April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Nikel murah asal Indonesia membanjiri pasar

Nikel murah asal Indonesia membanjiri pasar

melalui Penambang logam

Industri pertambangan nikel global sedang mengalami tekanan dan penyebab utamanya adalah kelebihan pasokan nikel murah dari Indonesia. Selain itu, pasokan yang stabil ini terus mendukung surplus global yang besar, sehingga memberikan tekanan pada harga nikel. Saat ini, negara Asia Tenggara telah menguasai lebih dari separuh pasokan logam penting ini di dunia.

Patut dicatat bahwa Indonesia telah menjadi pemain terkemuka dalam industri nikel global, memanfaatkan modal dan inovasi Tiongkok. Faktanya, menurut LaporanDominasi negara ini terjadi meskipun ada perlawanan dari Uni Eropa melalui WTO.

Dalam lebih dari satu dekade, Indonesia telah sepenuhnya mengubah bisnis ekspor nikelnya sekaligus meningkatkan hasil pertambangannya sebanyak sembilan kali lipat. Bersama-sama, Tiongkok dan Indonesia memproduksi 70% pasokan nikel dunia. Karena tidak mampu bersaing dengan modal yang lebih kuat dan biaya operasional yang lebih rendah di Indonesia, para penambang nikel saingannya di Australia dan negara lain mungkin akan gulung tikar.

Perusahaan pertambangan, para ahli memperingatkan akan adanya penutupan

penambang Perancis Eramet Indonesia baru-baru ini memperingatkan bahwa tidak akan lama lagi Indonesia dapat menghancurkan para pesaingnya dan memperkuat posisinya sebagai pemasok nomor satu di dunia. Faktanya, Financial Times mengutip CEO Christel Bories yang mengatakan bahwa Indonesia dapat memasok lebih dari tiga perempat nikel murni dengan kualitas terbaik di dunia dalam lima tahun. Di antara kalimat-kalimat tersebut terdapat pesan tersembunyi – “hati-hatilah terhadap pesaing”.

Andrew Forrest, pendiri dan ketua Fortescue Metals Group dan salah satu orang terkaya di Australia, baru-baru ini meminta London Metal Exchange untuk memahami perbedaan antara nikel “kotor” dan “bersih”. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa karena takut akan penutupan tambang, bursa harus belajar mengekstraksi nikel berdasarkan emisi karbon yang terkait, sehingga pembeli dapat memilih keberlanjutan produk mereka. Andrew menyebutkan perusahaan-perusahaan yang menggunakan baterai nikel murah yang ditambang di Indonesia, yang banyak dituding mempunyai jejak emisi yang tinggi.

READ  Indonesia desak keyakinan agama untuk pertahankan perdamaian - Voice of Nigeria

Memang benar bahwa Indonesia menggunakan listrik berbahan bakar batu bara untuk menambang sebagian besar nikelnya, sehingga meninggalkan jejak karbon yang sangat besar. Ada dugaan bahwa Penggundulan hutan, Polusi dan Hilangnya Keanekaragaman Hayati, terutama berasal dari laporan organisasi nirlaba Climate Rights International yang berbasis di AS. Laporan tersebut secara khusus menyebutkan proyek penambangan dan pengolahan nikel di Pulau Halmahera, dimana proyek tersebut menghancurkan ribuan hektar hutan dan membuat masyarakat terpaksa mengungsi, sehingga mencemari sungai dan laut.

Melihat hal ini, Indonesia sedang mengarahkan kebijakan nikelnya menuju energi ramah lingkungan. Namun, para pengkritiknya mengatakan bahwa posisi sebenarnya bertentangan dengan posisi resmi pemerintah.

Turunnya harga nikel menyebabkan sejumlah tambang keluar

Meski demikian, beberapa tambang nikel sudah ditutup dan sebagian lainnya akan segera beroperasi. Misalnya, Wyloo Metals Ltd. milik Forrest. Mereka mengumumkan penutupan tambangnya di Australia Barat bulan lalu.

Sementara itu, para penambang besar menginginkannya BHP Baru-baru ini perusahaan mencatat bahwa kecil kemungkinan operasi nikelnya akan menghasilkan keuntungan sebelum tahun 2030. Hal ini terjadi meskipun nikel dipromosikan sebagai peluang pertumbuhan yang signifikan bagi BHP pada tahun lalu. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk melakukan tinjauan komprehensif terhadap seluruh operasi nikelnya, termasuk penutupan Nickel West, yang akan berdampak pada lebih dari 3.000 pekerjaan. Salah satu penyebab turunnya keuntungan BHP secara drastis berasal dari penurunan nilai aset nikelnya di Australia Barat.

Produsen tanah jarang Lyna Baru-baru ini mereka mengeluarkan peringatan kepada semua pemerintah, meminta mereka untuk mewaspadai dampak buruk dari krisis nikel. Salah satu produsen logam tanah jarang terbesar di luar Tiongkok. Lynas baru-baru ini melaporkan penurunan laba bersih sebesar 74% menjadi hanya USD 39,50 juta untuk enam bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023.

READ  Cakupan dosis ketiga Covid di Indonesia mencapai 62,49 juta

Harga nikel masih turun, tapi hal itu bisa berubah

Nikel bukanlah mineral biasa; Hal ini penting dalam produksi baterai berkapasitas tinggi, baja tahan karat, dan berbagai paduan canggih. Selain bahan-bahan yang sulit diekstraksi dan mahal untuk diproses seperti unsur tanah jarang, nikel menempati tempat penting dalam elektronik modern dan teknologi berkinerja tinggi.

Nikel kadar rendah merupakan bahan baku baja tahan karat, sedangkan nikel kadar tinggi digunakan dalam produk seperti baterai otomotif. Di Barat, negara-negara yang lebih fokus pada bahan mentah yang “bersih”, nikel Indonesia lah yang memproduksinya. Sulitnya mendapatkan pasokan yang dibutuhkan untuk kendaraan listrik. Bukan hanya nikel di Indonesia yang bermasalah, namun kelebihan pasokan juga membuat tambang-tambang lain di seluruh dunia tidak dapat beroperasi. Bahkan di Amerika Serikat, sumber nikel yang dapat diandalkan di luar Indonesia masih sulit diperoleh.

Dunia baru-baru ini mengalami penurunan harga nikel yang signifikan. Harga nikel turun lebih dari dua pertiga dari level tertinggi US$50.000 per metrik ton pada tahun 2022 menjadi US$16.500 beberapa hari lalu. Sementara itu, baru-baru ini Reuters Para pedagang dan analis yakin Tiongkok dan Indonesia berencana mengurangi produksi nikel setidaknya 100.000 metrik ton tahun ini. Langkah ini bertujuan mengurangi kerugian bagi produsen menyusul anjloknya harga nikel global.

Oleh Sohrab Tarabshah

Bacaan menarik lainnya dari Oilprice.com: