Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kepala ekonom Argentina menawarkan perlakuan “kejutan” kepada Miley kepada bank

Kepala ekonom Argentina menawarkan perlakuan “kejutan” kepada Miley kepada bank

Ditulis oleh Jorgelina do Rosario dan Jorge Otaola

BUENOS AIRES (Reuters) – Mantan gubernur bank sentral Argentina Luis Caputo, calon terdepan untuk menjabat sebagai menteri ekonomi baru, bertemu dengan pejabat dari bank lokal dan internasional pada hari Jumat untuk memaparkan rencana ekonomi Presiden terpilih Javier Miley, tiga sumber dan sebuah kata kelompok perbankan.

Pertemuan di La Rural Convention Center di Buenos Aires terjadi ketika Miley, yang berjanji memberikan “terapi kejut” terhadap perekonomian yang terpuruk, bergegas membentuk tim ekonominya. Caputo dianggap sebagai kandidat terdepan untuk peran tersebut.

Namun dua sumber mengatakan bahwa Caputo dalam pertemuan tersebut menolak konfirmasi bahwa ia akan menjadi menteri perekonomian baru. Miley belum mengonfirmasi tanggalnya.

Namun, tanda-tanda bahwa Miley di luar cenderung ke arah tim yang lebih tradisional dan kebijakan ekonomi telah menyemangati pasar minggu ini, dengan kenaikan obligasi hampir 14% dan saham lebih dari 40% sejak ia memenangkan pemilu putaran kedua Minggu lalu.

Caputo menekankan gagasan penyesuaian ekonomi secara tiba-tiba, yang diperlukan untuk menurunkan inflasi hingga hampir 150%, menghindari resesi yang mengancam, membatalkan sejumlah kontrol modal dan membangun kembali cadangan bersih yang telah mencapai minus $10 miliar.

“Pendekatan kami adalah guncangan fiskal dan moneter sejak hari pertama,” kata Caputo kepada perwakilan bank yang berkumpul, menurut sumber perbankan senior yang menghadiri pertemuan tersebut. “Peta jalannya konvensional dan tidak ada hal-hal gila.”

Caputo, mantan menteri keuangan dan kepala bank sentral pada masa pemerintahan konservatif mantan Presiden Mauricio Macri, dipandang sebagai pilihan yang lebih tradisional untuk pemerintahan liberal baru Miley, yang akan mulai menjabat pada 10 Desember.

Asosiasi perbankan lokal ADEBA membenarkan pertemuan tersebut.

READ  Kasus cacar monyet meningkat di AS, kata laporan lain di Colorado

Presiden Adiba Javier Bolzico mengatakan kepada Reuters, “Ini adalah pertemuan di mana kami bertukar pandangan mengenai tantangan perekonomian dan cara menghadapinya.”

“Pertemuan tersebut sangat positif, dengan Caputo menekankan keseimbangan fiskal sebagai landasan model dan pendekatan pasar yang komprehensif terhadap kewajiban penggantian kerugian BCRA. Visi Caputo memberi kami ketenangan pikiran dan kepercayaan diri.”

Tim Miley tidak menanggapi permintaan komentar.

Partai konservatif Macri mendukung Miley dalam pemilihan putaran kedua, dan sekutunya mencari posisi di kabinet.

Caputo tidak memberikan rincian tentang bagaimana rencana pemerintahan Miley untuk mengatasi belanja publik atau apa yang ingin dilakukannya terhadap tumpukan besar uang kertas Lilic jangka pendek milik bank sentral, yang menjadi target Miley karena akan memperluas pasokan uang peso lokal.

Caputo mengatakan pemerintahan Miley akan segera mencabut pembatasan mata uang, kata sumber pertama dan sumber perbankan kedua yang mengetahui pertemuan tersebut, namun hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sumber pertama menambahkan bahwa tidak ada rencana untuk dolar dalam jangka pendek, karena diperlukan stabilitas keuangan dan moneter.

“Pertama, Anda memerlukan program stabilisasi,” kata Caputo, menurut sumber pertama yang hadir pada pertemuan tersebut.

Miley telah menjadikan penutupan bank sentral dan dolarisasi perekonomian sebagai elemen kunci dalam kampanye pemilihannya, namun ia mengakui bahwa hal ini akan memakan waktu lama mengingat krisis ekonomi. Namun dia mengatakan sebelumnya pada hari Jumat bahwa penutupan bank sentral “tidak dapat dinegosiasikan.”

Caputo juga mengatakan kepada perwakilan bank bahwa mengatasi inflasi secara agresif adalah prioritas utama, meskipun ia tidak memberikan rincian tentang bagaimana pemerintah di masa depan dapat mengendalikan harga.

Sumber bank kedua mengatakan Caputo membahas perlunya untuk sepenuhnya menyerang inflasi dan mengurangi tumpukan Lilik, meskipun ia tidak memiliki rincian bagaimana melakukan hal tersebut.

READ  Para pejabat Ukraina mengatakan Rusia melancarkan serangan pesawat tak berawak terbesar di Kiev sejak awal perang

Sumber perbankan ketiga yang mengkonfirmasi pertemuan tersebut mengatakan, “Mengingat pengetahuannya tentang pasar, dia adalah salah satu orang yang bertanggung jawab untuk mengukur posisi bank di hadapan pemerintahan baru.”

(Laporan oleh Jorgelina do Rosario dan Jorge Otaola; Disunting oleh Adam Jordan dan Alistair Bell)