat edaran itu harus dipertimbangkan kembali.

Bobby, pemilik Restoran Malang, mengatakan tidak akan lagi menyajikan daging anjing sampai aturan ini berlaku untuk semua orang. Ketika polisi tiba, dia menandatangani bahwa dia tidak akan lagi menjual daging anjing dan siap menerima hukuman dan sanksi administratif jika dia melanjutkan.

READ  Kasus Pemerintah harian maksimum dalam tiga bulan di Indonesia | Indonesia

Larangannya adalah perdagangan daging anjing telah berkembang ke titik di mana memalukan bahwa menutupnya akan merampok pekerjaan, kata Mustika.

Mustika sebagai akibat dari argumennya, para tukang jagal anjing mencarinya untuk menghentikan penyelidikannya karena pekerjaan mereka dipertaruhkan.

“Saya telah menerima ancaman dan intimidasi,” katanya, itulah sebabnya dia hanya memilih satu nama untuk perlindungannya.

Penyidik ​​DMFI Mustika menunjukkan foto-foto anjing yang disembelih di Malan. Gambar Eko Widianto / Mongabay Indonesia.

Sejak Malan, Mustika dan rekan-rekan DMFI-nya telah menyiapkan 31 surat kepada kepala daerah, walikota dan bupati se-Jawa Timur.

“Kami berusaha menemui mereka dan menunjukkan kepada mereka investigasi daging anjing yang kami lakukan di daerah mereka. Kami ingin mereka mengikuti panduan Malan dan mengeluarkan surat edaran,” katanya.

Mustika mengatakan dimulainya bulan suci Ramadhan pada 2 April akan memberikan dorongan kuat untuk perjalanan tersebut. Rencananya, himbauan kepada penegak hukum untuk memiliki rasa pengabdian yang tinggi kepada para pemimpin daerah selama ini.

Sebelumnya, pada Maret, lanjutnya, giliran Jateng.

“Sebuah gerakan nasional membutuhkan pendekatan wilayah, dan pendekatan itulah yang akan diambil oleh DMFI,” kata Mustika.

Sebuah versi dari cerita ini diumumkan dan diterbitkan oleh grup Indonesia di Mongabai Di Sini pada kami situs indonesia Pada 8 Februari 2022.

Gambar spanduk: Seekor anjing Kindaman di pulau Bali, timur Jawa. Gambar oleh Mark Lehmguhler Flickr (CC BY-ND 2.0)

Aktivitas, Kekejaman terhadap Hewan, Hak Hewan, Kesejahteraan Hewan, Hewan, Konservasi, Lingkungan, Hukum Lingkungan, Makanan, Industri Makanan, Perdagangan Ilegal, Penegakan Hukum, Mamalia, Daging, Perdagangan Hewan Peliharaan, Hewan Peliharaan, Kesehatan Masyarakat

Mencetak