April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia menemukan 11 jenazah Rohingya dari kapal yang terbalik di lepas pantai Aceh – BenarNews

Indonesia menemukan 11 jenazah Rohingya dari kapal yang terbalik di lepas pantai Aceh – BenarNews

Petugas SAR Indonesia pada hari Senin menemukan 11 jenazah pengungsi Rohingya, kebanyakan perempuan. Perahu terbalik Di pesisir pantai provinsi aceh minggu lalu.

Beberapa dari 75 orang Rohingya yang diselamatkan mengatakan kepada pihak berwenang bahwa mereka membawa sekitar 150 orang dari kelompok minoritas tanpa kewarganegaraan dari Myanmar dengan perahu kayu, namun pejabat Indonesia, yang mengumumkan berakhirnya operasi pencarian pada hari Kamis, kemudian menarik kembali laporan tersebut. Orang-orang meninggal.

Pada hari Jumat, badan pengungsi PBB UNHCR Dia bilang dia takut Lebih dari 70 pengungsi tewas atau hilang setelah sebuah kapal terbalik di laut lepas pantai Kabupaten Aceh Barat Rabu lalu.

6 jenazah dari 11 diselamatkan dari perahu yang terbalik Mirza Safrinadi, komandan operasi satuan tugas SAR setempat, mengatakan mereka terlihat relatif berdekatan di perairan Kabupaten Jaya di Aceh Barat pada Senin sore.

“Mayat pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat dan dilaporkan ke pihak berwenang. Karena tempatnya dekat Banda Aceh, maka [search-and-rescue] Tim merespon cepat untuk mengevakuasi korban,” ujarnya.

Jenazah dibawa ke Kallang dan kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Tekku Umar di Kabupaten Aceh Jaya.

Sebuah tubuh Penyu tersebut ditemukan oleh nelayan yang sedang mencari telur di pantai di Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, Senin pagi, kata Mirza.

“Setelah berdiskusi dengan UNHCR dan IOM [International Organization for Migration]Dapat kami pastikan bahwa orang-orang tersebut adalah pengungsi Rohingya yang menjadi korban peristiwa terbaliknya kapal tersebut,” kata Mirza.

Jenazah tersebut dimakamkan di kuburan massal di Aceh Barat untuk korban tsunami Aceh tahun 2004, kata seorang pejabat. Dua jenazah pengungsi Rohingya yang ditemukan pada Sabtu dan Minggu dimakamkan di pemakaman yang sama.

READ  Foxconn akan menggenjot industri EV di Indonesia tahun ini: Menteri

Sembilan dari 11 pengungsi yang meninggal adalah perempuan, kata Faisal Rahman dari UNHCR. Mitra keamanan.

Perahu itu berasal dari Bangladesh

Di antara 75 warga Rohingya yang diselamatkan, Six diselamatkan pada tanggal 20 Maret, dan 69 orang, yang berpegangan pada perahu kayu mereka selama hampir sehari, menderita kelaparan dan dehidrasi, dibawa ke darat keesokan harinya.

Subriyadi, kapten kapal SAR yang menyelamatkan 69 pengungsi, pada hari Jumat menanggapi pendapat UNHCR dan IOM bahwa 76 orang mungkin tewas atau hilang di laut.

Dia mengatakan dia tidak percaya hal ini terjadi karena 69 (dari 75) pengungsi yang diselamatkan pada hari Kamis memiliki “koordinat jelas yang diberikan oleh nelayan yang melihat para pengungsi dalam kesulitan”.

“Kalau korbannya lebih banyak, di mana mereka?” Dia telah berkata.

Sementara itu, Faisal dari UNHCR mengatakan lembaganya sudah bisa mengklarifikasi lebih lanjut berapa jumlah penumpang di kapal tersebut dan dari mana asalnya.

Faisal mengatakan, setelah mengumpulkan lebih banyak data, badan tersebut menyimpulkan bahwa kapal tersebut memuat 142 pengungsi Rohingya dan tujuh awak kapal.

Selain itu, dia mengatakan kapal tersebut tidak muncul di Malaysia dan tidak menjadikan Australia sebagai tujuan yang direncanakan seperti yang mereka klaim semula.

Kapal tersebut berangkat dari Cox's Bazar di barat daya Bangladesh, tempat kamp pengungsi menampung sekitar 1 juta warga Rohingya, termasuk 740.000 orang yang melarikan diri dari tindakan keras brutal militer Myanmar pada tahun 2017.

“Melalui wawancara kami dengan beberapa pengungsi, kami dapat memastikan bahwa mereka meninggalkan Cox’s Bazar, Bangladesh,” kata Faisal.

“Awalnya mereka pergi ke Malaysia yang sebagian anggota keluarganya sudah tinggal. Ada pula yang berencana ke Indonesia.

READ  Indonesia melanjutkan ekspor minyak sawit tetapi Malaysia melihat daya saing yang bertahan lama

Insiden terbaru ini terjadi di tengah meningkatnya muatan kapal pengungsi Rohingya di Indonesia.

“Lebih dari 2.300 pengungsi Rohingya telah tiba pada tahun 2023 saja [in Indonesia], dengan peningkatan yang signifikan sejak bulan November. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan jumlah kedatangan dalam empat tahun sebelumnya,” kata UNHCR dan IOM.

Menurut UNHCR, warga Rohingya ditahan di sejumlah lokasi di seluruh Aceh.

UNHCR mengatakan 569 pengungsi Rohingya meninggal atau hilang di laut tahun lalu, setelah melakukan perjalanan berbahaya melalui laut untuk menghadapi penganiayaan di negara asal mereka atau ke Asia Tenggara di kamp-kamp pengungsi yang padat dan penuh kekerasan di barat daya Bangladesh.

Pizarro Kosali Idrus di Jakarta berkontribusi pada laporan ini.