Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kepala Wagner menulis ke Gedung Putih tentang sanksi baru

21 Jan (Reuters) – Kepala kontraktor militer swasta Rusia Wagner pada Sabtu memposting pesan singkat ke Gedung Putih menanyakan kejahatan apa yang dituduhkan kepada perusahaannya setelah Washington mengumumkan sanksi baru terhadap kelompok itu.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada hari Jumat bahwa Wagner, yang mendukung pasukan Rusia dalam invasi mereka ke Ukraina dan mengklaim bahwa mereka maju di medan perang, akan ditetapkan sebagai organisasi kriminal transnasional.

Sepucuk surat dalam bahasa Inggris yang ditujukan kepada Kirby dan diposting di saluran Telegram dari layanan pers pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin, berbunyi: “Tuan Kirby yang terhormat, dapatkah Anda menjelaskan kejahatan yang dilakukan oleh PMC Wagner?”

Kirby menggambarkan Wagner sebagai “organisasi kriminal yang melakukan kekejaman dan pelanggaran hak asasi manusia dalam skala besar”.

Gedung Putih mengatakan bulan lalu bahwa Wagner telah menerima kiriman senjata dari Korea Utara untuk membantu membangun pasukan Rusia di Ukraina.

Pemandangan interior menunjukkan PMC Wagner Center, sebuah proyek yang dilakukan oleh pengusaha dan pendiri kelompok militer swasta Wagner Yevgeny Prigozhin, saat pembukaan resmi gedung perkantoran di St. Petersburg, Rusia, 4 November 2022. REUTERS/Igor Russak / file foto

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyebut laporan itu tidak berdasar dan Prigozhin membantah telah menerima penyerahan semacam itu, menyebut laporan itu “gosip dan spekulasi”.

Washington telah memberlakukan pembatasan perdagangan dengan Wagner pada 2017 dan lagi pada Desember dalam upaya membatasi aksesnya ke senjata.

Uni Eropa memberlakukan sanksinya sendiri pada Desember 2021 terhadap Wagner, yang aktif di Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah, Sudan, Mozambik, dan Mali, serta Ukraina.

Prigozhin menggambarkan Wagner sebagai kekuatan yang sepenuhnya independen dengan pesawat, tank, misil, dan artileri sendiri.

Dia dicari di Amerika Serikat karena campur tangannya dalam pemilihan AS, sesuatu yang dia katakan pada bulan November telah dia lakukan dan akan terus dia lakukan.

READ  Kasus cacar monyet meningkat di AS, kata laporan lain di Colorado

Ditulis oleh Kevin Levy. Diedit oleh Helen Popper

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.