Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mewujudkan Lulusan Sadar Keberlanjutan di Indonesia

Mewujudkan Lulusan Sadar Keberlanjutan di Indonesia

Universitas Padjadjaran mendorong pembangunan berkelanjutan melalui integrasi Prinsip keberlanjutan dalam mata kuliah dan kegiatan kampusnya

kamuniversitas Padjadjaran di Indonesia secara aktif mendukung upaya global untuk memitigasi degradasi iklim dan mendorong pembangunan berkelanjutan. Didirikan pada tahun 1957, fasilitas kampus dan pusat penelitian universitas memainkan peran penting dalam mendukung dampaknya di bidang keberlanjutan. Komitmen universitas terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB termasuk dalam nilai-nilai inti akademiknya, kata Rektor universitas Rina Indiastudi.

“Universitas Padjadjaran mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan SDGs ke dalam kurikulum akademik di berbagai disiplin ilmu,” kata Indiastudi. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam mata pelajaran seperti pembangunan berkelanjutan, studi lingkungan, energi terbarukan dan keadilan sosial.

Universitas telah menerapkan teknologi smart building untuk menciptakan kampus ramah lingkungan. Pada tahun 2016, universitas ini mendirikan Pusat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang pertama di Indonesia, untuk merancang kursus terkait keberlanjutan, inisiatif kesadaran masyarakat, dan pengabdian masyarakat. Pusat Ilmu Lingkungan dan Keberlanjutan serta Pusat Studi Ekonomi dan Pembangunan juga melakukan berbagai penelitian interdisipliner terkait pembangunan berkelanjutan.

Universitas menyediakan fasilitas penelitian dan laboratorium khusus untuk proyek penelitian di berbagai aspek keberlanjutan seperti ilmu lingkungan, mitigasi perubahan iklim, dan pertanian berkelanjutan. Universitas juga menawarkan ruang kolaboratif seperti ruang pertemuan, ruang seminar, dan ruang kerja bersama di mana para peneliti, mahasiswa, dan anggota fakultas dapat bertukar ide, berbagi pengetahuan, dan mengerjakan proyek interdisipliner terkait keberlanjutan. Untuk memperkuat kolaborasi interdisipliner dan interdisipliner, universitas menawarkan program magister dan doktoral menggunakan ruang kerja bersama, pusat bersama, dan ruang hibrida.

Universitas menawarkan banyak peluang pengalaman terkait SDGs, seperti magang, program KKN, dan peluang menjadi sukarelawan. “Program-program ini memungkinkan siswa untuk memenuhi kebutuhan sosial, mengembangkan keterampilan yang bertanggung jawab secara sosial dan menerapkan pengetahuan akademis mereka,” kata IndiaStudi. “Dengan memberikan beragam peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pemecahan masalah dan pengembangan keterampilan di dunia nyata, Universitas mempersiapkan lulusannya untuk menjadi profesional berpengetahuan luas yang dapat mengatasi tantangan kompleks dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.”

READ  Meninjau Strategi Komunikasi Indonesia dalam Perluas Program Pariwisata “Poli Baru”

Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan universitas, institusi, dan lembaga pemerintah lain untuk meningkatkan dampak dan jangkauan global melalui usaha patungan dan kemitraan. Kolaborasi tersebut memungkinkan universitas untuk mempromosikan pertukaran akademik, penelitian pembangunan berkelanjutan, transfer teknologi dan mobilitas mahasiswa dan fakultas, menurut IndiaStudi.

Universitas berkomitmen untuk memperkuat upaya dan kontribusi keberlanjutannya. Untuk mencapai hal ini, mereka berencana untuk menerapkan inisiatif kampus hijau dan infrastruktur berkelanjutan, memperluas program keterlibatan masyarakat dan mengundang lebih banyak peluang untuk penelitian kolaboratif. Selain itu, universitas bertujuan untuk memberikan hibah penelitian, beasiswa dan beasiswa bagi mahasiswa dan anggota fakultas yang melakukan penelitian di berbagai bidang seperti perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

“Berinvestasi dalam inisiatif keberlanjutan di Universitas Padjadjaran tidak hanya menguntungkan institusi, namun juga memberdayakan mahasiswa untuk menjadi agen perubahan positif di komunitas mereka dan sekitarnya,” Indiastudy menyimpulkan.

Pelajari lebih lanjut tentang Universitas Padjadjaran.