Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan langsung Rusia dan Ukraina: Moskow memerintahkan pasukan ke wilayah separatis

Pembaruan langsung Rusia dan Ukraina: Moskow memerintahkan pasukan ke wilayah separatis
kredit…Tom Brenner untuk The New York Times

Pejabat Gedung Putih mengatakan pada hari Senin bahwa Presiden Biden akan menjatuhkan sanksi ekonomi pada dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri yang telah diakui oleh Presiden Vladimir Putin sebagai wilayah independen, tetapi belum menjatuhkan sanksi langsung terhadap Rusia.

Seorang pejabat senior pemerintah, yang berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim untuk membahas pertimbangan internal, mengatakan Presiden Biden masih menilai tindakan Rusia setelah keputusan Putin yang memerintahkan pasukan ke wilayah yang memisahkan diri.

Pejabat itu tidak mengesampingkan sanksi berat terhadap Rusia, tetapi mengatakan Amerika Serikat akan “mengevaluasi apa yang dilakukan Rusia dan tidak fokus pada apa yang dikatakan Rusia.”

Pejabat itu mengutuk pidato selama satu jam Putin pada hari Senin, menyebutnya sebagai “serangan terhadap gagasan Ukraina yang merdeka dan berdaulat”. Dalam pidatonya, Putin mengklaim bahwa Ukraina berutang pendirian negaranya kepada Uni Soviet.

Sifat sanksi awal yang terbatas tampaknya dimaksudkan untuk memungkinkan Amerika Serikat dan sekutu Eropanya mempertahankan sanksi yang lebih agresif yang telah mereka ancam untuk dijatuhkan pada Moskow jika Putin mengirim angkatan bersenjata Rusia ke Ukraina, dengan sedikit prospek solusi diplomatik.

Sekutu Eropa mengutuk langkah Rusia sebagai pelanggaran hukum internasional dan mengatakan mereka mendukung sanksi. Tetapi pembatasan relatif dari langkah-langkah AS juga dapat mencerminkan perdebatan di antara sekutu tentang tindakan apa yang harus diambil Rusia yang harus mengarah pada sanksi penuh dan kesulitan mengembangkan tanggapan yang terpadu dan proporsional terhadap langkah-langkah tambahan oleh Putin.

READ  Organisasi Kesehatan Dunia melacak sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 saat mereka menyebar ke seluruh Afrika dan Eropa

Dalam sebuah pernyataan, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki menyebut langkah Putin sebagai “pelanggaran mencolok terhadap kewajiban internasional Rusia” dan mengatakan Biden akan segera mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang investasi, perdagangan, dan pembiayaan dengan orang-orang di kedua negara. wilayah Ukraina.

“Untuk lebih jelasnya: Langkah-langkah ini terpisah dan akan menjadi tambahan dari langkah-langkah ekonomi yang cepat dan berbahaya yang kami siapkan dalam koordinasi dengan sekutu dan mitra jika terjadi invasi Rusia ke Ukraina,” kata Ms. Psaki dalam pernyataan itu.

Namun ada tekanan pada Biden dari anggota kedua belah pihak untuk bertindak cepat dan tegas dengan serangkaian sanksi.

“Sudah waktunya untuk mengintensifkan sanksi” dan bahwa Eropa akan mendukung langkah-langkah yang lebih kuat, Perwakilan John Garamendi, seorang Demokrat California yang berada di Brussels untuk pembicaraan dengan sekutu, mengatakan di CNN.

Senator Lindsey Graham, Republik Carolina Selatan tulis di twitter “Keputusan Putin untuk mendeklarasikan daerah otonom Donetsk timur dan Luhansk di Ukraina merupakan pelanggaran terhadap perjanjian Minsk dan deklarasi perang terhadap rakyat Ukraina.”

dia menambahkan: “Keputusannya harus segera dipenuhi dengan sanksi berat karena menghancurkan rubel dan menghancurkan sektor minyak dan gas Rusia.”

Tanggapan pemerintahan Biden menggemakan reaksi sekutu Eropa terhadap kinerja selama satu jam oleh Putin, yang dengan marah menayangkan keluhan Rusia selama puluhan tahun tentang Ukraina, NATO, dan Amerika Serikat.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengkritik Putin, ngomong di twitter Pengakuan Rusia atas kedua wilayah itu “merupakan pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional, integritas teritorial Ukraina, dan perjanjian Minsk.”

Dalam pernyataan bersama dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, kedua pemimpin tersebut menulis bahwa UE “akan merespons dengan menjatuhkan sanksi kepada mereka yang terlibat dalam tindakan ilegal ini,” dan bahwa ia “menegaskan kembali dukungannya yang tak tergoyahkan bagi kemerdekaan, kedaulatan Ukraina. dan integritas teritorial dalam batas-batas yang diakui secara internasional.”

READ  Kota terapung di Maladewa mulai terbentuk

Pejabat Gedung Putih mengatakan Biden berbicara dengan Volodymyr Zelensky, presiden Ukraina, selama 35 menit setelah mengakhiri pidato Putin. Psaki tidak memberikan perincian tentang panggilan tersebut, tetapi mengatakan AS “terus berkonsultasi secara dekat dengan sekutu dan mitra, termasuk Ukraina”.