Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia sedang mengupayakan hidrogen ramah lingkungan karena permintaan global diperkirakan akan meningkat

Tempo.co, JakartaPemerintah saat ini sedang mengembangkan lima proyek hidrogen, menurut Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. “Kami memanfaatkan sumber daya energi terbarukan dan potensi penyimpanan karbon yang signifikan di negara ini untuk menghasilkan hidrogen hijau dan biru,” kata wakil kementerian Jodi Mahardi pada Rabu, 19 Juni 2024.

Proyek hidrogen bersih meliputi Klaster Hidrogen Hijau Batam Bintan dan Klaster Hidrogen Bersih Sumatra. Kedua proyek tersebut akan memiliki kapasitas 25-100 kiloton per tahun dan akan beroperasi pada kuartal pertama tahun 2027.

Di Silicon, pemerintah sedang membangun cluster hidrogen bersih yang diharapkan mulai beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2027, namun kapasitasnya masih belum diketahui. Klaster Amoniak Hijau Sulawesi Utara diperkirakan akan mencapai kapasitas 500 kiloton per tahun dan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun 2030. Terakhir, dibangun Proyek Amoniak Biru Sumatera-Jawa dengan kapasitas 730 kiloton per tahun.

Pada kesempatan yang sama, pasangan ini menjelaskan bahwa Indonesia memiliki energi panas bumi terbesar kedua di dunia dan kapasitas pembangkit listrik tenaga surya lebih dari 200 GW. Sektor hidrogen menawarkan peluang baru bagi Indonesia untuk menggunakan sumber daya energinya yang melimpah untuk mendorong pertumbuhan makroekonomi.

Menurutnya, permintaan hidrogen global diperkirakan akan meningkat empat kali lipat antara tahun 2020 dan 2050 seiring upaya berbagai negara untuk mencapai target emisi nol bersih. Pada tahun 2023, 1.418 proyek hidrogen ramah lingkungan diumumkan di seluruh dunia, dengan nilai investasi sebesar US$570 miliar.

IKHSAN RELIUBUN

Seleksi Guru: PHK massal Tokopedia terjadi karena ketergantungannya pada investor, kata pengamat

klik disini melakukan mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News