Mei 21, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Memperkuat Hubungan Indo-AS Pasca Epidemi – Pendidikan

Shinda Kamtani (Jakarta Post)

Jakarta
Senin, 9 Mei 2022

2022-05-09
02:50

e16ff64e7ec29b41741491223068de7
4
Departemen Pendidikan
Hutan, AS, Pemandangan Jalan, Sektor Bisnis, Kemitraan, Pasca Epidemi, Kesehatan, Pemulihan, G20, KTT, Investasi, ASEAN, Indo-Pasifik
Gratis


Business 20 (B20) Kelompok penyelenggara Indonesia Trade and Industry (CATIN) Indonesia baru saja menyelesaikan road show perdagangannya ke Amerika Serikat. Kunjungan tersebut tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral, tetapi juga untuk meningkatkan kepresidenan Indonesia di Grup 20 (G20) tahun ini dan untuk mempromosikan B20 sebagai grup keterlibatan bisnisnya.

Seiring dengan kemajuan signifikan Indonesia dalam mengurangi dampak epidemi COVID-19, kunjungan tersebut memberikan dampak positif bagi rekan-rekan Amerikanya. Tingkat vaksinasi yang tinggi di Indonesia dan peningkatan ekspor dan pertumbuhan belanja konsumen telah membantu meningkatkan kepercayaan dan keyakinan dalam kemitraan bisnis.

Yang terpenting, Indonesia telah membuka sektor-sektor ekonomi baru untuk investasi asing dan sedang melaksanakan reformasi dalam undang-undang ketenagakerjaan, pajak, dan sektor lainnya.

Roadshow Khusus B20 ini datang pada saat kritis yang menambah kejutan geopolitik pada tantangan ekonomi dunia. Gangguan ini berpotensi membuat negara-negara di G20 semakin tidak stabil. Risiko seperti kelangkaan pangan, kenaikan harga BBM dan komoditas lainnya serta kenaikan inflasi berpotensi memperlambat pemulihan ekonomi.

Diskusi utama kami berfokus pada bagaimana kepemimpinan G20 Indonesia dapat digunakan untuk meningkatkan kemitraan bilateral yang sudah kuat dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan global. KTT B20 Indonesia di Bali November ini, bersamaan dengan KTT G20, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan yang inklusif, inovatif, dan fleksibel. Sebagai bagian penting dari G20, B20 akan memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah G20.

READ  Kemenparekraf Tingkatkan Keterlibatan Publik dan Media untuk Tingkatkan Bisnis Event di Yogakarta

Kemitraan ekonomi Indonesia-AS telah mencapai banyak hal dalam beberapa dekade terakhir. Namun, masih ada banyak peluang. Indonesia adalah mitra ekonomi penting Amerika Serikat dengan sekitar $30 miliar dalam perdagangan bilateral dan $18 miliar dalam investasi asing langsung (FDI) AS di Indonesia. Dengan demikian, perubahan baru-baru ini dalam lanskap epidemiologis dan geopolitik dan ekonomi Govit-19 menggarisbawahi pentingnya menciptakan rantai pasokan yang sangat beragam dan fleksibel.

Tiga isu utama Presiden Joko Widodo Indonesia untuk kepemimpinan G20: perawatan kesehatan, digitalisasi dan transfer energi, akan membuka pintu tambahan untuk kerja sama. Kebangkitan kembali kemitraan Jakarta-Washington harus didukung oleh partisipasi yang lebih besar dari komunitas bisnis.

Proyek kami di Amerika Serikat dimulai dengan Forum Ekonomi Baru Bloomberg di New York, di mana para pemimpin bisnis dan investor mengeksplorasi peluang pertumbuhan untuk beralih ke emisi karbon nol-bersih dan mekanisme pembiayaan berkelanjutan. Kami juga sepakat untuk mengadakan KTT BloombergNEF khusus di Bali pada 12 November menjelang KTT B20, yang memberi Indonesia lebih banyak ruang untuk mendorong gerakan global menuju ekonomi emisi karbon bersih-nol.

