Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi tujuh kasus mpox aktif di Indonesia

Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi tujuh kasus mpox aktif di Indonesia

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Kesehatan memastikan tujuh kasus aktif penyakit cacar monyet (mpox) di Indonesia, semuanya terdeteksi di Jakarta.

“Saat ini terdapat tujuh kasus aktif mpox dengan transmisi lokal,” kata Staf Teknis Transformasi Kementerian Kesehatan Dr. Nakabila Salama dalam talkshow online mpox, Senin.

Menurut Salama, ketujuh kasus aktif tersebut berasal dari transmisi lokal, meski salah satu pasiennya memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.

Dia menambahkan, ketujuh pasien tersebut saat ini diisolasi di rumah sakit yang ditunjuk sebagai bagian dari protokol manajemen mpox.

Gejalanya ringan. Saat ini kami masih menunggu kesembuhan (pasien), ujarnya.

Salama mencatat, ketujuh pasien mpox tersebut merupakan laki-laki berusia antara 25-35 tahun yang tertular virus melalui hubungan seksual.

Namun, ia menegaskan, seseorang bisa tertular mpox melalui cara lain selain kontak seksual.

Penularannya juga bisa terjadi melalui droplet, virus yang menempel pada benda sekitar, dan kontak kulit ke kulit, jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah menerapkan prosedur penanganan TBC untuk mencegah dan mengendalikan penyebarannya.

“Kementerian Kesehatan RI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengambil langkah-langkah untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons wabah tersebut,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk menghindari penularan mpox.

Di antaranya memakai masker, mencuci tangan setelah beraktivitas; menghindari kontak kulit ke kulit dan kontak dengan luka; memastikan aktivitas seksual aman, sehat dan bersih; dan tidak melakukan aktivitas seksual saat sakit.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk melapor ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Buskesma) terdekat jika terjadi demam disertai luka berupa benjolan berair atau berisi nanah.

BERITA TERKAIT: Upaya pencegahan penyakit monyet terus berlanjut di Indonesia
BERITA TERKAIT: Kasus penyakit monyet di Jakarta berasal dari penyebaran lokal: Kementerian
Berita terkait: Pengadaan vaksin cacar monyet, tergantung tren infeksi: Bio Pharma

READ  Menteri Inggris untuk Asia Kunjungi Indonesia, Ini Agendanya

Diterjemahkan oleh: Sean Muhammad, Raqa Adji
Redaktur: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023