Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Jerman: Orang-orang Iran ditahan dalam dugaan rencana peracunan setelah informasi dari AS

BERLIN (AFP) – Dua pria Iran telah ditangkap di Jerman menyusul informasi dari pejabat keamanan AS bahwa setidaknya satu dari mereka mungkin merencanakan serangan kimia mematikan, kata para pejabat, Minggu.

Polisi dan kejaksaan mengatakan, dua bersaudara, berusia 32 dan 25 tahun, ditangkap semalam di kota Castrop-Rauxel, barat laut Dortmund.

Pihak berwenang mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa orang-orang itu diduga merencanakan serangan serius yang dimotivasi oleh ekstremisme Islam, di mana mereka diduga mencari racun kuat sianida dan risin.

Spesialis dalam pakaian anti-kontaminasi terlihat membawa bukti dari rumah lelaki tua itu. Kejaksaan Dusseldorf kemudian mengatakan bahwa pemeriksaan awal bangunan tersebut tidak menunjukkan adanya bahan beracun.

Tidak segera jelas seberapa maju rencana serangan itu dan apakah para tersangka telah memilih target tertentu, tetapi jaksa penuntut mengatakan mereka akan meminta pengadilan untuk menahan orang-orang yang dipenjara itu sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Jika dinyatakan bersalah karena bersama-sama mendalangi serangan mematikan, orang-orang tersebut – yang diidentifikasi oleh jaksa hanya sebagai MJ dan JJ karena aturan privasi Jerman – dapat menghadapi hukuman antara tiga dan 15 tahun penjara.

Kantor berita Jerman (dpa) mengutip Herbert Roel, seorang pejabat keamanan senior di negara bagian Rhine-Westphalia Utara, mengatakan bahwa pihak berwenang telah menerima “informasi serius yang mendorong polisi untuk turun tangan pada malam yang sama.” Jaksa Dusseldorf mengatakan informasi itu berasal dari pihak berwenang di Amerika Serikat, tetapi menolak menjelaskan lebih lanjut.

Pejabat tinggi keamanan Jerman berterima kasih kepada polisi dan spesialis dari badan pengendalian penyakit negara yang ikut serta dalam penggerebekan itu.

“Layanan keamanan kami menganggap serius informasi tentang ancaman teroris Islam dan bertindak,” kata Menteri Dalam Negeri Nancy Farr dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa 21 serangan Islam telah dicegah di Jerman sejak awal abad ini.

READ  Staf konsulat China di Manchester menyerang seorang pengunjuk rasa pro-Hong Kong

Memperhatikan pentingnya kerja sama internasional dalam memerangi ancaman ekstremis, Visser mengatakan penyelidikan lebih lanjut oleh jaksa Düsseldorf akan menunjukkan apakah kecurigaan yang mengarah pada operasi polisi dapat dibenarkan.

Lima tahun lalu, polisi Jerman menangkap seorang pria Tunisia dan istrinya karena dicurigai merencanakan serangan risin atas nama Negara Islam. Mereka kemudian dinyatakan bersalah Dia dijatuhi hukuman masing-masing 10 dan 8 tahun penjara.

Bahkan risin dalam jumlah kecil, yang dihasilkan dari biji tanaman minyak jarak, dapat membunuh orang dewasa jika tertelan, disuntikkan, atau dihirup.