Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Menteri Keuangan Indonesia Mengatasi Kompleksitas Transisi Energi

Menteri Keuangan Indonesia Mengatasi Kompleksitas Transisi Energi

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati menegaskan transisi energi merupakan proses yang kompleks secara politik dan sosial.

Hal ini disampaikannya dalam pidato utamanya pada acara tingkat tinggi bertajuk “Netralisasi Transisi Rendah Karbon: Peran Penting Menteri Keuangan” di Washington, DC pada hari Selasa.

“Transisi energi merupakan proses yang sangat kompleks, apalagi harus mengedepankan keterjangkauan dan keadilan energi,” ujarnya seperti dikutip dalam pernyataan Kementerian Keuangan, Rabu.

Dalam konteks ini, kata dia, kementeriannya berperan penting dalam mengembangkan instrumen dan kebijakan terkait mekanisme pembiayaan sektor swasta dan filantropi serta menetapkan kerangka kebijakan yang tepat. Kementerian juga secara aktif melakukan upaya-upaya ini.

“Selain itu, dengan lebih dari 10.000 pulau dan 270 juta penduduk, Indonesia yang kompleks ini semakin tangguh,” ujarnya.

“Pelajaran yang saya ambil dari Indonesia pada forum ini adalah bagaimana membentuk transisi energi sambil mempertahankan pertumbuhan rata-rata 5 persen selama hampir dua dekade,” tegasnya.

Ia menambahkan, menghadapi tantangan transisi energi memerlukan koordinasi bersama antara kementerian, pemerintah daerah, dan pihak swasta.

“Kami akan terus menekankan bahwa transisi energi bukanlah persoalan individu atau suatu entitas. Transisi energi harus ditangani secara kolektif di tingkat Indonesia, regional, dan global,” tutup Sri Mulyani.

Berita terkait: Indonesia dan Australia membahas kerja sama transisi energi
Berita terkait: Transisi energi penting untuk mencapai target emisi nol bersih: BRIN

READ  Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkan tentara untuk membantu petani padi di tengah kekeringan dan masalah ketahanan pangan