Mei 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kebakaran Valencia: Sepuluh mayat ditemukan saat pencarian polisi Spanyol menghancurkan apartemen

Kebakaran Valencia: Sepuluh mayat ditemukan saat pencarian polisi Spanyol menghancurkan apartemen
  • Ditulis oleh Paul Kirby di London dan Mark Lewin di Valencia
  • berita BBC

Penjelasan video,

PERHATIKAN: Video awal kebakaran di Valencia menunjukkan luasnya penyebaran api

Petugas pemadam kebakaran dan otoritas forensik di Spanyol mengatakan bahwa 10 mayat ditemukan dari puing-puing kompleks perumahan 14 lantai setelah musnah akibat kebakaran di Valencia.

Pelapis dinding yang menempel pada bagian luar gedung serta angin kencang menjadi penyebab gedung terbakar dalam hitungan menit.

Pihak berwenang mengatakan tidak ada orang lain yang hilang. Mereka juga menolak menjawab pertanyaan mengenai penyebab kebakaran.

Duka cita akan dilaksanakan selama tiga hari.

Sebelumnya disebutkan, di antara korban hilang terdapat pasangan muda dengan dua anak kecil dan dua orang lanjut usia.

“Kami dapat memastikan bahwa dalam pemeriksaan awal, polisi kriminal mengidentifikasi 10 mayat, 10 tewas, dan mereka bertepatan dengan 10 orang yang nasibnya tidak kami ketahui,” kata Pilar Bernabe, perwakilan pemerintah Spanyol di wilayah Valencia, kepada wartawan.

Bernabei tidak menerima pertanyaan tentang alasannya, dengan alasan kerahasiaan penyelidikan.

Namun sudah jelas bahwa api membakar dengan kecepatan yang mengerikan melalui lapisan pelapis poliuretan, yang menempel pada bangunan di bawah lapisan aluminium yang sangat tipis.

College of Industrial Technical Engineers di Valencia mengatakan hal itu menjadi salah satu kemungkinan penyebab kebakaran, bersamaan dengan angin kencang dan suhu tinggi di Valencia pada Kamis malam.

“Alasannya [building] “Bangunan itu terbakar dengan sangat cepat karena jenis pelapis seperti ini,” kata Esther Bouchadis, wakil presiden perguruan tinggi tersebut, yang mengatakan bahwa dia sebelumnya telah memeriksa gedung tersebut.

Meskipun panel berlapis aluminium tidak dianggap mudah terbakar, jenis pelapis ini diizinkan berdasarkan peraturan bangunan pada saat konstruksi, yang selesai pada tahun 2008, namun sejak itu dilarang.

Namun belum ada program untuk menghapus lapisan terlarang tersebut, seperti yang terjadi di Inggris setelah kebakaran Menara Grenfell pada tahun 2017, dan prosesnya terus berlanjut.

Api diyakini terjadi di lantai empat dari dua gedung berlantai 14 yang lebih besar, melahapnya dalam beberapa menit dan kemudian menyebar ke gedung di sebelahnya. Petugas pemadam kebakaran tidak dapat mencapai lebih tinggi dari lantai dua belas.

Hanya cangkang hangus dari dua bangunan yang berdekatan di lingkungan Campinar yang tersisa saat penyelidik menggeledah ke dalam.

Pertama, pada hari Jumat, mereka harus menggunakan drone hingga suhu turun. Kepulan asap masih terlihat mengepul dari pucuk-pucuk bangunan tempat tinggal yang hancur.

Sumber gambar, Reuters/Eva Manez

Komentari foto tersebut,

Petugas pemadam kebakaran tidak dapat memasuki reruntuhan apartemen yang hangus sampai setelah tengah hari pada hari Jumat

Ketika skala tragedi tersebut dipastikan, muncullah cerita tentang kepahlawanan individu ketika api melalap bagian depan bangunan, menyebabkan warga terjebak.

Seorang penjaga, seorang pria bernama Julian, dipuji secara luas karena bergegas dari rumah ke rumah saat api berkobar dalam upaya menyelamatkan orang-orang.

Seorang warga bernama Manuel menceritakan, dirinya sedang berada di dalam rumah di gedung apartemen tersebut saat melihat api membesar.

“Ketika saya melihat api menembus lembaran logam, saya memberi tahu ibu saya dan tetangga di dalam yang tidak mengetahuinya. Kami semua menuruni tangga,” katanya kepada televisi Spanyol.

Dia menambahkan, dalam waktu 10 hingga 15 menit mereka dikelilingi awan hitam.

Di antara 15 orang yang terluka adalah sejumlah petugas pemadam kebakaran, dan pada Jumat malam, dua di antaranya masih berada di rumah sakit, meski nyawa mereka tidak dalam bahaya.

Perdana Menteri Pedro Sanchez mengunjungi lokasi blok pemukiman yang hancur dan berjanji akan memberikan bantuan kepada pemerintah setempat dalam menanggapi tragedi tersebut. “Kami ingin menyampaikan solidaritas, cinta dan simpati kami kepada keluarga korban kebakaran mengerikan ini,” ujarnya.

“Kami di sini untuk melakukan apa pun yang diperlukan,” tambah Menteri Sains Diana Morant.

Kepala pemerintahan daerah Valencia, Carlos Mazzone, mengatakan dia bekerja sama dengan pemerintah kota untuk menyediakan perumahan dan kebutuhan dasar bagi mereka yang rumahnya hancur.

Secara total, kebakaran tersebut menghanguskan 138 apartemen yang menampung 450 orang.

Warga Valencia sedang mengumpulkan makanan, pakaian, dan perlengkapan mandi untuk para pengungsi yang selamat dari kebakaran.

Pertandingan La Liga hari Sabtu di stadion Mestalla Valencia telah ditunda sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban. Klub tersebut mengatakan mereka sangat terpukul oleh kebakaran mengerikan di Avenida Maestro Rodrigo di kota itu.

READ  Kelompok identitas sayap kanan mengusir AfD - Politico