Juli 5, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Jepang menangguhkan bantuan untuk pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia dan Bangladesh

TOKYO (Kyoto) – Pemerintah Jepang pada Rabu mengatakan akan menangguhkan pinjaman yen untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara di Indonesia dan Bangladesh.

Perubahan kebijakan terkait pembangunan PLTU Indramayu di Indonesia dan PLTU Matherbari di Bangladesh ini muncul sebagai tanggapan atas kritik internasional terhadap energi batubara, sumber utama emisi gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

Pada tahun 2021, sekelompok tujuh negara sepakat untuk menangguhkan bentuk bantuan baru untuk pembangkit listrik tenaga batu bara yang gagal mengambil tindakan untuk mengendalikan emisi pada akhir tahun.

Tetapi pabrik-pabrik Jepang dikecualikan karena “kasus yang sedang berlangsung”, mendorong kelompok-kelompok lingkungan untuk menuduh mereka melanggar janji G-7.

G-7 mencakup Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat serta Uni Eropa.

Indonesia dan Bangladesh sedang melakukan studi untuk proyek-proyek dengan dukungan Jepang, tetapi dalam kedua kasus pembangunan tersebut tidak berjalan.

“Kami telah memutuskan untuk tidak melanjutkan kasus ini lebih lanjut, dengan tunduk pada pinjaman yen,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hikariko Ono pada konferensi pers.

Dia menambahkan bahwa pemerintah akan terus membantu negara-negara berkembang dalam mencari masyarakat berkarbonasi.

READ  Indonesia Energy Corp Ltd (INDO) turun 3,00%