April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia sambut booming pariwisata dengan perjalanan bebas visa ke 43 negara – Inforeal

Indonesia sambut booming pariwisata dengan perjalanan bebas visa ke 43 negara – Inforeal

Inforeal (The Jakarta Post)

Jakarta ●
Senin, 31 Oktober 2022

2022-10-31
12:23
0
8bbe8b56fac1a92f2de4c67cfb55e89b
4
Inforeal

Gratis

Setelah pandemi Covid-19 mereda, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (MHLHR) berupaya memperluas penerapan visa on arrival (VoA), visa on entry atau visa turis kepada wisatawan dari 43 negara, demikian surat dari direktur. umum. Nomor Imigrasi IMI-0549.GR.01.01 dikeluarkan pada tanggal 5 April.

Peraturan baru ini mulai berlaku pada 6 April. “Dengan kebijakan baru ini, orang asing dari sembilan negara ASEAN dapat masuk ke Indonesia dalam perjalanan bebas visa,” kata Amran Aris, Direktur Kementerian Imigrasi, Hukum, dan Hak Asasi Manusia, pada 5 April.

Setelah pengumuman tersebut, anggota ASEAN menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada 25 Juli untuk menerapkan bebas visa masuk di semua negara ASEAN. Kesepakatan tersebut diharapkan dapat menghidupkan kembali pariwisata di seluruh negara ASEAN setelah menerapkan kebijakan perjalanan bebas visa. Hanya di enam negara.

“Hingga saat ini, pelancong dari negara-negara ASEAN dibebaskan dari visa, tetapi hanya untuk diplomat dan beberapa pejabat pemerintah. Dengan kerangka ini, semua negara ASEAN telah sepakat untuk mengizinkan perjalanan bebas visa bagi penduduknya ke negara ASEAN lainnya,” kata Direktur Jenderal ASEAN, Triansyah Jani, pada pembukaan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) ke-39. Pusat Konvensi Kuala Lumpur (KLCC).

Kunjungan bebas visa untuk delegasi dan jurnalis KTT G20. (Foto: ANTARA/.)

Beberapa strategi telah disiapkan untuk membuka kembali pariwisata di ASEAN dengan aman setelah pandemi Covid-19, dengan tetap mempertahankan kerangka kerja yang ada, termasuk Rencana Strategis Pariwisata ASEAN 2016-2025. Hal ini akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk memimpin dalam mempromosikan perdagangan intra-ASEAN, yang saat ini sedang meningkat.

READ  Aplikasi pulsa dan VPN adalah yang paling banyak diunduh di Indonesia, menurut penelitian

“Isu pemulihan pascapandemi kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023 akan menjadi ujian. Integrasi pilar ASEAN harus diintensifkan untuk membangun warisan kepemimpinan dan manfaat bagi Indonesia, ASEAN dan dunia,” jelas direktur informasi. , Direktorat Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Informasi dan Humas, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bambang Gunawan, Webinar Seri #3 ASEAN Talk, ASEAN Bebas Visa dan Pemulihan Pariwisata Cepat, Bali, 22 Juli.

Industri pariwisata Indonesia yang pernah menjadi tujuan utama para pelancong asing, mengalami penurunan selama pandemi COVID-19. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, terjadi penurunan kunjungan wisatawan yang signifikan baik dari wisatawan mancanegara maupun domestik. Untuk keseluruhan tahun 2020, Indonesia hanya menerima 4,02 juta pengunjung, turun 75,03 persen dari tahun sebelumnya.

Namun, pemerintah telah mengambil langkah ke arah yang benar dengan menerapkan kebijakan untuk mempromosikan pariwisata secara efektif. Perjalanan ke Indonesia dan Bali khususnya diharapkan menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan.

“Industri pariwisata menunjukkan tanda-tanda pemulihan dan peningkatan seiring pemerintah menerapkan perjalanan bebas visa, terutama di kawasan ASEAN. Mei ini, kita melihat perubahan positif dalam situasi ekonomi Indonesia,” tambah Bambang.

Masa berlaku paspor Indonesia diperpanjang hingga sepuluh tahun. Masa berlaku paspor Indonesia diperpanjang hingga sepuluh tahun. (Foto: ANTARA/.)