Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ingat piringan Observatorium Arecibo dua tahun setelah runtuh

Ingat piringan Observatorium Arecibo dua tahun setelah runtuh

Foto udara dari piringan radio yang hancur.

Hidangan yang hancur pada hari ia runtuh.
gambar: Ricardo Arduingo/AFP (Gambar Getty)

Itu Terjadi Kurang dari 10 Detik, 2 Tahun Lalu Hari Ini: Observatorium Arecibo 1.000 Kaki piringan radio roboh, Penghapusan salah satu sumber pengamatan radio paling terkenal di dunia.

Selama 57 tahun beroperasi di Puerto Rico utara, dia Temukan teleskop radio Planet ekstrasurya baru, membuat peta radar dunia lain di tata surya kita, mengamati semburan radio cepat, dan mendukung pencarian kehidupan cerdas di luar Bumi.

Baru-baru ini, data Arecibo NASA telah digunakan Misi DART yang berani (dan berhasil!), yang melihat pesawat ruang angkasa kecil bertabrakan dengan asteroid, mengubah lintasannya. Datanya juga mendukung misi OSIRIS-REx, di mana sebuah pesawat ruang angkasa mengambil sampel batuan dari asteroid yang jauh.

Dalam minggu-minggu menjelang keruntuhan pada 1 Desember 2020, kabel yang dipasang ke platform observatorium seberat 900 ton di atas piringan telah putus. dramatis Video menunjukkan momen kegagalan kritis. Suara itu menangkap teriakan dan erangan dari bangunan besar itu saat merobek udara dan jatuh, menabrak pelat setinggi 450 kaki.

Penghancuran situs itu bukanlah kejutan yang lengkap. dua minggu sebelum perpisahan, Dua kabel pendukung terlepas di piring, merusak itu. Masih ada harapan bahwa Hulk akan stabil, tapi ternyata begitu mengumumkan yayasan sains bangsa Piring itu akan dihancurkan. Tapi sebelum itu bisa terjadi, struktur itu runtuh dengan sendirinya.

“Saya masih sangat sedih dengan hilangnya Arecibo. Itu adalah fasilitas penelitian hebat yang melakukan pulsar – dan banyak hal lainnya – dan pada dasarnya tidak mungkin tergantikan oleh peneliti Amerika,” kata Scott Ransom, seorang astronom di National Radio Astronomy Observatory. email ke Gizmodo.Pekerjaan Ransom melibatkan pengaturan waktu kilasan pulsar, atau sisa-sisa bintang yang berotasi dengan cepat, untuk memahami fenomena skala besar seperti riak gelombang gravitasi. pencarian ini Termasuk data gelombang radio yang dikumpulkan oleh Arecibo.

Ransom menambahkan bahwa keruntuhan tersebut merupakan “kerugian yang bahkan lebih besar bagi pulau Puerto Rico.” “Fasilitas kelas dunia yang terletak tepat di halaman belakang mereka yang telah menginspirasi begitu banyak orang Puerto Rico sehingga mereka juga dapat melakukan penelitian ilmiah di garis depan.”

Namun pada bulan Oktober, jalur baru dipetakan untuk fasilitas Arecibo. National Science Foundation mengatakan bahwa situs teleskop yang hancur akan terjadi Menjadi pusat pembelajarandijadwalkan dibuka pada tahun 2023. NSF sedang mengumpulkan proposal untuk pusat pendidikan tetapi belum mengumumkan rencana untuk menempatkan infrastruktur sains yang lebih aktif di lokasi tersebut.

Hidangan teleskop pada November 2021.

Hidangan teleskop pada bulan September 2021.
gambar: Thorton Tomasetti

“Di satu sisi, tentu saja saya percaya bahwa memiliki kesempatan pendidikan STEM tambahan hanya akan menjadi perkembangan yang positif, jadi saya mendukung inisiatif seperti ini,” kata Dom Pesci, astrofisikawan dari Harvard Black Hole Initiative. Email ke Gizmodo. “Di sisi lain, fasilitas yang diusulkan bagi saya tampak sebagai pengganti yang lemah untuk apa yang hilang di Arecibo, dan tidak banyak mengisi celah ilmiah yang ditinggalkan oleh hilangnya piringan besar itu.”

“Teleskop Arecibo telah menjadi ikon budaya dan inspirasi bagi banyak ilmuwan muda,” tambah Pesci. “Tanpa investasi dalam infrastruktur ilmiah baru untuk menggantikannya—yang tampaknya dikecualikan secara eksplisit oleh aplikasi NSF—maka saya hanya dapat membayangkan bahwa fasilitas pendidikan baru pasti akan menderita dari perbedaan nyata antara dapat mengatakan, ‘Datang ke sini dan lihat semua sains luar biasa yang kami lakukan’.” ! vs. “Datang ke sini dan lihat semua sains keren yang biasa kita lakukan!”

Aplikasi NSF (yang bisa dibaca disini) mengharapkan pendanaan $5 juta, dan proposal akan diterima hingga Februari 2023. Dokumen tersebut tidak menunjukkan adanya dukungan pendanaan untuk operasi sains Arecibo lainnya, yaitu fasilitas lidar dan teleskop radio 36 kaki yang masih sangat utuh. Tetapi komunitas astronomi radio telah merampas permata mahkotanya.

“Situs ini masih cocok untuk ilmu pengetahuan, jadi saya berharap suatu saat nanti akan digunakan untuk itu lagi,” tambah Ransom. Salah satu kemungkinannya adalah akan ada banyak hidangan ngVLAdengan asumsi bahwa itu akan dibangun.

Apa yang akan terjadi pada Arecibo – bahkan seperti apa pusat pendidikan yang diusulkan ini – masih belum jelas. Astronomi radio lebih buruk untuk akhir yang malang dari piringan itu, meskipun data puluhan tahun yang dikumpulkan di sana akan bertahan sebagai sumber ilmu pengetahuan selama bertahun-tahun. datang.

Selengkapnya: Kemenangan Terbesar Observatorium Arecibo

READ  Para astronom berpikir mereka tahu alasan poros Uranus Kooky Off-Kilter: ScienceAlert