Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kementerian Luar Negeri China menyambut baik kunjungan Menteri Luar Negeri AS Blinken

BEIJING (Reuters) – China menyambut baik kunjungan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken ke negara itu, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam konferensi pers reguler pada Selasa.

“China menyambut baik kunjungan Menteri Luar Negeri Blinken ke China. China dan Amerika Serikat sekarang sedang berkomunikasi mengenai pengaturan khusus,” kata Wang Wenbin menanggapi pertanyaan tentang laporan media AS bahwa Blinken akan mengunjungi China pada 5 Februari.

“(China) juga berharap Amerika Serikat akan mengadopsi pandangan yang benar tentang China, menjunjung tinggi dialog daripada konfrontasi, dan menang-menang daripada (berpikir) zero-sum,” tambah Wang.

Politico melaporkan Blinken akan bertemu di Beijing dengan mitranya, Menteri Luar Negeri China Qin Gang, pada 5-6 Februari.

Kunjungan Blinken ke China pada bulan Februari akan menjadi yang pertama oleh menteri luar negeri sejak Oktober 2018 ketika, di bawah pemerintahan Trump, Mike Pompeo bertemu dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi di Beijing, dengan kedua pemimpin bertukar komentar jujur ​​​​di tengah eskalasi perang dagang .

Konfirmasi China atas kunjungan tersebut menyusul pertemuan pada November antara AS dan kepala negara China Joe Biden dan Xi Jinping selama KTT G20 di Pulau Bali, Indonesia.

Kedua pemimpin berjanji untuk melakukan kontak lebih sering pada saat perselisihan yang semakin intensif atas Taiwan, hak asasi manusia, invasi Rusia ke Ukraina dan masalah ekonomi.

Kedua pemimpin sepakat bahwa Blinken akan mengunjungi China untuk menindaklanjuti diskusi mereka, menurut Gedung Putih, meskipun tidak ada tanggal pasti yang diberikan pada saat itu.

Bulan lalu, delegasi pejabat senior AS mengadakan pembicaraan dengan Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng di Langfang, kota tetangga Beijing, untuk membahas kunjungan Blinken, menurut Departemen Luar Negeri AS.

READ  Australia menggulingkan Konservatif setelah sembilan tahun, dan Albany mengambil alih sebagai Perdana Menteri

Melaporkan dari Ruang Berita Beijing; Oleh Bernard Orr; Diedit oleh Tom Hogg

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.