Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia mengusulkan Hari Danau Sedunia pada Forum Air Dunia

Indonesia mengusulkan Hari Danau Sedunia pada Forum Air Dunia

Jakarta (Antara) – Indonesia mengusulkan Hari Danau Sedunia ke Forum Air Dunia (WWF) ke-10 yang akan diadakan di Bali Mei mendatang, kata Endra Atmawidjaja, wakil ketua Panitia Pelaksana WWF ke-10.

Dia mengatakan ini akan menjadi salah satu dari empat proposal yang akan diajukan ke Majelis Umum PBB setelah forum tersebut berakhir.

“Kami akan mengusulkan Hari Danau Sedunia ke Majelis Umum PBB dan mereka akan melakukan voting terhadap usulan tersebut sebagai resolusi PBB,” kata Atmavidjaja di Jakarta, Sabtu (27 April).

Hari Danau Sedunia penting untuk menekankan peran danau sebagai reservoir alami yang harus dilindungi untuk menjamin ketersediaan air bagi masyarakat, ujarnya.

Wakil ketua panitia mengatakan usulan hari peringatan ini akan membantu meningkatkan kesadaran akan kondisi mengerikan di berbagai danau di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

“Danau kita adalah waduk yang luar biasa. Meski kita berupaya membangun bendungan, kita harus terus melindungi waduk yang ada dan alami,” kata Atmavidjaja.

Ia mengungkapkan bahwa usulan Hari Danau Sedunia yang termasuk dalam Deklarasi Bali – yang saat ini sedang disusun oleh Indonesia – akan memperjelas langkah-langkah tindak lanjut setelah berakhirnya WWF ke-10.

Selain Hari Danau Sedunia, Deklarasi tersebut mengusulkan pengembangan Pusat Keunggulan Ketahanan Air dan Iklim serta Isu-Isu Penting Pengelolaan Air untuk Negara Berkembang dan Pulau-Pulau Kecil.

Indonesia mengusulkan untuk menciptakan serangkaian hasil dan tindakan nyata yang inklusif dan sukarela yang mencatat proyek, inisiatif dan kolaborasi antar pemangku kepentingan sektor air di tingkat nasional, regional dan internasional.

Sementara itu, Mohammad Zainal Fatah, Ketua Panitia Penyelenggara WWF ke-10, mengatakan rancangan deklarasi menteri sedang diselesaikan. Ia mengatakan pengumuman tersebut akan siap pada WWF ke-10.

READ  Indonesia didirikan sebagai negara yang religius: Menteri Mahfut

Fatah juga mengatakan Deklarasi Bali disusun melalui konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Dewan Air Dunia, melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia dan UNESCO.

Berita terkait: BMKG akan promosikan integrasi data perairan transnasional di WWF
Berita terkait: Forum Air Dunia 2024 untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir: Kementerian