Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kepemimpinan Indosat Ooredoo Hutchison bertujuan untuk mendorong ekonomi digital Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah mengungkapkan perkembangan pasca-merger dengan ambisi untuk membantu mengubah negara Asia Tenggara menjadi “pembangkit tenaga listrik digital”.


Ketua dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan dalam sebuah media briefing bahwa strategi IOH tidak untuk fokus pada harga, tetapi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, terutama setelah memperhatikan kebutuhan mendesak akan konektivitas dalam masyarakat krisis kesehatan global di mana orang Indonesia menuntut layanan berkualitas.

Menurut Sinha, operator menghadapi dua tantangan besar sejak merger pada Januari, yakni meningkatkan praktik bisnis dan membangun kepercayaan pelanggan.

“Kami ingin menjadi organisasi yang digerakkan oleh tujuan dengan memberdayakan dan menghubungkan komunitas, yang benar-benar membantu kami mengembangkan perusahaan. Kedua, kami harus berurusan dengan binatang pengalaman. Saya telah berkecimpung di industri ini selama 20 tahun dan saya harus mengakui bahwa kami tidak pandai membangun kepercayaan pelanggan, “kata Sinha.

Sinha mengatakan perusahaan akan bekerja lebih “transparan” untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan menghilangkan praktik seperti “biaya roaming yang tidak perlu” dan perpanjangan otomatis kontrak.

“Butuh waktu lama bagi kami untuk menyadari bahwa itu sangat beracun. Saya pikir kami sangat fokus untuk memastikan bahwa kami membangun kepercayaan dan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan kami. Itu telah menjadi kekuatan pendorong kami dalam delapan bulan terakhir dan kami’ masih dalam perjalanan itu,” kata Sinha.

potensi Indonesia

CEO mengatakan IOH memainkan peran penting dalam pembangunan Indonesia, negara dengan 275 juta orang diharapkan memiliki populasi terbesar keempat di dunia dengan 10Th Ekonomi terbesar di dunia berdasarkan PDB di tahun-tahun mendatang.

Menurut Dana Moneter Internasional, Indonesia diproyeksikan tumbuh menjadi ekonomi terbesar keempat pada tahun 2045. Menurut laporan e-ekonomi 2021 Google, total nilai penjualannya, ukuran ekonomi digital, adalah US$70 miliar pada tahun 2021, meningkat dari tahun ke tahun sebesar 49%, dan diproyeksikan meningkat sebesar 20% menjadi US$146 juta pada tahun 2025.

READ  Booming Perbankan Digital Indonesia | IFLR

“Tidak diragukan lagi bahwa Indonesia akan menjadi kekuatan digital di Asia Tenggara. Dengan adanya perubahan kebijakan pemerintah khususnya omnibus law yang akan datang, pendekatan pemerintah yang berwawasan ke depan, saya kira ekonomi digital Indonesia akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” kata Sinha.

Omnibus law disahkan di parlemen Indonesia pada Oktober 2020, yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja di negara ini. Sinha mengatakan tindakan tersebut memungkinkan operator untuk berbagi infrastruktur dan spektrum, yang memungkinkan penggabungan antara Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri.

IOH memiliki sekitar 100 juta pelanggan, menjadikannya pemain terbesar kedua di pasar. Perusahaan sekarang memiliki 50.000 stasiun pangkalan “skala nyata” untuk menghadapi pesaing pasar. Sinha mencatat bahwa IOH telah menyelesaikan 50% dari proses integrasinya sejak merger pada Januari.

Menghubungkan yang tidak terhubung

Sinha juga mencatat bahwa menjadi negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau masih menjadi tantangan dalam menghubungkan seluruh masyarakat Indonesia. Sinha mengatakan perusahaan sedang menjajaki penggunaan satelit orbit rendah Bumi untuk menghubungkan lebih sedikit lokasi. Kepala eksekutif juga mencatat bahwa 70% orang Indonesia saat ini menggunakan layanan konektivitas, tetapi untuk menjangkau segmen lain dari populasi membutuhkan lebih banyak “kerja bersama.”

Sementara pendidikan sangat penting untuk menarik yang tidak terhubung, Sinha mengatakan masih membutuhkan “pendekatan offline” untuk menarik pelanggan dengan membuka percakapan dengan 200.000 pengecernya.

“Menghubungkan 15% berikutnya dari yang tidak terhubung membutuhkan banyak kerja kolaboratif, di mana Anda harus terlebih dahulu memastikan jaringan 4G ada di sana, kemudian Anda bekerja untuk membuat orang nyaman. [with new technology]. Itu adalah perjalanan yang kami lalui dan itu tidak mudah,” kata Sinha.

READ  Indonesia mengambil pelajaran dari pembicaraan kesepakatan konversi energi yang drastis di Afrika Selatan

Perusahaan memiliki program beasiswa yang disebut ITCamp, yang mendidik anak muda Indonesia untuk mengembangkan keterampilan menjadi pengembang/programmer. Program ini telah menghasilkan sekitar 180.000 pembuat kode bersertifikat hingga saat ini.

Klik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Indosat Ooredoo Hutchison Di Sini.

Artikel lainnya yang mungkin menarik bagi Anda…