Oktober 3, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemberi pinjaman berlomba-lomba untuk penyelesaian utang Garuda Indonesia senilai $ 9,4 miliar

JAKARTA, 17 Juni (Reuters) – Debitur Garuda Indonesia Rolls-Royce Inggris dan pembuat pesawat Eropa Airbus pada Jumat akan memberikan suara pada rencana restrukturisasi utang senilai $ 9,4 miliar.

Suara mayoritas sederhana, yang mewakili dua pertiga dari kewajiban Garuda yang dipegang oleh kreditur pada pertemuan di pengadilan Jakarta, akan menghasilkan kesepakatan yang mengikat untuk semua penggugat, termasuk pemegang Suu Kyi senilai $ 500 juta dari maskapai.

Menurut dokumen pengadilan terbaru, total 138,5 triliun rupee ($ 9,35 miliar) akan disetujui dalam proses klaim, turun dari 142,4 triliun rupee yang diumumkan sebelumnya.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Direktur Eksekutif Garuda Irfan Chettiaputra mengatakan kepada kreditur menjelang pemungutan suara bahwa dia percaya pada kesepakatan yang lebih baik bagi para pihak yang akan “memastikan kerjasama bisnis di masa depan”.

Garuda telah menawarkan untuk meminjamkan uang dalam jumlah besar kepada produsen pesawat, pemegang sewa, dealer pemeliharaan dan investor obligasi syariah dalam “haircut” atau write-down dan $ 825 juta dalam obligasi 9 tahun. Dan $ 330 juta dalam ekuitas.

Ia juga mengusulkan agar instansi pemerintah seperti bank dan pemasok bahan bakar Bertamina dan operator bandara memperpanjang jatuh tempo kredit mereka.

Chettiaputra mengatakan kepada kreditur telah memperhitungkan potensi klaim Boeing terkait rencana Garuda untuk menangguhkan pesanan 49 737 MAX 8.

CEO mengatakan Boeing akan diberikan jangka waktu yang tidak ditentukan untuk mengajukan permintaannya, yaitu $822 juta.

Jika tidak, penawaran untuk Boeing akan dipotong dari total sekuritas dan saham, dan sisanya akan dihitung untuk kreditur lain, katanya.

CEO mengatakan pada hari Kamis bahwa Airbus (AIR.PA) dan produsen mesin Rolls-Royce (RR.L) mendukung proposal tersebut. Menurut dokumen pengadilan, perusahaan telah mengajukan klaim masing-masing senilai Rs 9,9 triliun dan Rs 7,8 triliun.

READ  Indonesia sedang menyelidiki pelanggaran data di perusahaan milik negara

Boeing dan Airbus menolak berkomentar, sementara Rolls-Royce tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kesengsaraan keuangan Garuda terungkap ketika epidemi menghancurkan perjalanan udara global.

Maskapai penerbangan Asia Tenggara, termasuk Malaysia Airlines, Thai Airways, Philippine Airlines dan Air Asia X, juga tunduk pada restrukturisasi perusahaan yang diawasi pengadilan.

Garuda mencatatkan rugi bersih sebesar $1,66 miliar pada Januari-September 2021, jauh lebih besar dibandingkan kerugiannya pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Para eksekutif Garuda berencana untuk fokus melayani rute domestik dan meningkatkan kargo untuk membawa perusahaan kembali ke jalurnya. Maskapai milik negara itu juga telah mengumumkan rencana untuk menerbitkan rights issue setelah proses pengadilan yang disetujui oleh parlemen Indonesia.

($ 1 = 14.810.000,00 rupee)

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Laporan oleh Stefano Solomon; Ditulis oleh Gayatri Suroyo; Diedit oleh Martin Betty dan Ed Davis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.