Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para ilmuwan mengidentifikasi spesies dinosaurus baru dari jejak kaki di Brasil

Para ilmuwan mengidentifikasi spesies dinosaurus baru dari jejak kaki di Brasil

Perkiraan waktu membaca: kurang dari satu menit

SAO PAULO – Badan Geologi Brasil pada hari Kamis mengumumkan penemuan spesies dinosaurus baru, hewan cepat yang hidup di gurun selama periode Kapur Awal.

Spesies baru, yang disebut Farlowichnus rapidus, adalah karnivora kecil seukuran burung serema modern, atau panjangnya sekitar 2-3 kaki, menurut para peneliti. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal ilmiah Cretaceous Research.

“Dari jarak yang jauh antara jejak kaki yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa itu adalah reptil yang sangat cepat yang berlari melintasi bukit pasir kuno,” kata Badan Geologi dalam sebuah pernyataan.

Periode Kapur Awal berlangsung dari 100 hingga 145 juta tahun yang lalu.

“Jejak kaki” dinosaurus yang menjadi fosil, demikian para ilmuwan menyebutnya, pertama kali ditemukan pada tahun 1980-an oleh pendeta dan ahli paleontologi Italia Giuseppe Leonardi di tempat yang sekarang disebut kota Araraquara di negara bagian São Paulo.

Leonardi menyumbangkan salah satu sampel sidik jarinya, yang ditemukan di Formasi Botucatu, sekelompok batuan yang terbentuk oleh gurun pasir kuno, ke Museum Ilmu Bumi Brasil pada tahun 1984.

Rafael Costa, ahli paleontologi di museum tersebut, mengatakan jejak kaki tersebut berbeda dari semua jejak kaki dinosaurus lainnya yang diketahui.

Cerita ilmiah terkini

Lebih banyak cerita yang mungkin menarik bagi Anda

READ  Sebuah ledakan radio cepat baru telah ditemukan di daerah yang seharusnya tidak memiliki sumber apapun