Desember 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Peneliti UC Santa Cruz menyaksikan lubang hitam melahap bintang

Peneliti UC Santa Cruz menyaksikan lubang hitam melahap bintang

salah satu yang paling barang keren Di luar angkasa menjadi lebih mendesak dan misterius.

Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh para peneliti di Universitas California, Santa CruzNiels Bohr Institute di University of Copenhagen dan Washington State University menyaksikan sebuah lubang hitam melahap satu bintang, “mencabik-cabiknya”, menyebabkan cahaya bercahaya yang khas, UC Santa Cruz pada 10 November. Rilis baru Dia berkata.

Pesta mengerikan, atau “peristiwa gangguan pasang surut”, ditangkap di galaksi kerdil yang berjarak 850 juta tahun cahaya. Eksperimen Supernova Muda (YSE), survei yang melacak ledakan kosmik dan “transien astrofisika”: peristiwa ekstrem dan dahsyat di sudut gelap angkasa luar.

Dalam rilis berita, staf universitas memecahnya menjadi istilah yang lebih sederhana, menjelaskan bahwa “lubang hitam bermassa sedang yang bersembunyi tanpa terdeteksi di galaksi kerdil mengungkapkan dirinya kepada para astronom ketika ia melahap bintang liar yang tidak beruntung terlalu dekat.” Lubang hitam sangat sulit dideteksi, dan teleskop yang menangkap sinar-x atau cahaya bahkan tidak dapat menangkapnya. Menurut NASA. tetapi, Gambar pertama kali diambil pada tahun 2019 Ini menunjukkan bahwa mereka muncul sebagai objek gelap yang dikelilingi oleh materi panas yang bersinar.



“Kita berada dalam apa yang saya sebut era sinema selestial,” kata Enrico Ramirez-Ruiz, seorang profesor UC Santa Cruz yang mempelajari “alam semesta yang penuh kekerasan,” dalam panggilan ke SFGATE. Sementara YSE telah membantu menangkap ratusan, bahkan ribuan supernova, katanya, menemukan lubang hitam berukuran sedang yang mencerna bintang adalah kejutan yang menyenangkan.

“Kami belum benar-benar menemukan banyak dari lubang hitam bermassa lebih kecil ini, lubang hitam bermassa menengah yang sulit dipahami ini,” katanya.

READ  Selfie terakhir dari pendarat Mars di Planet Merah menunjukkan mengapa misinya berakhir

“Ini adalah sesuatu yang tidak kami duga,” tawa Ramirez Ruiz.

Perwujudan bintang malang yang tersandung ke jalur lubang hitam.

Universitas California Santa Cruz / Observatorium LLC

Dia menambahkan bahwa peristiwa gangguan yang “menarik dan tidak biasa” seperti itu jarang terjadi. Para peneliti perlu memindai 100.000 galaksi untuk melihat hanya satu galaksi setiap tahun. Namun, penemuannya sangat penting karena dapat menjelaskan beberapa pertanyaan astronomi yang paling mendesak, yaitu bagaimana lubang hitam supermasif terbentuk di pusat galaksi besar, kata Ramirez-Ruiz. Bahkan Bima Sakti kita sendiri memiliki salah satu galaksi raksasa ini di jantungnya NASA.

Memang, 2022 adalah tahun yang menguntungkan bagi lubang hitam.

Pada bulan Juni, para peneliti di University of California, Berkeley mengumpulkan kemungkinan bukti lubang hitam “mengambang” yang mirip hantu Melayang di luar angkasa. Dianggap sebagai “salah satu fenomena paling aneh dalam astrofisika”, benda-benda ini telah merebut hati para peneliti di seluruh California.

Ramirez-Ruiz mengatakan YSE akan terus memantau galaksi untuk melihat lebih banyak peristiwa kosmik.