Juli 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

pemilu Taiwan; Indonesia menghormati kebijakan Satu Tiongkok

Tempo.co, JakartaKementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan pemerintah terus memantau perkembangan Taiwan dan selalu menghormati kebijakan “Satu Tiongkok”. Pernyataan tersebut dikeluarkan sebagai respons terhadap pemilu di Taiwan yang dimenangkan oleh kandidat yang didukung oleh partai yang menentang reunifikasi dengan Tiongkok.

“Indonesia memantau perkembangan Taiwan dengan cermat. Indonesia tetap menghormati kebijakan satu Tiongkok,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Mohammad Iqbal seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Minggu, 14 Januari.

Pada hari Sabtu, 13 Januari, calon presiden dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa, William Lai Ching-te, mengumumkan bahwa ia telah memenangkan pemilihan kepemimpinan di wilayah tersebut.

“Antara demokrasi dan otokrasi, kami mengatakan kepada komunitas internasional bahwa kami berpihak pada demokrasi,” kata Lai di Taipei, Sabtu malam.

Dia berjanji untuk menjaga perdamaian di Selat Taiwan dan menggunakan pertukaran daripada pencegahan dan dialog daripada konfrontasi, sambil terus mempercayai pertukaran dan kerja sama dengan Tiongkok.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan, “Apa pun perubahan yang terjadi di Taiwan, fakta dasar bahwa hanya ada satu Tiongkok di dunia dan Taiwan adalah bagian dari Tiongkok tidak akan berubah. Kebijakan satu Tiongkok merupakan landasan kokoh bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Tiongkok berharap masyarakat internasional akan terus mematuhi prinsip Satu Tiongkok dan memahami serta mendukung tujuan sah rakyat Tiongkok dalam menentang tindakan separatis 'kemerdekaan Taiwan' dan menuntut reunifikasi nasional.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan AS menentang kemerdekaan Taiwan. “Kami tidak mendukung kemerdekaan [of Taiwan]kata Biden kepada wartawan setelah hasil pemilu Taiwan diumumkan di Taipei.

Antara

Seleksi Guru: 5 Negara Terkecil di Dunia

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News

READ  resep apa? Dapur awan melihat 'peluang besar' di Indonesia