Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia Negosiasikan Tarif Haji 2023 dengan Arab Saudi

Indonesia Negosiasikan Tarif Haji 2023 dengan Arab Saudi

Tempo.co, JakartaKementerian Agama RI sedang bernegosiasi dengan Arab Saudi untuk menurunkan biaya haji tahun ini. Biaya perjalanan haji yang diusulkan dinaikkan menjadi Rs 98.893.909,11 masih dapat diubah, kata Saiful Mujab, Direktur Kementerian Pelayanan Haji.

“Kenaikan biaya haji tahun ini luar biasa. Kami sudah bernegosiasi. Kementerian Agama terus berhubungan dengan Menteri Haji Saudi,” kata Saiful dalam keterangannya, Senin, 30 Januari 2023.

Saiful menjelaskan bahwa pemerintah Saudi memangkas Menguasai Layanan transportasi dan akomodasi selama empat hari bagi jemaah haji dari Makkah ke Arafah, 30 persen untuk penduduk lokal. Karena itu, Saiful berharap jemaah haji Indonesia mendapat diskon yang sama.

Selain menegosiasikan biaya perjalanan haji, Saiful mengatakan kementeriannya masih menghitung biaya terkait haji seperti transportasi, makan, dan hotel di Saudi.

“Jadi biaya ini masih bisa diubah. Kalau sudah ditentukan dan dideklarasikan, harus ada asumsi efisien seperti yang kita perkirakan setiap tahun,” tambah Saibul.

Indira Gunawan, pejabat Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), berpendapat biaya haji seperti tiket pesawat dan biaya hidup jemaah selama salat di Arab Saudi bisa ditekan atau diefisienkan. Konsistensi nilai manfaat yang dimiliki jamaah. “Jadi 5,3 juta jemaah bisa berangkat [to Saudi Arabia] Tahun ini tidak hanya 2.70.000 jemaah,” tutup Indra.

M Julnis firmansya

Klik di sini untuk mendapatkan update berita Tempo terbaru di Google News

READ  Kesuksesan digital Indonesia patut mendapat perhatian lebih