Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kanada mengerahkan pasukan ke British Columbia untuk memerangi kebakaran hutan yang menyebar dengan cepat

Kanada mengerahkan pasukan ke British Columbia untuk memerangi kebakaran hutan yang menyebar dengan cepat
  • British Columbia mengumumkan keadaan darurat setelah kebakaran hutan
  • Kebakaran menyebabkan perintah evakuasi untuk lebih dari 35.000 orang
  • AQI untuk beberapa kota di British Columbia pada tingkat ‘berbahaya’

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada hari Minggu bahwa Kanada mengirim militer untuk mengatasi kebakaran hutan yang menyebar cepat di British Columbia, karena provinsi barat berurusan dengan api yang telah mendorong perintah evakuasi untuk lebih dari 35.000 orang.

British Columbia mengumumkan keadaan darurat dan memberlakukan larangan perjalanan yang tidak penting untuk menyediakan akomodasi bagi pengungsi dan petugas pemadam kebakaran, mendesak operator drone dan lainnya yang mengambil foto api untuk menjauh dari petugas penyelamat.

Di beberapa kota di British Columbia, Indeks Kualitas Udara (AQI), yang mengukur polutan utama termasuk partikel dari kebakaran, berada di atas 350, level “berbahaya”, menurut Platform Informasi Kualitas Udara Real-Time.

Pada tengah malam (0400 GMT), Salmon Arm memiliki indeks kualitas udara terburuk di negara ini, dengan AQI 470. Di antara kota-kota lain, Kelowna College dan Sicamous keduanya memiliki AQI 423.

Kepala Pemadam Kelowna Barat Jason Prolund mengatakan dia melihat harapan setelah berjuang melawan kebakaran “epik” selama empat hari terakhir. Kondisi membaik, katanya, membantu petugas pemadam kebakaran menempatkan “sepatu bot di tanah” dan menyiram air ke api yang mengancam kota berpenduduk 150.000 itu.

“Kami akhirnya merasa seperti bergerak maju, bukan mundur, yang merupakan perasaan yang luar biasa,” kata Prolund kepada Canadian Broadcasting Corporation.

Trudeau mengatakan dalam tweet bahwa pemerintah federal akan memberikan dukungan dari militer Kanada untuk “membantu evakuasi, persiapan” dan tugas logistik lainnya sebagai tanggapan atas permintaan dari pemerintah British Columbia.

READ  Pantau propaganda terbesar Putin saat melarikan diri dari Rusia ke Georgia

Kebakaran hutan tidak jarang terjadi di Kanada, tetapi penyebaran kebakaran dan kerusuhan menyoroti tingkat keparahan musim kebakaran terburuk, yang oleh beberapa ahli disalahkan atas perubahan iklim.

Grafik Reuters

Kebakaran lain, yang diperburuk oleh kekeringan parah, dilaporkan terjadi di dekat perbatasan AS dan di Barat Laut Pasifik AS.

Di seberang perbatasan di negara bagian Washington, petugas pemadam kebakaran memerangi dua kebakaran besar, Grey Fire dan Oregon Road Fire, yang secara kolektif telah menghitamkan lebih dari 20.000 hektar hutan dan menghancurkan lebih dari 100 bangunan.

Di Kanada, pejabat pemerintah mendesak penduduk di daerah dengan perintah evakuasi untuk segera pergi menyelamatkan nyawa mereka dan mencegah petugas pemadam kebakaran mati saat mencoba menyelamatkan mereka.

Para pejabat tidak memberikan perkiraan jumlah bangunan yang hancur. Video dan foto di media sosial menunjukkan bangunan dan kendaraan yang hancur, dan api besar melahap pepohonan.

Trans Mountain Pipeline milik pemerintah Kanada dan proyek perluasannya, yang mengarah ke Pantai Pasifik melalui pedalaman British Columbia, belum terpengaruh oleh kebakaran, kata juru bicara perusahaan, Minggu.

Perpanjangan Pipa Coquihala, barat daya Kamloops, adalah yang paling dekat dengan api.

“Pipa bawah tanah biasanya terkubur beberapa kaki di bawah permukaan dan dilindungi oleh tanah dari api dan pergerakan konstan cairan yang melewati pipa,” tambah juru bicara itu.

Kebakaran menguras sumber daya lokal dan menarik bantuan federal serta dukungan dari 13 negara. Setidaknya empat petugas pemadam kebakaran tewas.

READ  AN-225: Konfirmasi rencana untuk membangun kembali pesawat terbesar di dunia

Sekitar 140.000 kilometer persegi (54.054 mil persegi) tanah, kira-kira seukuran negara bagian New York, terbakar di seluruh negeri, dengan asap menyebar hingga pantai timur Amerika Serikat. Pejabat pemerintah berharap bahwa musim kebakaran dapat berlanjut hingga musim gugur karena kondisi seperti kekeringan yang meluas.

Sejak 2009, Kanada menghabiskan lebih banyak uang untuk memerangi dan memadamkan kebakaran hutan daripada mempertahankan personel pemadam kebakaran dan programnya.

Langit terbakar

Sekitar 2.000 km ke utara, kebakaran hutan yang terjadi di luar kendali di Yellowknife, ibu kota Wilayah Barat Laut, menyebabkan 20.000 penduduknya dievakuasi minggu lalu.

Para pejabat mengatakan api diperkirakan tidak akan mencapai batas kota pada akhir akhir pekan, karena beberapa hujan dan suhu yang lebih dingin telah membantu memperlambat perkembangannya.

Ini merupakan perjalanan yang sulit, kata Krista Phleger, yang meninggalkan kota dengan dua anjingnya.

“Saya takut terjebak dalam api yang mendekati jalan,” katanya.

Bagi Fleger, perhatian utama adalah apakah rumahnya yang baru berumur dua tahun akan bertahan.

Di British Columbia, Jalan Raya TransCanada ditutup di dekat Chase, sekitar 400 kilometer (250 mil) timur laut Vancouver. Jalan raya tersebut adalah jalan utama timur-barat yang digunakan oleh ribuan pengendara dan supir truk menuju Vancouver, pelabuhan tersibuk di negara tersebut.

Kip Lumquist, yang bekerja di toko suvenir di Craigellachie, tempat wisata jalan raya, mengatakan dia melihat banyak kerusakan selama seminggu terakhir.

“Itu gila. Kami tidak bisa melihat bukit, gunung, pohon, apa pun, mungkin selama dua setengah hari,” kata Lumquist. “Saya mengendarai mobil putih, dan ketika saya keluar untuk masuk ke mobil saya… itu hanya hitam… Ini menghancurkan masyarakat.”

(Laporan oleh Nia Williams) Laporan tambahan oleh Dan Whitcomb di Los Angeles dan Nilotpal Timsina di Bengaluru.

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Akuisisi hak lisensimembuka tab baru