Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Iran akan mendirikan pusat bedah jarak jauh robotik di Indonesia

Iran akan mendirikan pusat bedah jarak jauh robotik di Indonesia

TEHERAN – Wakil Presiden Iran untuk Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Ekonomi Berbasis Pengetahuan Ruhollah Dehghani-Firoozabadi dan Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadiqin menandatangani nota kesepahaman. Rumah Sakit di Makassar, Indonesia.

Topik utama perjanjian tersebut antara lain pendirian pusat layanan pelatihan bedah jarak jauh robotik di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudiro Husodo dan penguatan kapasitas dokter bedah dan dokter residen melalui pelatihan keterampilan bedah tingkat lanjut berdasarkan metode ilmiah terkini.

Selain itu, menciptakan platform interdisipliner antara dokter, peneliti dan insinyur, menciptakan lingkungan yang dinamis untuk mempromosikan ide-ide baru di bidang pendidikan kedokteran dan mendorong proyek penelitian baru di bidang kedokteran dan bedah adalah poros kolaborasi lainnya. dilaporkan.

Teheran, Jakarta untuk meningkatkan hubungan teknis

Pada bulan Mei, Iran dan Indonesia menandatangani perjanjian untuk memperluas kerja sama di berbagai bidang teknologi.

Perjanjian tersebut ditandatangani saat Presiden Iran Ibrahim Raisi berkunjung ke Jakarta.

Dalam konteks ini, delegasi 13 perusahaan berkunjung ke Indonesia untuk memperkenalkan kemampuan negara di bidang kesehatan dan pengobatan.

Selama kunjungan tiga hari tersebut, perusahaan mengadakan pertemuan dan berpartisipasi dalam pameran khusus.

Sementara itu, Jakarta dan Teheran telah menyelesaikan tahap akhir perundingan perjanjian perdagangan bilateral, kata Kementerian Perdagangan Indonesia.

Perdagangan antara Indonesia dan Iran mencapai $54,1 juta dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Tahun lalu, perdagangan bilateral meningkat 23 persen menjadi $257,2 juta.

Iran memodernisasi layanan kesehatan di Indonesia

Dalam pertemuan antara kedua pemimpin di Bogor, Iran berjanji membantu Indonesia memodernisasi layanan kesehatannya dengan robot bedah, lapor Jakarta Globe.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengadakan pertemuan dengan timpalannya dari Iran Ibrahim Raisi di Istana Pokor untuk membahas hubungan bilateral. Dan kolaborasi layanan kesehatan — khususnya bedah telerobotik — menjadi topik diskusi.

READ  Klien pelaut Alex Tinsley dibebaskan dari Indonesia - salah satu contohnya

“Di Health Collaborative, kami telah memiliki proyek percontohan bedah telerobotik dan telemedis. Kita punya kerja sama peralatan telemedis di 11 puskesmas,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama usai pembicaraan bilateral.

“Saya juga berbicara tentang transfer teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia [SOEs]. Kita juga bisa bekerja sama di bidang bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan hidup, kata Jokowi.

Kedua negara menandatangani perjanjian pada tahun 2021 untuk mengekspor robot bedah Tiongkok buatan Iran. Menurut Tehran Times, Iran telah setuju untuk mendirikan dua pusat teleskop canggih di Bandung dan Yogyakarta.

Kunjungan Raisi menandai penandatanganan MoU peraturan terkait produk farmasi, kosmetika, dan obat tradisional. Kedua negara menandatangani perjanjian perdagangan preferensial yang akan memperluas akses pasar ekspor produk farmasi dan makanan olahan Indonesia.

Banyak negara mencari keahlian Iran

Menteri Kesehatan Bahram Inollahi mengatakan banyak negara di kawasan ini meminta bantuan Iran untuk mengatasi masalah kesehatan.

Menekankan bahwa semua penyakit kini dapat diobati di negara ini, menteri tersebut menambahkan: “Dengan bantuan para ilmuwan, kami dapat melatih sumber daya manusia yang terampil,” lapor ISNA.

“Melalui upaya yang dilakukan dalam 44 tahun sejak kemenangan Revolusi Islam, kita memiliki sistem kesehatan terkuat di kawasan saat ini, dengan indikator kesehatan di Republik Islam jauh di depan negara-negara lain. wilayah.”

Semua indikator kesehatan dan pengobatan telah meningkat secara signifikan sejak Revolusi Islam, dan kini Iran menjadi salah satu negara terkemuka di bidang ini, kata Wakil Menteri Kesehatan Saeed Karimi.

ISNA memberitakan, Karimi mengatakan kesehatan merupakan salah satu bidang yang mengalami kemajuan baik sejak Revolusi Islam.

MD/MG

READ  Sebuah gunung berapi meletus di pulau Gunung Ibu di Indonesia bagian timur, mengirimkan menara abu ke langit