Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kapal perang China berlabuh di pelabuhan Sri Lanka meskipun ada kekhawatiran India

Kapal perang China berlabuh di pelabuhan Sri Lanka meskipun ada kekhawatiran India

Kapal survei militer China Yuan Wang 5 tiba di Pelabuhan Internasional Hambantota di Hambantota, Sri Lanka, 16 Agustus 2022. REUTERS/Stringer

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

KOLOMBO (Reuters) – Sebuah kapal survei militer China berlabuh di pelabuhan Hambantota buatan China di Sri Lanka pada Selasa setelah penundaan beberapa hari karena penentangan untuk mengunjungi India, yang bersaing dengan China untuk mendapatkan pengaruh di daerah-daerah yang terkena dampak krisis. Srilanka.

India telah menentang tambatan Yuan Wang 5, yang oleh para analis digambarkan sebagai kapal pelacak ruang angkasa berteknologi tinggi, karena khawatir China akan menggunakan pelabuhan, di dekat rute pelayaran utama antara Asia dan Eropa, sebagai pangkalan militer.

Sri Lanka, yang membutuhkan dukungan dari India dan China saat bergulat dengan krisis ekonomi terburuknya dalam beberapa dekade, awalnya memberikan kapal itu izin lima hari untuk memasok di Hambantota, efektif 11 Agustus.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dia kemudian meminta China untuk menunda kedatangan kapal, dengan alasan perlunya konsultasi lebih lanjut. Baca lebih banyak

Seorang pejabat pelabuhan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media, mengatakan Yuan Wang 5 sekarang akan berlabuh selama tiga hari hanya untuk menyimpan bahan bakar, makanan dan kebutuhan lainnya.

Seorang menteri pemerintah Sri Lanka mengatakan negara kepulauan itu bekerja untuk memastikan bahwa tidak ada gesekan antara negara-negara sahabat.

“India telah menyampaikan keprihatinan dan Sri Lanka telah meminta penundaan dok kapal sambil menunggu diskusi untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Menteri Penerangan Pandula Gunawardana kepada wartawan.

READ  Rusak, Boris Johnson UK memberikan kemenangan dalam mosi tidak percaya partai

“Bahkan sebelumnya ada kapal-kapal dari Amerika Serikat, India dan negara-negara lain yang datang ke Sri Lanka. Kami membiarkan kapal-kapal ini datang. Dengan cara yang sama kami membiarkan kapal China berlabuh.”

Kepemilikan Pelabuhan Pedagang China (0144.HK) Ini menandatangani sewa 99 tahun pada tahun 2017 untuk mengoperasikan pelabuhan laut dalam Hambantota.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan kapal China tidak mengganggu negara lain.

“Yuan Wang 5 melakukan kegiatan penelitian kelautan … tidak mempengaruhi keamanan negara atau kepentingan ekonomi mana pun, dan pihak ketiga tidak boleh ikut campur dalam hal ini,” katanya di Beijing.

Analis keamanan asing mengatakan Yuan Wang 5 adalah salah satu kapal pelacak ruang angkasa terbaru China, yang digunakan untuk memantau peluncuran satelit, rudal, dan rudal balistik antarbenua.

Pentagon mengatakan kapal Yuanwang dioperasikan oleh Pasukan Dukungan Strategis Tentara Pembebasan Rakyat.

Sebelum kedatangan kapal, India memberi Angkatan Udara Sri Lanka Dornier 228 untuk pengawasan maritim.

Pada upacara serah terima, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menggambarkannya sebagai awal kerja sama dalam pengawasan maritim antara angkatan laut dan udara negaranya dan Angkatan Laut India.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Uditha Jayasinghe di Kolombo); Ditulis oleh Shilpa Jamkhandikar dan Krishna di Das; Diedit oleh Raju Gopalakrishnan dan Clarence Fernandez

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.