Mei 29, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Israel setuju untuk pertukaran tahanan dan sandera dan menunggu tanggapan Hamas, kata analis CNN

Israel setuju untuk pertukaran tahanan dan sandera dan menunggu tanggapan Hamas, kata analis CNN

Carlos Garcia Rollins – Reuters

Para pengunjuk rasa menyerukan pembebasan sandera Israel yang ditahan oleh Hamas selama protes di Tel Aviv pada 17 Maret 2024.



CNN

Israel telah menyetujui proposal AS untuk pertukaran tahanan dan sandera yang akan membebaskan sekitar 700 tahanan Palestina, termasuk 100 orang yang menjalani hukuman seumur hidup karena membunuh warga Israel, sebagai imbalan atas pembebasan 40 sandera Israel, afiliasi CNN, Kan News melaporkan pada Minggu, mengutip Israel jaringan televisi. Seorang pejabat senior Israel.

Sebelumnya pada akhir pekan, analis CNN Barak Ravid, mengutip seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, mengatakan: kicauan Israel menyetujui “proposal penghubung” Amerika mengenai jumlah tahanan Palestina yang akan dibebaskan untuk setiap sandera yang ditahan oleh Hamas.

Israel menyetujui proposal yang diajukan oleh Direktur CIA Bill Burns, menurut Rapid. Burns berada di Doha, Qatar, tempat Hamas dan Israel mengadakan pembicaraan melalui mediator.

Rapid mengatakan delegasi kini menunggu tanggapan Hamas.

Sebuah sumber diplomatik yang mengetahui masalah tersebut mengkonfirmasi kepada CNN keakuratan informasi Ravid, namun mengatakan masih ada masalah yang belum terselesaikan, termasuk masuknya bantuan dan “reposisi militer Israel” di Gaza.

CNN menghubungi pejabat Israel dan Hamas tentang status pembicaraan tersebut.

Proposal terbaru yang diajukan Hamas bulan ini menyerukan pembebasan antara 700 dan 1.000 tahanan Palestina. Israel pada saat itu Jelaskan tuntutannya Sebagai “konyol” dan “konyol”.

Kan News melaporkan bahwa, menurut pejabat tersebut, Israel siap membuat “konsesi besar untuk mengembalikan orang-orang yang diculik ke tanah air mereka.”

Diharapkan kesepakatan tersebut, jika terjadi, akan melalui beberapa tahapan. Pada tahap pertama, Hamas mengusulkan pembebasan sandera perempuan – termasuk tentara Israel – yang berusia lanjut, yang sakit, dan yang terluka. Jumlah ini diyakini sekitar 40 dari sekitar 100 sandera yang masih hidup.

READ  Putin mendukung evakuasi Kherson di wilayah Ukraina | berita perang antara rusia dan ukraina

Direktur Mossad David Barnea, bersama dengan delegasi keamanan tingkat tinggi Israel, mengunjungi Doha dua kali minggu ini untuk melakukan pembicaraan.

Cerita ini telah diperbarui dengan perkembangan tambahan.

Abel Alvarado dari CNN berkontribusi pada laporan ini.