April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Para ilmuwan mengatakan hujan meteor besar berikutnya bisa melihat “ledakan” besar-besaran.

Para ilmuwan mengatakan hujan meteor besar berikutnya bisa melihat “ledakan” besar-besaran.

Jika Anda melihat banyak “bintang jatuh” akhir pekan ini selama puncak hujan meteor Perseid, Anda mungkin memiliki pertanyaan membara yang membutuhkan jawaban – kapan pertanyaan berikutnya?

Ada sekitar selusin hujan meteor setahun. Tanggal puncak tahunan cukup dapat diprediksi karena orbit Bumi mengelilingi Matahari telah ditetapkan dan diketahui. Hujan meteor adalah hasil dari debu dan puing-puing yang ditinggalkan oleh komet di tata surya bagian dalam. Yang terpenting, hanya ketika aliran material melayang melalui jalur orbit Bumi mengelilingi matahari, kita dapat mengalami hujan meteor.

Jika Perseids adalah hujan meteor paling umum tahun ini, itu bukan yang paling produktif. Selain itu, ada peluang bagus Desember ini tidak hanya akan melihat puncak hujan meteor Geminid – yang dikenal sebagai rekor terberat – tetapi juga ledakan tiba-tiba dari hujan meteor Andromed, yang tidak aktif selama lebih dari satu dekade.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang lima hujan meteor berikutnya di bulan-bulan tersisa tahun 2023:

1. Hujan meteor Orionid

Jumat/Sabtu, 20/21 Oktober menyaksikan puncak hujan meteor tahunan yang disebabkan oleh komet paling terkenal di dunia – 1P Halley. Harapkan sekitar 20 “meteor” per jam pada puncaknya, meskipun dengan bulan seperempat pertama, mereka akan sulit dilihat di langit malam yang memutih. Ini salah satu yang kami rindukan.

Lainnya dari ForbesKomet Halley akan segera kembali. Tonton “Rising Stars” minggu ini, 37 tahun setelah penampilan terakhir mereka

2. Hujan meteor Leonid

Memuncak pada Jumat/Sabtu, 17/18 November 2023, hujan meteor Leonid dikenal dengan meteor-meteor terang dengan kereta api yang terus menerus. Harapkan sekitar 10-20 “meteor” per jam. Bulan akan menjadi bulan sabit yang terbit, meninggalkan langit yang gelap setelah tengah malam. Selamat malam mengamati bintang dengan peluang lebih besar untuk melihat beberapa “bintang jatuh”.

3. Hujan meteor Andromeda

Pada awal Desember – melihat langit malam tanpa bulan – Anda dapat melihat hujan meteor yang tiba-tiba menghasilkan sekitar 200 “meteor” pada puncaknya. Dia sudah tidak aktif selama beberapa dekade, tetapi A.J kertas Ia mengklaim bahwa hujan meteor Andromeda dapat mengesankan pada tahun 2023. Terkenal dengan letusan spektakuler pada tahun 1872 dan 1885 – ketika mereka menghasilkan ribuan meteor per jam – Andromeda diperkirakan akan membawa aktivitas “sedang hingga kuat” pada tahun 2023 dan 2036 dan “harus diperhatikan oleh Pengamat. .”

4. Hujan meteor geminid

Salah satu meteor paling produktif tahun ini, Geminid akan mencapai puncaknya pada Rabu/Kamis, 13/14 Desember 2023. Dimungkinkan untuk melihat hingga 120 “meteor” warna-warni per jam. Puncaknya terjadi hanya satu hari setelah bulan baru, jadi kondisi Geminid tahun ini sempurna. Sebagai bonus, Bumi mungkin menghadapi aliran puing-puing dari Komet 46P/Wirtanen dari 10-12 Desember, menurut alam semesta hari ini. Ini layak untuk membuat rencana pemantauan.

5. Hujan Meteor Ursid

Ursid hanya menghasilkan sekitar 10 “meteor” setiap jam pada puncaknya, yaitu Kamis/Jumat, 21/22 Desember 2023. Bulan purnama akan terjadi setelah kuartal pertama, membuat langit malam cerah. Yang ini harus dilewatkan.

Cara terbaik untuk melihat hujan meteor

Semua hujan meteor paling baik dilihat pada jam-jam kecil setelah tengah malam dari lokasi yang jauh dari polusi cahaya. Ambil kursi malas, selimut (baik untuk berbaring dan/atau membungkus diri Anda), matikan ponsel cerdas Anda (cahaya putihnya akan mematikan penglihatan malam Anda) dan awasi langit. Berpakaian hangat – kapan pun sepanjang tahun – makan banyak makanan ringan dan minuman panas, dan sering-seringlah beristirahat.

Melihat banyak “bintang jatuh” membutuhkan kesabaran dan dedikasi – dan saat Anda melihat “bola api” yang terang, semuanya sepadan!

Saya berharap Anda langit cerah dan mata lebar.

Ikuti aku Twitter atau linkedin. membayar untuk saya situs web atau beberapa karya saya yang lain Di Sini.

READ  NASA meminta proposal untuk penyelidikan bulan kedua Artemis