Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Jika penglihatan Anda baik-baik saja hari ini, mungkin retina Anda belum terbakar.

Jika penglihatan Anda baik-baik saja hari ini, mungkin retina Anda belum terbakar.

Apakah Anda khawatir mata Anda terluka saat menyaksikan gerhana?

Jika terasa sedikit perih atau kering, bukan berarti telah terjadi sesuatu yang buruk. Wajar jika mata Anda lelah karena menatap sesuatu yang jauh dalam waktu lama. Jika Anda rajin memakai kacamata gerhana atau melihat gerhana melalui lubang jarum, jangan khawatir, kata para ahli.

“Jika Anda menatap matahari selama sepersekian detik, Anda tidak akan merusak mata Anda,” kata Dr. Jason Commander, direktur Layanan Gangguan Retina Genetik di Mass Eye & Air, dalam sebuah artikel. Entri blog Di situs web rumah sakit. “Anda mungkin melihat bayangannya dan itu bisa hilang.”

Namun jika Anda mengintip berulang kali, retina Anda mungkin rusak. “Anehnya, tidak ada salahnya membakar retina,” kata Komandan.

Jika Anda merusak mata, Anda tidak akan merasakan sakit, namun Anda akan merasakan masalah penglihatan dalam waktu empat hingga enam jam, atau terkadang setelah 12 jam. Jadi, jika Anda membaca ini sekarang dan penglihatan Anda normal, Anda mungkin tidak terluka.

Menurut Akademi Oftalmologi AmerikaGejala utama kerusakan retina adalah:

  • Penglihatan kabur
  • sakit kepala
  • Titik buta pada penglihatan sentral di salah satu atau kedua mata
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Penglihatan terganggu, garis lurus tampak melengkung, atau kusen pintu tampak bengkok
  • Perubahan cara Anda melihat warna.

Retina adalah lapisan sel di bagian belakang mata. Ia merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memungkinkan penglihatan. Sinar matahari yang masuk melalui lensa mata Anda dapat merusak retina Anda dengan cara yang sama seperti matahari dapat menyalakan api kecil ketika difokuskan melalui kaca pembesar, menurut Akademi Oftalmologi Amerika.

Setelah gerhana tahun 2017, dua orang Dia menderita kerusakan mata Yang tampak seperti luka bakar berbentuk bulan sabit di retina mereka, seperti bayangan cermin gerhana. Seorang wanita New York berusia dua puluhan mengalami penglihatan kabur dan kabur serta melihat titik hitam di tengah penglihatannya di mata kirinya. Saya telah melihat gerhana sebagian tanpa kacamata.

READ  Apakah fisika monyet super-pikiran alam semesta?

Pasien lainnya, seorang pria berusia 34 tahun dari California, hanya mengalami satu mata yang terkena dampaknya, mungkin karena dia melirik ke teleskop atau kamera tanpa filter. Dia memiliki titik buta yang akhirnya teratasi.

Tidak ada obat untuk retina yang rusak akibat sinar matahari. Beberapa orang akan mengalami kehilangan penglihatan permanen – titik buta atau distorsi – sementara yang lain pulih setelah tiga hingga enam bulan.


Felice J. Freyer dapat dihubungi di [email protected]. ikuti dia @felicejfreyer.