April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Macron di Prancis menghadapi mosi tidak percaya, dengan pengunjuk rasa ditangkap dan pemogokan kilang berlanjut

Macron di Prancis menghadapi mosi tidak percaya, dengan pengunjuk rasa ditangkap dan pemogokan kilang berlanjut
  • Pemerintah Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadapi mosi tidak percaya Senin sore.
  • Jika mosi tidak percaya gagal, sebuah RUU akan diterapkan yang akan menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 untuk sebagian besar pekerja pada tahun 2030. Jika pemungutan suara disetujui, Macron akan menunjuk pemerintahan baru dengan perdana menteri baru atau membubarkan parlemen. memicu pemilu baru.
  • Pemogokan dan protes terus menerus mengguncang negara.

Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba untuk menghadiri National Roundtable on Diplomacy di Kementerian Luar Negeri di Paris pada 16 Maret 2023.

Michel Euler | Af | Gambar Getty

Pemerintah Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadapi mosi tidak percaya pada Senin sore, ketika anggota parlemen oposisi yang marah menantang keputusannya untuk memaksakan perubahan pada sistem pensiun melalui parlemen tanpa pemilihan.

Dua mosi tidak percaya telah diajukan – satu oleh koalisi partai tengah dan kiri, dan yang kedua oleh Majelis Nasional sayap kanan, yang juga diharapkan mendukung yang pertama.

Analis mengatakan kepada CNBC pada hari Jumat bahwa lawan Macron kemungkinan tidak akan mencapai 287 dari 577 suara yang diberikan.

Tetapi pemungutan suara diperkirakan akan ketat dan dapat menyebabkan pengunduran diri Perdana Menteri Elizabeth Bourne, yang telah mengumumkan niat pemerintah untuk menggunakan langkah konstitusional khusus untuk mengesahkan rencana jangka panjang untuk menaikkan usia pensiun.

Jika mosi tidak percaya gagal, RUU itu akan disahkan dan menaikkan usia pensiun sebagian besar pekerja dari 62 menjadi 64 tahun pada 2030.

Banyak yang akan bergantung pada berapa banyak Republikan kanan-tengah yang melanggar pangkat dan memberikan suara menentang pemerintah.

Dia adalah wakil ketua partai Didiskualifikasi bulan lalu karena gagal mendukung rencana reformasi pensiun Macron, yang disahkan oleh majelis tinggi parlemen pada 12 Maret.

READ  China dan Taiwan sedang mempersiapkan topan terkuat mereka tahun ini

Anggota Parlemen sayap kiri memegang plakat dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Marseille, lagu kebangsaan Prancis, saat Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne tiba untuk menyampaikan pidato tentang RUU reformasi pensiun di Majelis Nasional di Paris, Prancis, 16 Maret 2023.

Pascal Rossignol | Reuters

Kantor konstituensi pemimpin Republik Eric Ciotti dilempari batu selama akhir pekan, Le Monde melaporkan.

Jika pemerintah kehilangan suara, Macron akan menunjuk pemerintahan dengan perdana menteri baru atau membubarkan parlemen, yang memicu pemilihan. Ekonom Berenberg Holger Schmieding mengatakan ini bisa membuatnya menjadi “bebek lumpuh untuk politik dalam negeri selama sisa masa jabatannya hingga 2027”.

Either way, dia akan menghabiskan banyak modal politik untuk melakukan perubahannya, yang menurut pemerintah diperlukan untuk mengamankan sistem pensiun yang mahal di masa depan.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis Senin oleh Elabe menunjukkan bahwa 68% responden menginginkan mosi tidak percaya untuk lolos, 68% berpikir Bourne harus mengundurkan diri jika mosi gagal, dan 69% berpikir menggunakan tindakan konstitusional, yang disebut Pasal 49-3, adalah penolakan. demokrasi.

Lawan mengatakan perubahan akan memakan korban langsingpekerja di sektor publik dan orang-orang dengan upah rendah. Mereka juga berpendapat bahwa pemerintah memprioritaskan bisnis dan orang-orang bergaji tinggi daripada pekerja biasa.

Buruh telah melakukan pemogokan industri sejak awal tahun, dengan pemogokan industri meningkat pada bulan Maret.

Kilang di seluruh negeri telah mogok selama 13 hari, sementara aksi industri oleh pemulung telah menumpuk tumpukan sampah di sekitar Paris.

Pekerja transportasi dan guru juga melakukan pemogokan. Serikat pekerja telah berjanji untuk terus bekerja dan menyerukan pemogokan yang meluas pada hari Kamis.

Para pengunjuk rasa terlihat berkumpul di Place de la Concorde selama demonstrasi pada 16 Maret.

READ  Jenazah 18 orang ditemukan di kawasan yang dilanda kebakaran hutan di Yunani

Soba foto | Roket Ringan | Gambar Getty

Reuters melaporkan bahwa ratusan orang ditangkap, ketika ribuan orang berbaris dalam protes di seluruh negeri.

Sesi parlemen untuk melakukan mosi tidak percaya dijadwalkan akan dimulai pada pukul 16:00 CET.