Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Massa menyerbu situs Tbilisi Pride Fest, memaksa mereka untuk membatalkan acara tersebut

Massa menyerbu situs Tbilisi Pride Fest, memaksa mereka untuk membatalkan acara tersebut

Ratusan penentang hak gay memadati lokasi festival gay di ibu kota negara Georgia, merusak panggung, membakar, dan menjarah bar acara.

Tbilisi, Georgia — Ratusan penentang hak-hak gay pada hari Sabtu memadati lokasi festival gay di ibukota negara Georgia, merusak panggung, membakar dan menjarah bar acara.

Wakil Menteri Dalam Negeri Georgia Alexander Darakhvilidze mengatakan para peserta Festival Kebanggaan Tbilisi telah dievakuasi dengan aman dari tempat kejadian. Penyelenggara festival mengimbau masyarakat untuk tidak datang ke Lake Park tempat acara itu akan berlangsung.

Media Georgia memperkirakan sekitar 5.000 orang berbaris menuju situs tersebut. Banyak dari mereka mengibarkan bendera Georgia dan membawa ikon keagamaan.

Permusuhan terhadap minoritas seksual sangat kuat di Georgia, yang mayoritas Kristen Ortodoks, dan beberapa peristiwa LGBT di masa lalu menghadapi kerusuhan hebat.

Darakhvelidze mengatakan bahwa polisi berusaha memblokir para pengunjuk rasa tetapi tidak dapat menahan mereka semua.

Tetapi penyelenggara acara mengkritik polisi karena tidak efektif, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Polisi tidak memblokir akses ke lokasi festival untuk mencegah kelompok agresif. Polisi tidak menggunakan kekuatan relatif terhadap penyerang.”

READ  Taiwan bergegas membawa pesawat untuk memperingatkan pesawat China di zona pertahanan udaranya