Februari 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Orion terbang menjauh dari Bulan, langsung mengembalikan gambar ikonik

Orion terbang menjauh dari Bulan, langsung mengembalikan gambar ikonik
Perbesar / Orion, Bulan dan Bumi dalam satu foto.

NASA

Pesawat ruang angkasa Orion NASA mencapai titik awal terjauh dari perjalanannya dari Bumi pada hari Senin, pada jarak lebih dari 430.000 km dari dunia manusia. Ini hampir dua kali jarak antara Bumi dan Bulan dan lebih jauh dari perjalanan kapsul Apollo selama misi bulan NASA pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Dari sudut pandang ini, pada hari Senin, sebuah kamera dipasang pada panel surya di atas Modul Servis Orion foto yang diambil ke bulan dan langsung di luar bumi. Ini adalah gambar yang indah, sepi, dan menggugah.

“Visualnya gila,” kata direktur penerbangan Artemis I Rick Labroade. “Sangat sulit untuk mengungkapkan perasaan itu. Sungguh menakjubkan berada di sini, dan melihatnya.”

Labroad berbicara selama konferensi pers di Johnson Space Center di Houston, di mana dia dan pejabat NASA lainnya memberikan pembaruan tentang kemajuan misi untuk menguji roket Space Launch System dan pesawat ruang angkasa Orion. Penerbangan uji tanpa awak ini merupakan pendahulu untuk misi berawak akhir dekade ini, termasuk pendaratan bulan dari misi Artemis III.

Setelah berhasil menyelesaikan peluncuran, direktur misi Mike Sarafin mengatakan bahwa agensi tersebut sekarang sepenuhnya percaya diri Roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa. “Rudal itu terbukti,” katanya.

Orion masih harus melakukannya, tentu saja. Misinya tidak akan selesai sampai pesawat ruang angkasa bermanuver di sekitar Bulan, kembali ke Bumi, bertahan masuk kembali ke atmosfer, terciprat ke laut, dan ditemukan di lepas pantai dekat San Diego, California. Ini dijadwalkan terjadi pada 11 Desember.

Namun, misi tersebut berjalan sangat baik sehingga NASA memutuskan untuk menambahkan tujuan, seperti menembakkan pendorong yang berbeda lebih lama dari yang dimaksudkan untuk memeriksa kinerjanya. Pekerjaan ini akan meningkatkan kepercayaan NASA terhadap kapsul Orion dan Modul Layanan Propulsi ESA.

READ  NASA membagikan foto menakjubkan Pluto yang menunjukkan warna aslinya

Secara keseluruhan, 31 dari 124 tujuan misi Artemis I telah selesai, kata Sarafin. Banyak dari ini berhubungan dengan kinerja kendaraan peluncuran. Dari sisa gol, setengahnya masih dalam proses, dan setengah lainnya belum selesai. Sebagian besar terkait dengan pendaratan kembali di tanah, seperti sistem penyebaran parasut.

Maklum, para insinyur NASA senang dengan kinerja Artemis I sejauh ini. Jalan pengembangan yang panjang, bergelombang, dan mahal untuk mencapai misi ini dengan roket Space Launch System dan pesawat ruang angkasa Orion. Tapi begitu kendaraan mulai terbang, kinerjanya memenuhi semua ekspektasi dan harapan badan antariksa, menambah kepercayaan pada masa depan program eksplorasi bulan Artemis.