Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

'Mereka berdua punya piramida': Kekeliruan Biden memicu meme

'Mereka berdua punya piramida': Kekeliruan Biden memicu meme
  • Ditulis oleh Bernd Debusmann Jr
  • Berita BBC, Washington

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

Beberapa pengguna media sosial mencemooh dengan mengklaim bahwa Biden mencampuradukkan piramida Mesir dengan piramida Meksiko.

Mesir dan Meksiko dipisahkan oleh ribuan mil lautan dan gurun, dan bahasa, masakan, politik, dan budaya mereka sangat berbeda.

Namun ketika para netizen di kedua negara datang untuk membaca berita tersebut pada Jumat pagi, beberapa dari mereka sepakat untuk merasakan kebingungan dan – dalam beberapa kasus – kebingungan mengenai Presiden AS Joe Biden.

Dalam konferensi pers kontroversial pada Kamis malam yang bertujuan untuk mempertahankan kemampuan kognitifnya dalam menghadapi kritik, Biden secara tidak sengaja menyebut Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi sebagai “presiden Meksiko.”

Komentar tersebut, yang muncul beberapa jam setelah temuan laporan mengenai penanganan dokumen yang tidak diklasifikasikan oleh Biden dipublikasikan, dengan cepat menjadi heboh di media sosial di kedua negara.

Di peron

Begitu pula dengan beberapa warga Mesir yang membagikan foto elang Meksiko di bendera Mesir, dengan tulisan “Hidup Republik Arab Meksiko.”

“Jujur saja. Perpaduan bendera Meksiko dan Mesir terlihat sangat keren,” tulis salah satu pengguna yang berbasis di Mexico City.

Lainnya Dan dia memainkan gitar.

“Keduanya memiliki piramida,” tulis salah satu pengguna X. “Siapa pun bisa bingung. Saya berusia 65 tahun, dan saya mencampur mobil saya dengan mobil lain yang warnanya sama hampir setiap hari.”

Di Mesir, penduduk setempat telah lama menyebut Sisi sebagai “orang Meksiko” – artinya orang Meksiko – untuk menghindari sensor pemerintah.

Julukan ini berasal dari meme-meme berusia bertahun-tahun yang populer di Mesir, sehingga mendorong salah satu pengguna untuk menulis bahwa warganya “terlihat seperti ini dalam kenyataan”. Yang lain menjelaskan bahwa orang-orang Mesir yang menentang rezim tersebut kadang-kadang menyebutnya berada di bawah “pendudukan Meksiko.”

Seorang pengguna menjelaskan: “Anda tidak bisa mengkritik presiden dengan bebas, jadi orang Mesir mulai memanggilnya 'Orang Meksiko' karena dia mirip 'Sisi' sehingga mereka bisa menghindari sensor dan mengkritiknya dengan bebas.” X.

Namun, tidak semua warga Mesir melihat sisi lucu dari kesalahan khas Biden. Banyak pengguna menyatakan ketidakpercayaan mereka atas kesalahan besar ini dan kemarahan mereka terhadap presiden, dan beberapa memanfaatkan momen ini untuk mengkritiknya atas dukungan Amerika Serikat terhadap Israel selama perang di Gaza.

READ  Petugas di Gabon mengumumkan kudeta militer dan menangkap Presiden Ali Bongo