April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kelompok Kristen membawa perangkat penerjemahan Alkitab ke Indonesia

Kelompok Kristen membawa perangkat penerjemahan Alkitab ke Indonesia
Wycliffe Associates menyediakan sumber daya bagi orang-orang untuk memahami Alkitab dalam bahasa ibu mereka. | Atas perkenan Wycliffe Associates

Sebuah organisasi internasional yang memelopori cara baru untuk mempercepat penerjemahan Alkitab dan memberikan Firman Tuhan kepada lebih banyak orang di seluruh dunia menyediakan alat yang dibutuhkan kelompok Kristen di Indonesia dan Asia Tenggara untuk menerjemahkan Alkitab ke dalam 35 bahasa asli.

Wycliffe Associates bekerja dengan penutur asli dan gereja lokal untuk mendukung pekerjaan penerjemahan Alkitab melalui pelatihan dan teknologi. Kelompok tersebut saat ini berupaya menyediakan alat percepatan penerjemahan Alkitab kepada 35 kelompok Kristen di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Instrumen ini memiliki berbagai fitur termasuk perangkat lunak terjemahan khusus dan konektivitas satelit.

Umat ​​​​Kristen menggunakan alat penerjemahan Alkitab dari Wycliffe Associates.
Umat ​​​​Kristen menggunakan alat penerjemahan Alkitab dari Wycliffe Associates. | Foto milik Wycliffe Associates

Dalam sebuah wawancara dengan The Christian Post, wakil presiden bidang teknologi Wycliffe Associates, Mark Stedman, mengatakan bahwa metode penerjemahan Alkitab yang dilakukan oleh kelompok tersebut menempatkan orang-orang percaya setempat “yang memegang kendali dalam proses tersebut.”

Dapatkan berita terbaru kami secara gratis

Berlangganan untuk menerima email harian/mingguan berisi berita terkini (dan penawaran khusus!) dari The Christian Post. Ketahui dulu.

“Kami membantu mereka melalui proses tersebut, namun mereka melakukan penerjemahan Alkitab sendiri karena mereka adalah penutur asli bahasa tersebut,” kata Stedman.

“Dan yang kami hadirkan adalah pelatihan tentang bagaimana melakukan penerjemahan Alkitab, semua sumber daya yang mereka perlukan – apakah itu teks asli atau semua sumber terjemahan – dan membantu mereka melakukan terjemahan, memeriksa kebenarannya, dengan membantu mereka mencetaknya, dan Letakkan di tangan mereka. Alkitab juga dapat dibagikan kepada mereka yang bersedia memilikinya dan mengalami perjumpaan yang mengubah hidup dengan Kristus,” lanjutnya.

READ  Petugas polisi yang terlibat penyerbuan di stadion Indonesia sedang diselidiki Berita Pengadilan

Sebagaimana dikemukakan Stedman, Indonesia adalah negara mayoritas Muslim, dan cara terbaik bagi Wycliffe Associates untuk menjalankan pelayanannya adalah sebagai organisasi nirlaba yang mendukung proses penerjemahan Alkitab. Wakil Presiden Teknologi mengatakan bahwa sekelompok 25 orang Indonesia yang tergabung dalam Institut Teknik membantu mempromosikan penerjemahan Alkitab di negara ini.

Stedman memperkirakan sekitar 50 hingga 60 penerjemahan sedang dilakukan di Indonesia pada saat wawancara ini dilakukan. Tim penerjemah terdiri dari empat hingga 20 orang penduduk asli Indonesia yang secara sukarela mengerjakan penerjemahan dengan komitmen melakukan pelayanan Kristiani, tambahnya.

“Mereka adalah relawan beragama Kristen yang melakukan pekerjaan ini sebagai bagian dari komunitas gereja mereka, atau mungkin komunitas agama mereka,” kata Stedman.

Wycliffe Associates mencari sukarelawan untuk proyek penerjemahannya dengan menginjili orang-orang tentang apa yang digambarkan Stedman sebagai “injil penerjemahan Alkitab”. Organisasi ini memiliki komite untuk bertemu dengan para pendeta dan pimpinan gereja untuk membahas kemitraan dengan Wycliffe Associates.

“'Anda tidak perlu menunggu lebih lama lagi,'” kata Stedman, menjelaskan apa yang disampaikan organisasi tersebut kepada para pemimpin gereja. “'Jika Anda dapat mengumpulkan sekelompok orang yang bersedia melakukan pekerjaan tersebut, kami dapat membekali mereka, melatih mereka, membantu mereka melakukannya, dan kami akan mendampingi mereka selama satu atau dua tahun sementara mereka melakukan pekerjaan tersebut. … dan kemudian kami akan membantu Anda mencetak Alkitab Anda sehingga Anda dapat memilikinya dalam bahasa Anda. Anda akan menerima Alkitab, dan pada akhirnya Anda akan memiliki Alkitab.

Anggaran tahunan Wycliffe Associates di Indonesia adalah sekitar $400,000 hingga $500,000, katanya kepada CP. Organisasi ini menerima dukungan dari individu Stedman, yang disebut sebagai “Umat Tuhan yang Paling Dermawan di Amerika”, yang percaya pada pekerjaan kelompok tersebut.

READ  Iran akan mendirikan pusat bedah jarak jauh robotik di Indonesia

Selain dukungan finansial, Stedman mendorong umat Kristiani di Amerika untuk mendukung pelayanan melalui doa.

“Doa-doa itu dirasakan dan dihargai, dan kami tahu bahwa setiap keberhasilan yang kami raih adalah karena Tuhan telah memberkati pekerjaan ini, dan doa umat-Nya adalah bagian penting dari hal itu,” kata Stedman.