Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kabar baik: Indonesia menyambut baik kelahiran salah satu badak paling langka di dunia

Kabar baik: Indonesia menyambut baik kelahiran salah satu badak paling langka di dunia

Badak sedang menghadapi masa sulit, mulai dari rencana ambisius untuk memperkenalkan mereka kembali ke seluruh Afrika hingga teknologi mutakhir yang membawa kembali spesies DNA purba. Anak badak juga bermunculan di Inggris, dan kini badak sumatera ikut bergabung dengan lahirnya anak badak baru.

Seekor anak sapi baru lahir dari induk Radu yang berpengalaman pada tanggal 30 September di Suaka Badak Sumatera, Taman Nasional Way Kompas (SRS TNWK) di Indonesia. Rathu, seekor badak sumatera betina berusia 23 tahun, sebelumnya telah melahirkan dua ekor anak badak sumatera. Pada tahun 2012 dan 2016.

“Kabar ini tentunya menjadi kabar gembira bukan hanya bagi masyarakat Indonesia namun juga dunia. Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kelahiran badak sumatera ini. Kami berharap mendapat kabar gembira dari kelahiran badak sumatera dan lainnya. satwa yang dilindungi di masa depan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sidi Nurbaya Bakar. jumpa pers.

Kelahiran anak badak betina ini menandai keberhasilan kelahiran keempat di SRS TNWK dan menambah jumlah badak yang hidup di suaka tersebut menjadi sembilan.

“Tujuan utamanya adalah mengembangbiakkan anak badak sumatera untuk menjaga kelangsungan hidup badak sumatera yang saat ini terancam punah. Kedepannya, program penangkaran di SRS TNWK dapat menghasilkan pelepasliaran anak badak sumatera kembali ke habitat aslinya,” kata Satyawan Budhyatmoko. , Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (KSDAE) KLHK.

Badak sumatera sangat terancam punah dan kini hanya hidup dalam populasi kecil yang tersebar di hutan-hutan di kepulauan Indonesia, yang sebelumnya wilayah jelajahnya meluas hingga ke Tiongkok bagian selatan, Thailand, dan Kamboja. Seperti yang tertera di dalamnya Daftar Merah IUCN Hanya ada sekitar 30 individu dewasa di alam liar, dan populasinya di alam liar telah menurun sebesar 80 persen dalam 30 tahun terakhir. Ancaman utama di seluruh Pulau Sumatera adalah masalah yang berkaitan dengan populasi kecil, gangguan manusia, dan perburuan liar.

READ  Indonesia, Amerika Serikat berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama melalui IPEF

“Bayi badak ini akan menjadi duta yang luar biasa bagi keberhasilan program konservasi konservasi pemerintah Indonesia dan sangat penting bagi masa depan spesies ini. Kelahiran ini merupakan kabar baik bagi kita semua!” Yayasan Badak Internasional (IRF) Managing Director Nina Fasion berada di Indonesia untuk merayakan ulang tahunnya.