Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Korea Utara mengizinkan warganya yang berada di luar negeri untuk kembali ke negaranya, sebagai tanda pelonggaran lebih lanjut pembatasan pandemi

Korea Utara mengizinkan warganya yang berada di luar negeri untuk kembali ke negaranya, sebagai tanda pelonggaran lebih lanjut pembatasan pandemi

SEOUL, Korea Selatan (AP) — Korea Utara pada Minggu mengatakan akan mengizinkan warganya yang tinggal di luar negeri untuk pulang ke rumah seiring dengan meredanya kasus pandemi di seluruh dunia, seiring negara tersebut perlahan-lahan melonggarkan pembatasan ketat terkait virus corona.

Dalam pernyataan singkat yang disiarkan oleh media pemerintah, Markas Besar Pencegahan Epidemi Darurat Negara mengatakan bahwa mereka yang kembali ke Korea Utara akan dikarantina selama seminggu untuk “observasi medis yang sesuai.”

Pernyataan itu tidak dijelaskan. Namun para analis memperkirakan pengumuman tersebut akan menyebabkan kembalinya pelajar, pekerja, dan pihak lain asal Korea Utara yang harus tinggal di luar negeri, sebagian besar di Tiongkok dan Rusia, karena pandemi ini. Pekerja merupakan sumber utama pendapatan asing bagi negara.

Korea Utara melarang wisatawan, mengusir diplomat, dan sangat membatasi lalu lintas dan perdagangan lintas batas setelah pandemi ini dimulai. Penutupan ini telah memperburuk kesulitan ekonomi kronis dan kerawanan pangan di Korea Utara.

Awal bulan ini, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan Korea Utara sedang bersiap untuk membuka kembali perbatasannya secara bertahap dalam upaya untuk menghidupkan kembali perekonomiannya.

Sebuah pesawat komersial Korea Utara mendarat di Beijing pada hari Selasa, menandai penerbangan komersial internasional pertama Korea Utara yang meninggalkan negara itu dalam hampir tiga setengah tahun. Pesawat tersebut kembali dari Beijing pada hari berikutnya, namun tidak diketahui siapa yang berada di dalamnya.

Sebelumnya pada bulan Agustus, sekelompok atlet dan ofisial taekwondo Korea Utara melakukan perjalanan darat ke Beijing dan kemudian terbang ke Kazakhstan untuk berpartisipasi dalam kompetisi internasional.

Rombongan yang terdiri dari sekitar 80 pria dan wanita, mengenakan pakaian olahraga putih dengan bendera Korea Utara, terlihat di depan aula keberangkatan Bandara Internasional Beijing. Ini adalah pertama kalinya delegasi besar Korea Utara melakukan perjalanan internasional sejak awal epidemi.

READ  Dua sesi untuk China: China akan meningkatkan pengeluaran pertahanan sebesar 7,2%, menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada "sekitar 5%" untuk tahun 2023

Cheong Seong-chang, seorang analis di lembaga swasta Sejong Institute, mengatakan kembalinya pekerja dari luar negeri berarti hilangnya sumber mata uang asing yang langka bagi Korea Utara, sehingga pemerintah kemungkinan akan mendorong pengiriman pekerja lain untuk menggantikan mereka di negara tersebut. Cina. dan Rusia.

Menerima pekerja baru asal Korea Utara akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang mewajibkan negara-negara anggota untuk memulangkan semua pekerja Korea Utara dari wilayah mereka pada akhir tahun 2019.

Mengingat Korea Utara berencana untuk mengkarantina orang-orang yang kembali selama satu minggu, Cheung mengatakan kemungkinan besar Korea Utara tidak akan kembali menerima turis Tiongkok dan turis asing lainnya dalam waktu dekat. Ia mengatakan, Korea Utara diperkirakan akan mengizinkan orang asing masuk ke negaranya pada tahun depan jika kepulangan warganya tidak menyebabkan mewabahnya virus Corona.

Pada bulan Agustus 2022, Korea Utara membuat klaim yang sangat meragukan bahwa mereka telah mengatasi pandemi COVID-19. Bulan berikutnya, Korea Utara memulai kembali layanan kereta barang dengan Tiongkok, mitra dagang terbesar dan jalur pipa ekonominya, namun banyak pembatasan yang diberlakukan terhadap penyeberangan perbatasan oleh individu masih tetap berlaku.