Di Washington DC, perwakilan bisnis Indonesia mengadakan pembicaraan dengan lembaga ekonomi, perdagangan dan keuangan terkemuka seperti US ASEAN Trade Council (USABC), American Chamber of Commerce, US Trade Representative (USTR), Bank Dunia, dan Millennium Challenge. Perusahaan (MCC). ) Dan lain-lain. Kami juga menjadi tuan rumah Forum Bisnis Indonesia-AS yang dihadiri oleh ratusan pemimpin bisnis dan membahas keterlibatan mereka dan berbagai rencana investasi pada KTT B20 mendatang.

Banyak proyek investasi telah memberi para pemimpin bisnis AS sejumlah peluang bisnis, terutama di bidang ekowisata, panel surya, dan penyimpanan baterai serta konversi energi. Banyak yayasan keluarga terkemuka dan dana ekuitas swasta terkenal telah menunjukkan minat yang besar pada proyek-proyek tersebut. Perusahaan Pengembangan Keuangan Internasional AS (DFC), yang menawarkan peluang investasi swasta ke pasar negara berkembang, telah merespons secara positif

READ  Proyek kereta api China di Indonesia mendorong Jakarta ke dalam utang

Delegasi bertemu dengan Utusan Khusus Presiden AS John Kerry untuk Perubahan Iklim dan membahas secara mendalam bagaimana sektor bisnis dapat mengakhiri ketergantungan negara pada energi terbarukan dan bagaimana menggunakan sumber daya yang berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan sumber daya laut. Ekonomi biru. Dalam sesi yang sangat istimewa ini, kami mempresentasikan beberapa inisiatif Gadin untuk menciptakan dunia yang lebih hijau melalui Net Zero Hub dan Pusat Keunggulan Pasar Karbon B20 Legacy.

Pemerintahan Presiden Joe Biden telah mengusulkan Struktur Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF), yang mengembalikan Washington ke dinamika ekonomi regional melalui sejumlah isu prioritas: perdagangan yang adil dan fleksibel; Fleksibilitas rantai pasokan; Infrastruktur, energi bersih dan dekarbonisasi; Juga, reformasi pajak dan antikorupsi.

Perekonomian Indonesia menawarkan peluang besar bagi investasi asing langsung AS, terutama di bidang teknis. Potensi digital Indonesia sangat signifikan mengingat besarnya pasar yang berkembang, dan Amerika Serikat perlu meningkatkan penetrasi dan kehadiran ekonominya.

Indonesia sedang dalam proses meratifikasi perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), yang diharapkan dapat dilakukan sebelum KTT G20. Hal ini akan memungkinkan hubungan rantai pasokan regional yang lebih besar antara ASEAN dan mitra regionalnya, yang memungkinkan Indonesia menjadi basis manufaktur alternatif yang baik di kawasan untuk mendiversifikasi keandalan rantai pasokan AS di atas China.

Perlu dicatat bahwa para pemimpin AS dan ASEAN akan mengadakan pertemuan puncak khusus di Washington DC pada 12-13 Mei, ketika pemerintahan Biden akan mengumumkan $ 102 juta dalam upaya baru untuk memperluas keterlibatannya dengan ASEAN dalam pemulihan dan kesehatan pasca-Covit. Keamanan, dan perang melawan krisis iklim, pembangunan ekonomi yang lebih luas, kesetaraan gender, dan bidang-bidang lain seperti hubungan antarmanusia.

READ  Menjanjikan Masa Depan Hijau: Indonesia Menerima Penggunaan Nilai Ekonomis Karbon

Pemulihan hubungan Indonesia-AS menyoroti pengakuan Washington atas peran kunci Jakarta dalam pertumbuhan ekonomi global, khususnya dalam pemulihan ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik. Melalui kepemimpinan B20, sektor bisnis Indonesia siap menjalin kemitraan dengan banyak mitra kami, dan bagaimana kami dapat membawa dampak positif kepresidenan G20 Indonesia di dunia, bangsa, dan komunitas kita.

***

Penulis adalah pimpinan B20 Indonesia. Ide-ide yang diungkapkan adalah miliknya sendiri.