April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Mantan pejabat pajak Indonesia divonis 14 tahun penjara karena korupsi dan pencucian uang – BeritaBenar

Mantan pejabat pajak Indonesia divonis 14 tahun penjara karena korupsi dan pencucian uang – BeritaBenar

Pengadilan Indonesia pada hari Senin menjatuhkan hukuman 14 tahun penjara kepada mantan pejabat pajak karena korupsi.

Pengadilan antikorupsi di Jakarta telah memutuskan bahwa Rafael Alun Trisamboto akan menjalani hukuman tambahan tiga tahun penjara jika ia tidak membayar ganti rugi sebesar 10,7 miliar rupiah (US$690.000) setelah ia divonis bersalah atas tuduhan korupsi dan pencucian uang. Jumlah tersebut sama dengan jumlah yang menurut hakim diterimanya sebagai suap dari pembayar pajak antara tahun 2002 dan 2013.

“Terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” kata Ketua Hakim Subarman Nyomba saat membacakan putusan majelis.

Pengadilan membenarkan bahwa Rafael mentransfer uang tersebut ke rekening bank dan properti atas nama dirinya dan kerabatnya untuk menyembunyikan asal dana tersebut.

Korupsi meletus Februari 2023 Video putra Rafael, Mario Danti Satrio, dan kawan-kawan menyerang bocah lelaki berusia 17 tahun di gang Jakarta viral di media sosial hingga memicu kemarahan publik. Bocah itu menderita luka parah di kepala dan koma selama beberapa minggu.

Pada September 2023, Mario dijatuhi hukuman 12 tahun penjara karena penyerangan.

Peristiwa tersebut mengungkap gaya hidup mewah Raphael dan keluarganya sehingga menimbulkan keraguan tentang sumber kekayaan tersebut. Netizen menggali foto dan video Mario yang memamerkan mobil dan motor mewah di akun Instagram miliknya, dibandingkan dengan gaji ayahnya yang tidak seberapa.

Di Indonesia peringkat teratas Pegawai pemerintahan Dapatkan gaji bulanan sekitar $2,500 termasuk tunjangan.

Komisi Pemberantasan Korupsi meluncurkan penyelidikan dan menemukan bahwa Rafale telah mengumpulkan aset lebih dari 56 miliar rupee ($3,6 juta), termasuk properti, kendaraan, dan rekening bank. Dia diskors dan kemudian dipecat dari pekerjaannya sebelum ditangkap pada Mei 2023.

READ  Crypto-assets: Bagaimana mereka diperdagangkan di Indonesia? BAPPEBTI mengatakan | Level Hogan

Rafael membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dia akan mempertimbangkan banding. Ia mengklaim kekayaannya berasal dari sumber yang sah seperti warisan, bisnis, dan investasi.

Ia pun meminta maaf dan amnesti atas perbuatan putranya.

Tahun lalu, Menteri Pertahanan Indonesia Mohamed Mahfud MD mengetahuinya US$23,3 miliar (Rp 361 triliun) transaksi mencurigakan di Kementerian Keuangan selama 14 tahun terakhir.

Transaksi yang dicurigai termasuk penghindaran pajak, pencucian uang dan penyelundupan, dengan emas senilai $13 miliar (201,5 triliun rupiah) diduga diselundupkan, Mahfut melaporkan.

Tahun lalu, Menteri Keuangan Shri Mulyani Indravati mengatakan pegawai Kementerian tidak terlibat dalam skema pencucian uang atau korupsi terkait transaksi mencurigakan.

Dia mengatakan transaksi yang dilaporkan lembaga antirasuah itu bernilai Rp 3,3 triliun ($212,9 juta).

Rasa korupsi

Di tengah kemarahan masyarakat atas skandal tersebut, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mendorong parlemen untuk mengeluarkan rancangan undang-undang yang memungkinkan pemerintah menyita aset yang terkait dengan kejahatan seperti korupsi dan pencucian uang.

RUU tersebut diajukan oleh lembaga eksekutif ke DPR pada tahun 2020, tetapi tidak diperdebatkan oleh anggota parlemen.

Indonesia berada di peringkat 110 dari 180 negara versi Transparency International Kode Penyidikan Tipikor 2022. Sebuah laporan baru-baru ini menemukan bahwa negara ini sedang bergulat dengan korupsi kronis ketika pejabat pemerintah mencari suap untuk mempercepat proyek dan memberikan izin.

Jokowi, yang akan mengundurkan diri akhir tahun ini setelah pemilihan umum bulan depan, telah berjanji untuk memerangi korupsi dan memperbaiki tata kelola pemerintahan sebagai bagian dari agendanya untuk menarik investasi asing dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Namun, para kritikus menunjukkan bahwa korupsi masih tersebar luas di Indonesia dan komisi antikorupsi telah dilemahkan akibat undang-undang kontroversial yang disahkan pada tahun 2019.

READ  Indonesia akan mengakhiri impor bahan bakar fosil pada tahun 2045 | ASEAN